Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Banyak Berkah, Ini 7 Arti dan Tanda Malam Lailatul Qadr

Malam istimewa yang penuh rahasia

Tri Sintarini

Lailatul Qadar, tamu istimewa itu akan menyapamu di 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Ini merupakan momentum yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim. Mereka berlomba-lomba untuk meraihnya dengan amalan-amalan terbaik karena malam ini hanya hadir satu kali setiap tahunnya di malam-malam ganjil.

Seperti yang tertera dalam hadis berikut yang menuturkan tentang potensi terjadinya, "Carilah malam Lailatul Qadar di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadan. Bisa jadi Lailatul Qadar ada pada sembilan hari yang tersisa, bisa jadi ada pada tujuh hari yang tersisa, bisa jadi pula pada lima hari yang tersisa.” (HR. Bukhari no. 2021).

Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam al-Quran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya al-Quran. Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat al-Qadar, surat ke-97 dalam al-Qur'an. Ramadan adalah waktunya untuk mengasah jiwa dan keimanan, maka jangan sampai terlewat nih malam yang istimewa ini. Mari kita pahami dan rasakan tanda-tanda alam saat Lailatul Qadar datang.

1. Suasana malam yang tenang

Pexels.com/Pedro Figueras

Langit ketika malam tersebut memiliki bintang yang sangat sedikit, dengan suasana yang hening, tenang, cerah, tidak berawan, tidak pula hujan dan tidak ada angin kencang saat itu terjadi.

2. Udara terasa sejuk

Pexels.com/ Laura Stanley

Udara saat itu sangatlah nyaman, tidak terasa panas ataupun lembap, melainkan sangatlah sejuk, tidak terlalu panas dan bahkan terasa dingin. 

3. Malam yang sunyi

Pexels.com/Lucas

Hewan-hewan pun sunyi, tidak ada anjing yang menggonggong atau bahkan binatang yang bersuara berisik.

4. Matahari pagi bersinar lembut

Pexels.com/Pixabay

Ketika memasuki masa subuh saat terbit, matahari memancarkan cahayanya yang lembut, Indah, tidak bersinar kuat seperti bulan purnama, jernih dan terasa teduh. Bahkan menurut salah satu hadis, saat itu setan tidak dihalalkan untuk keluar bersama matahari di pagi tersebut.

5. Matahari tidak terik meski di tengah siang

Pexels.com/Melissa

Saat matahari mulai meninggi memasuki tengah siang pu, ian bersinar redup dan tidak terik menusuk.

6. Aktivitas ibadah terasa sangat tenang

Pexels.com/rawpixel.com

Ketika melakukan aktivitas ibadah pada saat malam Lailatul Qadar tiba membuat perasaan menjadi lebih tenang dan bisa merasakan kenikmatan yang tidak didapatkan pada hari-hari yang lain karena para malaikat turun di malam tersebut. Hal ini tertera pada al-Quran surat al-Qadr ayat 4 yang menuliskan, “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril.”

7. Beberapa menyaksikan malam Lailatul Qadr di alam mimpi

Pexels.com/Erin Profaci

Mereka orang-orang beriman, mukmin dan beberapa sahabat-sahabat Rasulullah dapat melihat dan menyaksikan tanda-tanda malam Lailatul Qadar di dalam mimpinya serta merasakan kenikmatannya yang tiada tara.

Itulah arti dan tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar. Semoga kita dimudahkan memperoleh berkah dan syafaat di malam penuh kemuliaan ini

IDN Media Channels

Latest from Inspiration