Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Karier Melesat? Ini 11 Kiat Untuk Meningkatkannya

Turut membangun percaya diri dan ketangguhan!

Tri Sintarini

Persaingan di dunia kerja yang semakin ketat, membuat kompetitormu mulai dari mereka yang telah berpengalaman bekerja ataupun yang masih fresh graduate. Fakta tersebut membuat kita harus terus meningkatkan kualitas diri, menunjukkan kinerja dan berkontribusi memberikan yang terbaik di lingkungan pekerjaan. Ingin tahu bagaimana caranya? Ini 11 kiatnya agar kariermu lekas melesat.

1.Tunjukkan kekuatan dirimu

Pexels.com / Andrea Piacquadio

Setiap orang memiliki kekuatannya masing-masing, tetapi sayangnya tidak semua orang mampu memanfaatkannya dengan maksimal. Jika kamu telah mengetahui kekuatanmu, ke depannya bisa menjadi nilai tambah untuk kinerjamu. Contohnya: Berani berargumen secara sehat, berani mengajukan ide segar, tepat waktu, atau tidak mudah mengikuti ajakan bermalas-malasan.

2. Bekerja di lingkungan yang mendukungmu

workpolis.com

Lingkungan kerja yang nyaman, menjadi prioritas dan target untuk mencapai kesuksesan. Jika kita mampu menyelaraskannya dengan orang-orang di sekitarmu dan mengenal siapa yang paling mendukung perjalanan kariermu, perkembangan dirimu juga bisa ikut melesat. 

3. Tingkatkan soft skill

twitter.com

Penting sekali menambahkan kemampuan soft skill untuk memberikan nilai tambah perjalanan kariermu. Hal tersebut termasuk bagaimana melatih kerjasama, komunikasi, etika dalam bekerja, sampai dengan berpenampilan. Kondisi ini sangat diperlukan, dibandingkan hanya sekadar mengandalkan kemampuan akademik saja. Misalnya, menambahkan kemampuan untuk berbahasa asing, menemukan mentor berpengalaman di bidang yang ingin dikuasai, atau menjadi relawan.

4. Menguasai manajemen waktu

Pexels.com / Jeshoots

Setiap pekerjaan memiliki tanggung jawab dan job desk-nya masing-masing, termasuk prioritas yang harus diselesaikan. Hal tersebut berkaitan dengan manajemen waktu yang kamu susun sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kepentingan. Andal dalam menyusun manajemen waktu yang baik, turut menunjukkan integritasmu.

5. Tidak mudah puas dan memiliki keinginan untuk terus belajar

Pexels.com / bongkarn thanyakij

Memiliki keingintahuan dan bersikap terbuka untuk mempelajari sesuatu seperti eksplorasi ide, pengalaman dan mempelajari hal-hal baru akan memberikan ruang yang terbaik. Sikap ini akan menuntut dirimu supaya terus belajar, sekaligus bersikap profesional.

6. Berpikir kreatif

Pexels.com / Andrea Piacquadio

Berpikir kreatif adalah yang utama, karena ini merupakan kesempatan untuk memberikan ide-ide segar. Selain itu, kreatif juga bermakna untuk selalu berpikir positif dan bersikap optimis dengan segala perubahan yang ada. 

7. Berani mengatakan "Tidak" dan mengetahui kapan waktunya untuk mengatakan "Ya"

Pexels.com / Andrea Piacquadio

Berani mengatakan Ya, artinya kamu sudah siap menerima tantangan dan peluang baru untuk  mengembangkan karirmu, mempelajari hal-hal baru, termasuk kemampuan berinovasi. Sebaliknya, kamu juga harus bisa menempatkan diri kapan waktu yang tepat untuk mengatakan Tidak kepada orang lain, agar kamu bisa bekerja sesuai dengan kapasitas, posisi dan peranmu di lingkungan kerja, serta tidak dimanfaatkan orang lain.

8. Berlatih empati dan menjadi pendengar yang baik

Pexels.com / fauxsel

Berlatih menjadi sosok yang lebih berempati dan mengutamakan orang lain dibandingkan dirimu sendiri, akan membuatmu lebih sensitif untuk memahami atasan, rekan kerja, sampai dengan mitra kerja untuk memberikan komunikasi yang baik. 

9. Biasakan untuk mengapresiasi kata-kata seperti tolong, maaf, dan terima kasih dalam berinteraksi

myquitespace.org

Di lingkungan kerja, kamu akan selalu berhadapan dengan orang banyak dengan beragam karakter dan kepribadian seperti atasan, teman satu divisi atau lintas divisi. Karena itu, jika kamu ingin meminta bantuan orang lain, jangan lupa untuk mengapresiasi kata-kata sederhana seperti tolong, maaf dan terima kasih dalam berinteraksi. Meskipunterdengar sederhana, namun hal tersebut sangat bermakna lho, Bela.

10. Lawan ketakutanmu

Pexels.com / Úrsula Madariaga

Ketakutan merupakan emosi terkuat, tetapi jangan sampai hal tersebut justru membuatmu menghindari segala sesuatu yang menutup peluang untuk mencapai kesuksesan dan melangkah maju. So, kini waktunya kamu berhenti bersembunyi dan segera melakukannya.

11.Tersenyumlah

Pexels.com / Kat Jayne

Tersenyum merupakan cara sederhana namun sangat kuat untuk meningkatkan kepercayaan dirimu. Aktivitas sederhana ini akan membuatmu merasa nyaman, menginspirasi satu sama lain, membangun kepercayaan dan dipandang sebagai pribadi yang ramah. 

Semoga berhasil, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration