Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kelebihan Anak Rantau Sebagai Karyawan

Tidak akan mengecewakan!

Tri Sintarini

Dunia kerja bisa mempertemukan kita dengan orang dari mana saja, bahkan luar negeri untuk bekerja di kantor yang sama. Ternyata ada alasan khusus, lho, mengapa anak perantauan ini sukses mencuri hati para HRD, karena mereka mempunyai keunggulan tersendiri sebagai karyawan, ini tujuh keistimewaannya.

1. Mandiri

Pexels.com / Gustavo Fring

Memutuskan untuk meninggalkan kampung halaman demi mendapatkan pekerjaan impian bukanlah keputusan yang mudah. Banyak pengorbanan yang harus dilakukan, mulai dari melepaskan kenyamanan karena tinggal bersama orangtua dan berpisah dengan orang-orang terdekat. Hal yang paling nyata karena harus tinggal secara mandiri di kota tujuan, yang artinya termasuk menentukan di mana tempat tinggal dan bagaimana cara untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Hal ini mencakup hal-hal rutin seperti menyiapkan makanan, membayar listrik sampai dengan belanja bulanan.

2. Menghargai pekerjaan yang dimiliki

Pexels.com / Andrea Piacquadio

Jakarta dan kota besar seringkali menjadi tujuan utama bagi perantau untuk menemukan pekerjaan impian. Alasannya, karena di kota besar terdapat banyak perusahaan besar yang bergerak di berbagai bidang dan memiliki jenis pekerjaan yang bervariasi. Tak hanya itu saja, mendapatkan pekerjaan di kota besar memberikan prestise tersendiri, tidak heran jika sangat menghargai setiap pekerjaan yang berhasil didapatkan. 

3. Bertanggung jawab

Pexels.com / Andrea Piacquadio

Saat memutuskan untuk merantau, banyak hal yang akan dihadapi dalam situasi suka dan duka. Menjaga kepercayaan orangtua yang sudah rela melepaskan pergi merupakan tanggungjawab yang utama. Tak hanya itu saja, di kota rantauan ia juga belajar bertanggungjawab terhadap diri sendiri supaya tujuan merantau tetap berjalan sesuai dengan rencana.

4. Lebih cermat mengatur keuangan

Pexels.com / Gustavo Fring

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah bagaimana supaya tetap bertahan, karena di tempat baru ini ia hanya bisa bergantung kepada dirinya sendiri. Kepiawaian mengatur keuangan merupakan salah satu yang utama ketika mendapatkan gaji bulanan. Karena dengan penghasilan yang terbatas itu, diharapkan mampu untuk mencukupi kebutuhan mulai dari biaya hidup, sewa kos, makan sampai dengan hiburan. Tak lupa untuk tetap membiasakan diri menabung untuk mencukupi kebutuhan di masa mendatang.

5. Berani

Pexels.com / fauxsel

Mampu memutuskan untuk hidup terpisah dengan orangtua dan pergi dari kampung halaman bukan hal yang mudah, karena artinya sudah berani meninggalkan zona nyaman. Hanya dengan keberanian dan tekad yang kuat, seseorang bisa melalui batas tersebut. Jika hal sebesar itu telah berhasil dilampaui, maka ia mampu menghadapi hal apapun yang lebih besar.

6. Termotivasi untuk sukses

Pexels.com / Gustavo Frings

Anak rantau cenderung termotivasi untuk maju, karena demi mendapatkan pekerjaannya saat ini ia harus melewati berbagai halangan. Kesuksesan menjadi motivasi dan tujuannya, sehingga saat kembali ke kampung halaman telah memiliki sesuatu yang bisa dibanggakan kepada orangtua, keluarga dan orang-orang terdekat.

7. Mudah beradaptasi dengan perubahan

Pexels.com / Andrea Piacquadio

Mereka memahami bahwa merantau merupakan keputusan besar, karena itu cara untuk tetap bertahan dengan segala perubahan yang ada yaitu dengan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Bagaimana? Apakah kamu jadi termotivasi?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration