Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 K-Band yang Lagunya Wajib Masuk Playlist, Genrenya Beragam!

Beberapa K-band akan mampir ke Indonesia tahun ini, lho!

Zikra Mulia Irawati

Band Korea atau K-band merupakan salah satu segmen di industri musik Korea yang punya cukup banyak penggemar di Indonesia. Tak seperti grup idol yang menari, mereka tampil sembari memainkan instrumennya masing-masing. Namun, ada juga beberapa band yang melibatkan seluruh anggotanya sebagai vokalis seperti halnya grup idol.

Setelah mendengarkan karya dari puluhan K-band, Popbela membuat daftar rekomendasi band yang lagu-lagunya wajib masuk ke playlist kamu. Mereka ternyata mengusung gaya musik yang beragam meski punya format yang sama. Kira-kira ada band apa saja, ya?

1. YB

YB pada awal masa debutnya lebih dikenal dengan nama Yoon Dohyun's Band. Nama tersebut diambil dari sang vokalis, Yoon Do Hyun, yang sudah debut solo tetapi ingin memiliki sebuah band. Keinginan tersebut akan disetujui labelnya jika album perdananya, In Front of the Post Office in Autumn (1994), berhasil di pasaran. Namun, hasil yang tidak sesuai ekspektasi membuat band ini baru bisa terwujud pada 1997.

Selain Yoon Do Hyun, anggota YB yang aktif saat ini adalah Park Tae Hee (bassist), Kim Jin Won (drummer), Heo Jun (gitaris), dan Scott (gitaris). Gaya musik mereka banyak dipengaruhi oleh genre rock klasik dengan elemen modern yang dipadukan dengan identitas budaya temporer Korea. Vokal Yoon Do Hyun yang kuat dan khas menjadi kelebihan tersendiri bagi band ini.

Popbela merekomendasikan lagu mereka yang berjudul "Blue Whale" jika kamu menyukai lagu slow rock. Jika butuh lagu rock dengan tempo yang lebih bersemangat, "A Flying Butterfly" dan "I'll Forget You" bisa jadi pilihan. YB juga pernah berkolaborasi dengan Slank dalam lagu berjudul "Shout Asia".

2. NELL

NELL merupakan pemilik lagu "Time Spent Walking Through Memories (기억을 걷는 시간)" yang beberapa kali dinyanyikan idol populer seperti Taeyeon Girls' Generation, Sunggyu INFINITE, dan Rosé BLACKPINK. Band ini debut secara independen pada 2001 dengan album Reflection of dan baru memulai debut resminya pada 2003 dengan album Let It Rain.

Band beranggotakan Kim Jong Wan (vokalis), Lee Jae Kyung (gitaris), dan Lee Jeong Hoon (bassist) ini memilki warna musik gloomy-psychedelic dan gaya lirik puitis. Salah satu lagu favorit Popbela dari NELL adalah "Meaningless" yang terdapat di dalam album Healing Process. 

3. F.T. Island

Debut pada 2007, F.T. Island menuai popularitas yang cukup besar sebagai sebuah band rock. Lagu debut mereka yang bertajuk "Love Sick" mampu bertengger di puncak tangga lagu Korea selama 8 pekan berturut-turut. Mereka bahkan meraih penghargaan Best New Male Group dari Mnet Asian Music Awards 2007 dan Rookie of the Year dari Golden Disk Awards 2007.

F.T. Island kini memiliki tiga member aktif, yaitu Lee Hong Ki (gitaris & vokalis), Lee Jae Jin (bassist), dan Choi Min Hwan (drummer). Band FNC Entertainment ini juga melakukan debut Jepang pada 2010 dan punya popularitas yang tak kalah besar dengan di Korea. Pelantun "Severely" ini dikabarkan akan menggelar konser solo di Jakarta sekitar Maret 2024 untuk pertama kalinya sejak debut.

4. CN BLUE

Dinaungi oleh agensi yang sama, FNC Entertainment, CN BLUE hadir dengan musik rock yang lebih nge-pop daripada F.T Island. Band yang debut pada 14 Januari 2010 ini memiliki tiga anggota aktif, yaitu Jung Yonghwa (vokalis/leader/gitaris/keyboardist), Kang Minhyuk (drummer), dan Lee Jungshin (bassist/rapper). Beberapa lagu populer mereka antara lain "I'm A Loner", "I'm Sorry", dan "Intuition".

Meski kini juga aktif sebagai aktor, ketiga member CN BLUE tak serta-merta melupakan karier bermusik mereka. Sepanjang 2023 kemarin, band ini menggelar konser di beberapa kota di Jepang. Kabar baik bagi BOICE Indonesia, mereka dikabarkan bakal manggung di Jakarta pada 2024.

5. N.Flying

Satu lagi band FNC Entertainment yang tak boleh kamu lewatkan adalah N.Flying. Sebelum resmi debut di Korea pada 20 Mei 2015, band ini lebih dahulu diperkenalkan di Jepang. Mereka menjadi penampil pembuka di konser F.T. Island pada Oktober 2013. Mereka memiliki single-album indie bertajuk Basket dan berhasil masuk ke Oricon Indies weekly singles chart.

Band ini mengalami beberapa kali bongkar pasang anggota. Saat ini, formasi tetap mereka memiliki lima member, yaitu Lee Seunghyub (leader/gitaris ritme/keyboardist), Cha Hun (gitaris melodi), Kim Jaehyun (drummer), Yoo Hweseung (vokalis), dan Seo Dongsung (bassist). N.Flying kini tengah menanti tiga anggotanya kembali dari wajib militer untuk kembali full team. Sembari menunggu, Popbela merekomendasikan lagu mereka yang berjudul "Rooftop" dan "Blue Moon" untuk masuk ke playlist kamu.

5. JANNABI

Gabungan genre indie rock, elemen musik klasik, dan lirik penuh metafora membuat JANNABI punya gaya musik yang indah. Buat kamu yang suka dengan lagu-lagu yang sarat akan estetika, diskografi band yang satu ini patut kamu kepoin. Pilihan Popbela antara lain "for lovers who hesitate", "pony", "SUMMER", "She", "ASTEARSGOBY", dan "TOGETHER!".

Saat ini, JANNABI hanya memiliki dua member tetap, yaitu Choi Junghoon (vokalis) dan Kim Dohyung (gitaris). Diskografi band ini dipengaruhi oleh sejumlah nama besar seperti The Beatles, Queen, U2, Oasis, dan Blur. Choi Junghoon menjadi sosok di balik lirik puitis yang umumnya bertema pertemanan, hubungan sosial, romansa, hingga cerita fiksi.

6. Hyukoh

Hal yang menarik perhatian dari karya band Hyukoh tak cuma lagunya, tetapi juga estetika aset visual yang berkarakter. Artwork yang mereka gunakan dalam sampul album pun ternyata dibuat berkesinambungan sehingga menjadi ciri khas yang membedakannya dari band lain.

Grup indie ini beranggotakan Oh Hyuk (vokalis), Lim Hyunjae (gitaris), Im Donggeon (bassist), dan Lee Inwoo (drummer) diakui oleh pakar musik Korea Selatan dengan membawa pulang lebih dari ajang Korea Music Awards 2016 & 2018. Lagu-lagu Hyukoh yang menurut Popbela wajib masuk playlist kamu antara lain "Tomboy", "Wi Ing Wi Ing", "Comes and Goes", "Gondry", dan "Ohio". 

7. DAY6

DAY6 menjadi band pertama dari JYP Entertainment yang bernaung di divisi StudioJ. Grup beranggotakan Sungjin (leader/gitaris/vokalis), Young K (bassist/vokalis), Wonpil (keyboardist/synthesizer/vokalis), dan Dowoon (drummer/vokalis) ini terkenal dengan deretan lagu galaunya, seperti "You Were Beautiful" dan "Congratulations".

Sebagai band yang diberi kebebasan oleh agensi untuk membuat karya sendiri, DAY6 memiliki jangkauan musik yang cukup luas. Gaya lirik gamblang yang mereka gunakan membuat pendengarnya lebih mudah terhubung dengan cerita yang coba mereka sampaikan. Hal ini membuat diskografi DAY6 malah kembali bersinar di chart musik kendati sempat hiatus sebagai grup selama tiga tahun untuk menjalani wajib militer.

Selain lagu populer tersebut, Popbela juga merekomendasikan lagu "Not Fine", "Love me or Leave me", dan "Somehow" untuk menemani kegalauanmu. Jika sedang berbahagia, lagu "Only", "Time of Our Life", dan "Healer" bisa jadi bagian dari playlist kamu. Pada 4 Mei 2024 nanti, DAY6 akan manggung di acara Saranghaeyo Indonesia, Jakarta. Pastikan kamu datang untuk menonton, ya, jika sudah rindu dengan aksi panggung band ini!

8. Silica Gel

Apabila kamu ingin mendengarkan lagu berbahasa Korea dengan gaya musik yang lebih eksperimental, cobalah untuk bertandang ke diskografi Silica Gel. Band yang kini beranggotakan Kim Geonjay (drummer/leader), Kim Chunchu (gitaris/vokalis), Kim Hanjoo (vokalis/gitaris), dan Choi Woonghee (bassist) ini awalnya menciptakan lagu-lagu instrumental. Namun, kini mereka mulai menyertakan beberapa baris lirik dengan tanpa meninggalkan kesan kuat dalam melodinya.

Menutup 2023, Silica Gel kembali dengan sebuah album panjang bertajuk Power Andre 99. Dua lagu terpopuler mereka, "No Pain" dan "Tik Tak Tok (feat. So!YoON!)" turut menjadi bagian karya berisi 19 track ini. Tak ketinggalan, mereka juga memperkenalkan sejumlah lagu baru seperti "APEX", "Ryudejakeiru", "Andre99", dan "Eres Tu".

9. SE SO NEON

SE SO NEON menjadi band Korea yang mampir ke Jakarta dua kali pada 2023 kemarin. Dalam kunjungan keduanya, vokalis/gitaris Hwang Soyoon bahkan berkolaborasi dengan Isyana Sarasvati membawakan lagu "my Mystery" di acara Round Festival. Dua sosok perempuan yang punya ciri khas musik tersendiri ini diketahui memang menjalin pertemanan.

Saat ini, SE SO NEON hanya memiliki dua member yaitu Hwang Soyoon dan Park Hyunjin (bassist). Sejak resmi debut pada 2017, grup ini sudah merilis 2 EP dan sejumlah single. Popbela merekomendasikan kamu untuk mendengarkan lagu "A Long Dream", "Nan Chun", "The Wave", "Kidd", dan "Go Back" dari band indie rock ini. Kabarnya, mereka juga menyempatkan menulis karya baru di tengah tur konser panjang mereka. Kita tunggu saja tanggal rilisnya, ya!

10. Nerd Connection

Nerd Connection terbentuk dari band kampus Yonsei University bernama Medusa. Anggota awalnya hanya terdiri dari tiga orang, Choi Seungwon (leader/gitaris), Park Jaehyun (bassist), dan Seo Youngjoo (vokalis/gitaris). Shin Yeontae (drummer) baru bergabung ketika tiga anggota asli tersebut ingin serius berkarier sebagai musisi dan akhirnya berubah nama menjadi Nerd Connection.

Dari segi musik, Nerd Connection mengaku dari band-band Britpop 1990-an hingga 2000-an. Grup ini mengusung slogan "Chaotic World, Warm Music (어지러운 세상, 따뜻한 음악)". Oleh karena itu, lagu-lagunya seperti "If I have you only", "Good Night Good Dream", "Hymn of the Bird", dan "Back In Time" cocok untuk didengarkan ketika hari sedang gloomy.

11. The Rose

Usai menjadi band independen, The Rose kian menunjukkan kebebasan dalam berkarya. Grup beranggotakan Woosung/Sammy (vokalis/gitaris), Dojoon (vokalis/multi-instrumentalist), Hajoon (drummer), dan Jaehyeong (bassist) ini kian serius menyasar pasar internasional. Selain menciptakan lebih banyak lagu berbahasa Inggris, mereka juga melakukan tur konser ke berbagai negara Asia, Amerika, Eropa, dan Australia. Pada 20 Januari 2024 nanti, mereka juga akan manggung di Jakarta.

The Rose mengungkap bahwa band yang menjadi role model mereka adalah Coldplay, The Script, dan NELL. Lagu mereka yang banyak diketahui oleh kalangan non-penggemar antara lain, "Sorry", She's In The Rain", dan yang terbaru "Back To Me". Namun, Popbela menyarankan agar kamu juga mendengarkan "Wonder" dan "You're Beautiful" dari album DUAL yang mereka rilis 22 September 2023 lalu.

12. Lacuna

Suka musik dreamy? Ini saatnya kamu berkenalan dengan Lacuna. Selain punya visi yang sejalan soal musik, empat membernya yaitu Jang Kyungmin (vokalis/gitaris), Jung Minhyuk (gitaris), Kim Ho (bassist), dan Oh Isaac (drummer) sama-sama lahir pada 1998. Mereka bahkan menulis lagu berjudul "1998" saat berkompetisi di ajang Great Seoul Invasion.

Lacuna menyebutkan bahwa film adalah sumber terbesar bagi karya musiknya. Nama grup mereka bahkan diambil dari nama perusahaan penghapus memori di film Eternal Sunshine of The Spotless Mind. Beberapa lagu band ini yang bisa jadi penghuni baru playlist kamu antara lain "Far Away", "Dancing In The Rain", "Always Summer", dan "John".

13. wave to earth

Sepanjang 2023, mungkin lagu "bad" pernah setidaknya sekali mampir di FYP TikTok kamu atau Instagram Story orang yang kamu ikuti. Lagu tersebut merupakan bagian dari album 0.1 flaws and all. milik band wave to earth asal Korea Selatan. Band yang resmi debut 2019 lalu ini memiliki tiga member tetap, yaitu Daniel Kim (vokalis/gitaris), John/Cha Sunjong (bassist), dan Shin Donggyu (drummer).

Saat membentuk band ini, wave to earth memiliki tujuan untuk "menunjukkan musik yang menciptakan gelombang baru". Hal tersebut akhirnya terbukti. Demam lagu wave to earth bahkan menjangkiti solois asal Indonesia, Kunto Aji, yang menyebut bahwa 0.1 flaws and all. merupakan penemuan album terbaiknya sepanjang 2023.

14. LUCY

LUCY terdiri dari empat member, yaitu Yechan (violinist/leader), Sangyeop (vokalis/gitaris), Wonsang (bassist/produser), dan Gwangil (drummer/vokalis). Fusi musik klasik dan band ini menjadikan karya mereka terdengar segar dan kerap disebut sebagai "representasi masa muda". Penggunaan gaya penulisan lirik naratif juga menjadikan lagu-lagu mereka begitu menarik untuk disimak hingga akhir.

Salah satu lagu youthful LUCY yang paling menarik perhatian Popbela adalah "Haze". Mereka mengirimkan kata-kata penyemangat untuk para pendengar muda dengan iringan musik cerah yang penuh optimisme. Di sisi lain, LUCY juga bisa menyajikan musik yang lebih gelap dan memiliki elemen horor melalui lagu "Boogie Man". Ingin merasakan sensasi di negeri dongeng? Kolaborasi LUCY dengan Song Eun Hye dalam lagu "We will fly away" tak boleh kamu lewatkan begitu saja, Bela.

15. Xdinary Heroes

Secara manajemen, Xdinary Heroes boleh saja di satu perusahaan yang sama dengan DAY6. Namun, kedua band ini memiliki gaya musik yang berbeda. Karya Xdinary Heroes cenderung menjadi simbol jiwa muda yang bebas. Lagu debut mereka, "Happy Death Day", bahkan menentang budaya ulang tahun yang selama ini diyakini kebanyakan orang.

Xdinary Heroes memiliki enam anggota, yaitu Gunil (drummer/leader), Jungsu (vokalis/keyboardist), Gaon (gitaris ritme/vokalis/rapper), O.de (synthesizer/vokalis/rapper), Jun Han (gitaris melodi), dan Jooyeon (bassist/vokalis) yang juga aktif terlibat dalam proses penulisan diskografi mereka. Seiring berjalannya waktu, cakupan genre dalam karya band ini kian meluas ke musik metal, alternative, ballad, hingga pop-punk karena tiap member memiliki referensi musik yang berbeda.

Jika kamu sedang mencari lagu untuk headbanging, "Break The Brake", " AGAIN? AGAIN!", dan "Come Into My Head" sepertinya akan cocok untuk masuk ke playlist kamu. Sebaliknya, band ini juga memiliki beberapa koleksi lagu galau seperti "Good Enough" dan "Paranoid" yang sempat viral di media sosial. Xdinary Heroes sendiri dijadwalkan menggelar konser bertajuk Break The Brake di The Kasablanka Hall Jakarta pada 2 Maret mendatang.

Tertarik untuk mengulik diskografi salah satu band Korea di atas, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration