Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Trik Membuat Podcast Keren dan Menarik 

Serasa menjadi penyiar sungguhan!

Tri Sintarini

Bercita-cita menjadi penyiar, kini tak selalu harus bekerja di radio karena telah hadir teknologi yang dapat mengasah bakat dan potensimu yaitu podcast. Kegiatan ini merupakan siaran audio via internet yang membahas berbagai topik menarik seperti hiburan, pendidikan, sampai dengan membahas isu-isu terkini. Menariknya podcast tidak terpaku waktu karena bisa didengarkan kapan saja sehingga pendengar mempunyai kesempatan yang lebih leluasa untuk menyimaknya. Tertarik untuk menjadi seorang podcaster, Bela? Ini 7 triknya untuk memulainya.

1. Gunakan lagu pembuka yang menarik

Unsplash.com / Israel Palacio

Memilih elemen musik pembuka yang memikat merupakan kiat menarik hati penggemar. Tidak hanya itu saja, kepiawaian menggunakan kata-kata pembuka yang khas setiap mengawali siaran akan membantu untuk memperkuat branding podcast milikmu.

2. Mempunyai perlengkapan podcast yang berkualitas

Unsplash.com / Jonathan Farber

Hal terpenting yang perlu dipersiapkan untuk membuat podcast yang berkualitas dengan menyediakan peralatan yang lengkap. Gunakan alat terbaik dan sesuai dengan standar podcast pada umumnya, seperti mixer, mic, komputer dan software editing yang dapat mendukung kelancaranmu melakukan siaran dan menghasilkan siaran podcast yang baik.

3. Membuat format podcast

Pexels.com / Kate Oseen

Menentukan format podcast sangat penting untuk memperkenalkan gaya siaran yang ingin ditampilkan. Siapkan waktu sekitar 30 - 60 menit setiap episodenya dan isilah dengan konten yang bermanfaat. Kiat suksesnya, patuhi timeline yang sudah di buat, susun skrip dan naskah sebelum melakukan rekaman sebagai panduan untuk mengisi materi.

4. Mengedit podcast

Unsplash.com / Soundtrap

Proses editing menjadi langkah terpenting sebelum mengunggahnya di platform podcast. Keunggulannya jika materi yang original masih ada kekurangan, bisa dipoles menjadi lebih maksimal dan sempurna, misalnya kejernihan suara, penambahan volume dan lainnya yang sifatnya teknis. 

5. Berikan sampul muka yang menarik

twitter.cpm

Proses penentuan sampul muka atau cover image podcast, ibaratnya seperti membeli buku, karena orang pertama kali fokus melihat dari sampul dan visualnya. Pilihlah desain cover image yang menggambarkan karaktermu dan acara yang dibawakan. Tak perlu khawatir kini banyak fitur aplikasi di smartphone dan laptop yang bisa dieksplorasi atau bisa meminta bantuan kepada desainer profesional.

6. Gunakan platform yang populer

Unsplash.com / Morningbrew

Materi podcast yang sudah siap untuk dipublikasikan bisa langsung kamu unggah melalui beberapa platform yang kini tengah berkembang, seperti Spotify, SoundCloud, Anchor, Castbox, atau Google Podcast.

7. Belajar dari podcast profesional yang berpengalaman

Pexels.com / Andrea Piacquadio

Jangan pernah berhenti untuk belajar, di antaranya dari para podcaster profesional yang telah berpengalaman atau komunitas podcaster. Kamu bisa mempelajari bagaimana formula siarannya, isi dan materi yang disampaikan, jumlah viewersnya dan respon serta tanggapan dari siaran tersebut sehingga karyanya bisa disukai oleh banyak orang.

Siap membuat podcast versimu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration