Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Film dan Serial Ini Bercerita Tentang Virus Berbahaya Mirip COVID-19

Sebagai bahan pembelajaran untuk kita, nih!

Tri Sintarini

Kehadiran pandemi COVID-19 bukanlah yang pertama, dunia telah mengalami beragam wabah sebelum kehadirannya. Fakta itu yang kemudian membuat insan perfilman menunjukkan kreasinya. Beberapa kisah yang merupakan fiksi, tetapi ada pula yang terinspirasi dari pengalaman nyata menghadapi virus berbahaya seperti flu burung, SARS dan pes. Selain menghibur, tayangan ini bisa jadi bahan pembelajaran untuk menghadapi wabah. Ini 7 rekomendasinya untukmu, Bela.

1. Contagion (2011)

Film yang terinspirasi oleh endemi SARS dan flu burung ini, mengisahkan tentang menyebarnya wabah baru setelah Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) mengalami gejala penyakit berbahaya. Kematian merenggutnya, pasca melakukan kunjungan bisnis ke Hong kong. Setelah ditelisik lebih lanjut, ternyata akibat virus baru yang secara genetik mengidap di babi dan kelelawar. Penularannya pun sangat cepat, masif dan tidak bisa disembuhkan.

2. The Hot Zone (2019)

Serial TV The Hot Zone yang pernah ditayangkan di Fox ini merupakan adaptasi dari buku karya Richard Preston. Serial ini menceritakan tentang penemuan virus Ebola pada simpanse di laboratorium penelitian Virginia pada tahun 1989 yang belum ada obatnya. Seorang ilmuwan Angkatan Darat AS kemudian mengabdikan hidupnya menjadi baris terdepan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

3. The Flu (2013)

The Flu mengisahkan tentang virus berbahaya H5N1 atau flu burung yang mewabah di distrik Bundang di Seongnam, Korea Selatan. Awalnya virus ini terdeteksi dari mayat imigran gelap asal Filipina. Kemudian virus ini menyebar dan mengakibatkan ribuan orang terinfeksi dan mematikan dalam waktu 36 jam saja. Situasi menjadi tak terkendali, tetapi para petinggi mengabaikan tentang antisipasi karantina hingga akhirnya kota ini ditutup karena virus ini masih terus menyebar.

Hmm... familiar?

4. Containment (2015)

Serial Containment mengisahkan tentang epidemi misterius yang menyebabkan kota tersebut harus melakukan karantina. Seorang polisi, Lex Carnahan kemudian bertugas menjaga perdamaian. Tetapi situasi kian genting dan korban semakin berjatuhan, mulai dari kekasihnya terjebak di daerah tertutup, anak remaja yang positif terinfeksi sampai dengan guru di sekolah yang harus terkunci dengan murid-muridnya. Kepercayaan masyarakat mulai goyah ketika seorang jurnalis bernama Leo mengungkap satu demi satu fakta yang terjadi sebenarnya. 

5. Virus (2019)

Film produksi India berjudul Virus ini terinspirasi dari wabah virus nipah yang menyebar di India Selatan pada tahun 2018. Bercerita tentang sekelompok relawan saling bahu membahu mencari penyebab teror tersebut, setelah sebuah desa di Kozhikode menjadi sumber awal penularan virus. Berbagai permasalahan mulai timbul ketika satu persatu korban mulai berjatuhan, termasuk sikap masyarakat yang kian paranoid ketika virus ini menyebar hingga berita-berita hoax yang menyertainya.

6. 12 Monkeys (1995)

12 Monkeys berkisah tentang keadaan di tahun 2035, ketika populasi manusia tinggal satu persen saja karena wabah virus mematikan. Berbagai cara dilakukan supaya tetap hidup dan selamat. Kemudian James Cole (Bruce Willis) ditugaskan ke masa lalu untuk menyelidiki keberadaan virus tersebut di tahun 1996 melalui perjalanan ruang dan waktu. Cole harus berjuang untuk mendapatkan informasi tentang The Army of the Twelve Monkeys yang diduga kuat sebagai penyebar virus mematikan tersebut. 

7. Black Death (2010)

Wabah virus berbahaya yang terjadi di abad 14 ini menewaskan hampir setengah populasi penduduk Eropa, peristiwa ini dikenal dengan The Black Death. Film ini berkisah tentang sekelompok ksatria, Ulrich (Sean Bean) dan Osmond (Eddie Raymande) yang melakukan perjalanan saat wabah ini melanda. Tetapi pandangan masyarakat di masa itu masih menganggap kehadiran virus tersebut memiliki keterkaitan dengan sihir, klenik dan ilmu hitam. Mereka pun bertugas mencari desa-desa yang belum terkena dampak wabah.

Mana yang paling ingin kamu simak, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration