Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Karakter Antagonis Disney Versi Live-Action yang Tidak Terlupakan

Beragam banget karakternya!

Tri Sintarini

Setiap film pasti mempunyai tokoh antagonis yang sangat bertolak belakang karakternya dengan tokoh utama yang umumnya protagonis. Kehadirannya sungguh mengusik emosi karena kejahatannya, tetapi itulah elemen penting yang sangat diperlukan untuk membuat sebuah cerita menjadi lebih bermakna. 

Seperti sembilan tokoh antagonis berikut yang kini telah diangkat ke Disney versi live action, karakternya benar-benar tak terlupakan! 

1. Lady Tremaine, Cinderella

laughingplace.com

Sosok Ibu tiri merupakan bagian dari penjahat Disney versi klasik. Lady Tremaine dikenal sebagai ibu dari dua orang putri yang sangat dimanjakan olehnya dan sikapnya sangat berbeda kepada anak tirinya, Cinderella yang diperlakukan seperti seorang ART di rumahnya. Sosok Lady Tremaine ditampilkan sebagai pribadi yang elegan, dingin dan kejam.

2. Maleficent, Sleeping Beauty

movieweb.com

Maleficent dikenal sebagai sosok penyihir jahat yang kejam padahal awalnya ia tidak mempunyai karakter seperti itu. Semua itu bermula ketika kekasihnya yang sangat dipercaya mengecewakan dirinya dan pernah mencoba mengurangi kesaktiannya dengan mencuri sayapnya sebagai peri yang membuatnya tidak bisa terbang lagi hanya demi kekuasaannya sebagai Raja. Pria tersebut akhirnya benar-benar berhasil menjadi Raja dan dikaruniai seorang putri bernama Aurora. Mulai dari disitulah keinginan Maleficent untuk membalas dendam dan menjadi sosok yang jahat dimulai.

3. Queen of Hearts, Alice in Wonderland

fanpop.com

Ratu Hati yang cerewet dan penuh gaya ini sebenernya tidak jahat, namun kondisi kehidupan dan pengalaman hidup yang pahit pernah ia terima semasa kecil karena selalu dibandingkan dengan sang adik, White Queen telah mengantarkannya menjadi pendendam. Ratu Hati kemudian memilih untuk membangun kerajaan dengan gayanya tersendiri yang bisa menerima dirinya apa adanya dan karakter jahatnya pun sedikit demi sedikit semakin berkobar. Misinya sederhana saja untuk mengalahkan kerajaan saudaranya sendiri, White Queen.

4. Cruella De Vil, 101 Dalmantians

vanityfair.com

Cruella de Vil Desainer fashion yang sangat terobsesi dengan bulu-bulu asli, ia tak pernah ingin menggunakan mantel berbahan bulu imitasi. Suatu kali ia tak sengaja melihat motif anjing dalmatian milik Anita salah satu karyawannya saat mengunjungi rumahnya dan Cruella pun berniat untuk menjadikannya koleksi mantel terbarunya! Bahkan ia bekerjasama dengan sindikat jahat agar mencuri ratusan anjing dalmatian untuk mewujudkan impiannya, namun Anita dan pasangannya berhasil mengagalkan rencana jahatnya. 

5. Gaston, The Beauty and The Beast

youtube.com

Wajahnya sangat tampan, populer di desa tempat tinggal Belle tetapi memiliki karakter dan kepribadian yang buruk seperti sangat temperamental dan sombong. Ia sangat terpancing amarahnya ketika mengetahui Belle gadis pujaannya yang cantik dan ingin dipersunting sebagai istrinya justru jatuh cinta kepada Beast, seorang pangeran yang tinggal di istana yang mantrai. Gaston pun rela melakukan apa saja untuk menggagalkannya seperti menyebarkan fitnah dan menyerang rumah Beast bersama para penduduk.

6. Jafar, Aladdin

inverse.com

Sosok yang ambisius dan manipulatif satu ini sesungguhnya bermuka dua, dihadapan Raja ia bertindak sebagai Perdana Mentri yang sok bijaksana padahal tujuan dia sesungguhnya ialah mencari kesempatan menggulingkan dan menggantikannya sebagai Raja di Kerajaan Agrabah. Berbagai macam cara dilakukan untuk mencapai tujuannya termasuk usaha untuk mendekati sang putri Raja, Jasmine dan menghidupkan Genie dari Cave of Wonders demi mewujudkan obsesinya. 

7. Stepmother, Enchanted

letterboxd.com

Ibu tiri dari Prince Charming ini rela menggunakan segala macam cara untuk mengagalkan pernikahan anaknya dengan Giselle. Ia pun menjebak dan mengirimnya ke negeri dunia nyata dari dunia kartun melalui sebuah terowongan agar keduanya tak pernah bisa bersatu. Ibu tiri merasa posisinya sebagai ratu akan terancam jika anaknya menikahi Giselle.

8. Scar, The Lion King

irishtimes.com

Adik kandung dari Mufasa raja dari Pride Rock ini mempunyai karakter yang bertolak belakang dengan sang kakak. Scar di kenal licik, penuh amarah, kejam, sarkastik dan manipulatif bahkan demi mencapai tujuannya ia rela menghalalkan segala cara mulai mendekati pasukan musuh kawanan Hyena, memfitnah Simba sampai dengan mencelakai saudaranya sendiri, Mufasa yang menyebabkan kematian. 

9. Shere Khan, The Jungle Book

cbsnews.com

Shere Khan merupakan seekor harimau yang sangat terobsesi untuk menangkap manusia bernama Mowgli ketika mengetahui sosok nya berada di dalam kawanan serigala yang telah menjadi orangtua angkat sepeninggal kedua orangtua manusiannya karena kecelakaan di hutan. Hasrat memburu manusia bernama Mowgli menjadi kekuatan tersendiri bagi Shere Khan untuk membalaskan dendamnya.

Kita tunggu villain selanjutnya ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration