Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mendunia, 7 Pemilik Brand Global yang Lebih Tenar daripada Wajahnya

Bahkan sudah mendunia

Tri Sintarini

Di dunia fashion apa yang terpenting untukmu,  apakah koleksinya atau brand-nya? Faktanya, koleksi apapun jika memiliki brand ternama mampu menambah rasa percaya diri dan meningkatkan status sosial penggunanya. Tapi sadar nggak sih karena sangat populernya brand tersebut bahkan orang sampai tak mengenali sosoknya. Istilahnya tak kenal maka tak sayang, so inilah tujuh wajah desainer dibalik brand ternama yang mereka ciptakan. 

1. Vera Wang

ueaa.org

Desainer yang lahir di tahun 1949 ini awalnya tidak pernah terpikir menjadi perancang busana, ia menyukai olahraga skate namun ketika mengikuti audisi tim di Olimpiade Amerika Serikat, ia mengalami kegagalan. Tak putus asa, Vera memutuskan untuk menggali bakatnya di  bidang fashion dan menuntut ilmu di Sarah Lawrence College. Setelah lulus Vera diangkat sebagai editor termuda di majalah Vogue dan telah bekerja hingga 17 tahun lamanya. Serta pernah bekerja selama 2 tahun di brand Ralph Lauren. Menginjak usia ke 40 tahun Vera mulai mencoba merancang gaun pengantin yang dimulai untuk pernikahannya sendiri di tahun 1989. Kini gaun-gaun rancangannya yang identik dengan style feminin bak putri dari negeri dongeng ini menjadi pilihan selebritas dunia seperti Alicia Keys, Mariah Carey, Victoria Beckham dan Michelle Obama.

2. Stella McCartney

ft.com

Desainer asal Inggris ini dikenal karena merupakan putri mantan personel The Beatles, Paul McCartney, tetapi ia tak ingin berada dibawah bayang-bayang sang Ayah. Stella kemudian mulai meniti karier di bidang fashion dengan merancang jaket pertamanya di usia 13 tahun. Saat ini, Stella lebih suka mendesain pakaian yang feminin, lembut dan ciri khas rancangannya tidak pernah menggunakan bahan kulit atau bulu hewan karena ia adalah aktivis hak-hak binatang dan ekologi.

3. Marc Jacobs

wwd.com

Kecintaan pria kelahiran 9 April 1963 ini di dunia fashion bermula ketika ia belajar seni desain di Sekolah Tinggi Seni dan Desain pada tahun 1981. Kemudian Marc melanjutkan ke sekolah desain bergengsi, Parson School of Desain. Bahkan sejak tahun 1997 ia ditunjuk sebagai Direktur Kreatif brand rumah mode ternama, Louis Vuitton. Tetapi kini, ia memilih untuk fokus menjadi Head of Designer untuk labelnya sendiri Marc Jacobs.

4. Miuccia Prada

excellencemagazine.luxury

Cucu bungsu dari Mario Prada, Miuccia Bianchi Prada menjadi penerus bisnis keluarganya yang telah berjalan sejak tahun 1978.  Kini di bawah pimpinan Miuccia bertugas sebagai desainer kepala merek mewah Prada dan pendiri anak perusahaannya  brand Miu Miu. Karyanya dikenal artistik karena baginya setiap rancangan yang ia buat merupakan karya seni. Baginya seni merupakan cara untuk mengekspresikan ide dan visi sedangkan tugasnya adalah menjualnya. Tak heran karena filosofinya ini oleh majalah Forbes diungkapkan bahwa Prada merupakan salah satu pakaian perempuan terbaik di dunia. 

5. Diane Von Furstenberg

gsb.stanford.edu

Bentuk gaun yang ikonik merupakan ciri rancangan perempuan bernama asli Diane Simone Michelle Fürstenberg asal Belgia. Perempuan yang bersuamikan Pangeran Egon von Fürstenberg tak lantas membuatnya terlena, tetapi justru tak ingin hanya mengandalkan sang suami. Diane pun membuat keputusan penting yaitu menjadi desainer. Tahun 1974 Diane membuat gebrakan dengan menciptakan kaus rajutan yang stylish. Langkahnya sangat serius menapaki dunia fashion, kini Diane adalah presiden Dewan Perancang Mode Amerika (CFDA) dan merupakan salah satu perancang perempuan paling terkenal yang pernah ada.

6. Christian Louboutin

lapolo.in

Sejak usia belia Christian gemar membuat sepatu dan bahkan seiiring berjalannya waktu ia pernah menangani klien-klien besar seperti rumah mode ternama seperti Chanel, Yves Saint Laurent, dan Maud Frizon. Ketika berusia 27 tahun, Christian akhirnya memutuskan untuk membuat merek sendiri dan membuka toko sepatu. Banyak selebritas Hollywood dan sosialita jatuh cinta dengan rancangan sepatunya  jadi tak heran ia termasuk salah satu perancang alas kaki paling terkenal dalam sejarah mode.

7. Michael Kors

nuvomagazine.com

Bakatnya sudah tampak sejak usianya 5 tahun. Di masa remajanya ia juga sudah mulai menjual rancangannya di ruang bawah tanah orangtuanya. Bahkan Michael juga sukses mendesain ulang gaun pengantin ibunya untuk pernikahan keduanya. Tepatnya tahun 1981 ia mulai meluncurkan label namanya, Michael Kors di Bergdorf Goodman. Penggemarnya pun beragam dan luar biasa salah satunya adalah para istri mantan Presiden Amerika, Michelle Obama dan Hillary Clinton!

So, mana designer favoritmu Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration