Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Kiat Merintis Sebagai Youtuber Sukses

Demi meraih popularitas dan menebalkan pundi-pundi!

Tri Sintarini

Dua hingga tiga tahun ke belakang, YouTube telah menjadi salah satu platform yang sangat populer untuk memuat konten kreatif. Jika bersungguh-sungguh memanfaatkan potensi tersebut secara maksimal, maka seseorang bisa menjadi seorang Youtuber yang mendulang cuan. Ingin menjadi salah satu Youtuber sukses, ini dia 6 kiatnya untukmu, Bela.

1. Raih popularitas kini bukan sekedar mimpi

wepostmag.com

Dalam membuat unggahan video di YouTube , tentukan tema terlebih dahulu, sebagai daya tarik channelmu. Miliki gaya sapa khas yang berbeda dari Youtuber lain, sehingga orang yang sedang berselancar di dunia maya, mau melirik dan mampir ke videomu.

2. Channel yang menarik berisi konten yang jujur

Pexels.com / Mahmoud Gamal

Supaya semakin diingat oleh para penonton, berikanlah video konten yang otentik, potensial dan memiliki ciri tersendiri. Unggahan tersebut juga akan terasa lebih bermakna, jika mengisahkan tentang dirimu sendiri dan membuat penonton merasa terkoneksi denganmu. Misalnya saja membuat tentang konten perjalanan, kecantikan sampai dengan tips-tips simpel dalam kehidupan sehari-hari. 

3. Unggahan konten yang berkualitas

Pexels.com / NordWood Themes

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah menyiapkan konten yang berkualitas. Misalnya, jika ingin membuat tutorial make-up maka kamu harus memberikan gambaran langkah dari awal hingga akhir bagaimana cara berdandan dengan baik. Contoh lainnya, jika ingin mengunggah konten travel, berikan juga news value berupa rekomendasi tempat yang seru, harga, hingga hal unik di tempat tersebut.

4. Pikirkan tentang informasi pribadi sebelum kamu mengunggah video pertamamu

Pexels.com / fauxsel

Saat memutuskan menjadi Youtuber, sangat penting untuk berpikir bagaimana cara untuk menempatkan diri di mata publik, seperti bagaimana cara menjaga privasi dan memberikan batas-batas tertentu yang perlu diketahui oleh publik. Cara paling praktis ialah memberikan nama panggung, bukan informasi komplit seperti nama lengkap, alamat rumah dan data-data penting lainnya. Pastikan kamu membagikan informasi yang bisa membuatmu merasa nyaman juga, ya. Biarkan para penonton dan subcriber fokus dengan karakter yang kamu bangun. 

5. Bisa menjadi pemasukan tambahan jika kamu serius menggarapnya

Unsplash.com / Paige Cody

Kiat untuk memperoleh subscriber yang banyak, tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Selain menyiapkan materi terbaik, kamu juga boleh meminta masukan dari orang lain yang lebih berpengalaman sebagai Youtuber, atau komunitas yang memiliki minat yang sama denganmu. Kecocokan tersebut akan membantumu untuk mengembangkan channel YouTubemu. Manfaatkan koneksimu dan jangan lupa untuk terus bekerja keras demi mencapai kesuksesan. 

6. Tetap bersikap rendah hati

Unsplash.com / Joshua Rawson Harris

Kesuksesan yang stabil tidak bisa diperoleh secara instan. konsistensi dan tetap rendah hati, menjadi kunci agar eksistensi dirimu sebagai Youtuber tetap berjalan mulus. Bisa saja kamu membuat konten yang kontroversial dan jadi viral dengan cepat. Tapi, memangnya kamu mau, hanya menjadi one hit wonder?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration