Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Nonton! 6 Film Ini Sukses Disutradarai Angga Dwimas Sasongko

Siap menemani akhir pekanmu, nih!

Windari Subangkit

Angga Dwimas Sasongko, salah satu sutradara terbaik di Indonesia ini memiliki sederet prestasi yang membanggakan dunia perfilman Tanah Air. Sineas sekaligus pendiri Visinema Pictures berhasil menelurkan banyak judul film yang berhasil menembus nominasi di berbagai ajang penghargaan film Indonesia.  

Sutradara yang memulai kariernya saat masih berusia 21 tahun ini memiliki tekad yang kuat dan semangat tinggi untuk memajukan industri film di Indonesia. Hingga akhirnya kini ia berhasil mendapatkan banyak penghargaan dari sejumlah film besutannya. Popbela sudah merangkum inilah 6 film populer yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko.

1. Hari untuk Amanda (2010)

Dok. internet

Film yang rilis pada 7 Januari 2010 ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, seperti Oka Antara, Fanny Fabriana, Reza Rahardian, dan Kinaryosih. Hari untuk Amanda menceritakan tentang Amanda (Fanny) yang mengalami kebimbangan. Pasalnya, Hari (Oka Antara) yang merupakan mantan pacarnya kembali hadir dalam kehidupannya setelah ia akan menikah dengan Dody (Reza). 

Film Hari untuk Amanda ini terbilang sukses dan berhasil memboyong 5 nominasi di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2010. Oka Antara berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terpuji, sementara Fanny Fabriana didaulat sebagai Pemeran Utama Wanita Terpuji FFI 2010.

2. Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2014)

Dok. internet

Film Cahaya dari Timur: Beta Maluku bercerita tentang Sani Tawainella (diperankan oleh Chicco Jerikho) yang berniat untuk mengakhiri konflik agama di Ambon melalui kompetisi sepak bola. Namun, keputusannya membaurkan anak-anak yang berbeda agama dalam satu tim justru menyebabkan perpecahan. Film yang rilis pada 19 Juni 2014 ini berhasil meraih penghargaan sebagai Film Terbaik di ajang FFI 2014. Keren!

3. Filosofi Kopi (2015)

Dok. internet

Film yang diadaptasi dari novel karya Dee Lestari ini cukup populer di kalangan pecinta film Indonesia. Film ini bercerita tentang dua sahabat bernama Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) yang berjuang menyelamatkan kedai Filosofi Kopi dari kebangkrutan. Akhirnya, mereka mencari kopi tiwus yang akan menentukan kelangsungan kedai dan persahabatan mereka. Dari film ini, Angga Dwimas Sasongko berhasil masuk nominasi sebagai Sutradara Terpuji Festival Film Bandung (FFB) 2015.

4. Surat dari Praha (2016)

Dok. internet

Film Surat dari Praha memuat tentang kemelut politik Indonesia yang dibalut dalam cerita drama. Film ini menceritakan tentang Larasati (Julie Estelle) yang terpaksa mengantarkan sebuah kotak dan surat wasiat dari ibunya (Widyawati) kepada Jaya (Tio Pakusadewo) di Praha. Jaya merupakan mantan tunangan ibunda Larasati yang nggak bisa kembali ke Tanah Air akibat perubahan situasi politik. Meski sempat menuai kontroversi, film ini berhasil membawa pulang 3 penghargaan Usmar Ismail Awards 2016 untuk kategori Film, Sutradara, dan Pemeran Utama Pria.

5. Bukaan 8 (2017)

Dok. internet

Film bergenre drama-komedi ini menceritakan tentang pasangan yang bertemu dan jatuh cinta di dunia maya. Namun, hubungan mereka nggak direstui oleh keluarga Mia (Lala Karmela) karena Alam (Chicco Jerikho) dianggap hanya bermain media sosial dan nggak punya pekerjaan tetap. Drama dan kekacauan pun dimulai saat Mia akan melahirkan anak pertama mereka, ditambah lagi dengan berbagai tuntutan keluarga besar Mia.

6. Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 (2018)

Dok. internet

Film laga komedi Indonesia ini diangkat dari serial novel Wiro Sableng karya Bastian Tito. Film ini bercerita tentang Wiro Sableng (Vino G Bastian) yang merupakan murid dari pendekar bernama Sinto Gendeng (Ruth Marini) yang diperintah untuk meringkus Mahesa Birawa (Yayan Ruhian). Dalam perjalanannya, Wiro terlibat dalam petualangan bersama dua sahabat barunya, Anggini (Sherina Munaf) dan Bujang Gila Tapak Sakti (Fariz Alfarazi).  

Instagram.com/indonesia.millennial.summit

Melihat deretan film populer yang disutradarai langsung oleh Angga Dwimas Sasongkko, rasanya ingin banyak bertanya soal proses kreatif di baliknya. Kamu bisa lho bertemu dan mengikuti talkshow langsung bersama Angga di Indonesia Millennial Summit by IDNTimes yang akan diselenggarakan pada 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta. Sebanyak lebih dari 50 tokoh ternama akan hadir pada perhelatan tersebut, termasuk Angga Dwimas Sasongko. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website ims.idntimes.com atau di akun Instagram @indonesia.millennial.summit. See you there!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration