Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

14 Jenis Tanaman Kaktus Hias untuk di Dalam Rumah

Buat meja kerjamu cantik!

Rosita Meinita

Kaktus, tanaman tumbuh subur di iklim panas ini sekarang populer lagi. Karena membutuhkan jumlah air yang minim, kaktus cocok dibuat tanaman hias di ruang tertutup. Bahkan, di beberapa restoran dan café sering menambahkan tanaman ini pada dekorasi interiornya. Jika kamu ingin juga menghias rumah atau ruang kerjamu dengan kaktus, inilah beberapa jenis tanaman kaktus hias yang harus kamu tahu.

1. Kaktus Telinga Kelinci (Opuntia microdasys)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Berasal dari Meksiko, Kaktus Telinga Kelinci atau yang sering disebut bunny ears cactus karena sesuai dengan bentuknya. Jenis kaktus ini memiliki dua buah bantalan yang berbentuk seperti telinga kelinci. Ditutupi dengan glochids atau duri kecil, menjadi tanaman rumahan yang menghasilkan bunga putih jika terkena cahaya yang cukup.

2. Kaktus Dagu (Gymnocalycium)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Dikenal sebagai Kaktus Dagu, spesies kaktus ini berasal dari Amerika Selatan. Di permukaannya sedikit duri dan ada kuncup bunganya. Kaktus ini juga akan tumbuh subur di bawah sinar matahari.

3. Kaktus Saguaro (Carnegiea gigantea)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Kaktus Saguaro dapat tumbuh hingga empat puluh kaki dengan lambat. Ini juga sering digunakan pada indoor selama bertahun-tahun. Tampilannya yang klasik berasal dari Gurun Sonora. Kaktus jenis ini juga membutuhkan banyak cahaya.

4. Old Lady Cactus (Mammillaria hahniana)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Kaktus jenis ini masuk dalam keluarga mammillaria yang memiliki 250 spesies. Kaktus ini memiliki duri dan mempunyai bunga berwarna ungu di musim semi. Harus disiram setiap minggunya, cocok untuk dekorasi indoor.

5. Kaktus Bintang (Astrophytum asteria)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Jenis tanaman kaktus ini juga disebut sebagai Kaktus Landak Laut atau Kaktus Dolar Pasir. Kaktus bintang berbentuk bundar yang terbagi menjadi delapan irisan. Ditutupi dengan duri putih dan titik-titik kecil, kaktus ini akan hanya tumbuh berdiameter dua hingga enam inci.

6. Kaktus Paskah (Hatiora gaertneri)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Jenis kaktus ini berasal dari Brasil. Mekar di musim dingin dan musim semi, bunganya bervariasi dari putih, kuning atau lavender. Duri-duri tanaman ini bertumpukan satu sama lain sehingga memberikan bentuknya yang unik.

7. Kaktus Natal (Schlumbergera bridgesii)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Kaktus ini mekar di musim dingin. Memiliki bunga merah yang cerah bisa digunakan untuk kado orang terkasih karena warnanya yang manis. Bisa tumbuh baik di dalam ruangan, hindari menyiram terlalu banyak karena akan membuat kaktus ini membusuk. Jenis kaktus ini juga bisa hidup di ruangan minim cahaya.

8. Kaktus Bulan (Gymnocalycium mihanovichii)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Jenis tanaman kaktus bulan bervariasi pad ukuran, bentuk dan warna. Jenis yang paling popular adalah kaktus hibotan berasal dari Amerika Selatan bewarna merah terang, merah muda dan kuning. Kaktus ini dapat tumbuh di cahaya yang sedang.

9. Barrel Cactus (Ferocactus)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Sering juga disebut Kaktus Laras karena bentuknya lingkaran. Dilapisi duri tajam pada seluruh permukaannya mempunyai banyak varietas. Terdapat bunga yang mekar pada bulan Mei dan Juni berwarna merah atau kuning.

10. Kaktus Kepiting (Schlumbergera truncata)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Dinamakan Kaktus kepiting karena mempunyai capit seperti kepiting. Mekar pada bulan musim dingin, kaktus ini membutuhkan suhu yang dingin untuk tumbuh. Kaktus jenis ini juga lebih cocok diletakkan di outdoor.

11. Kaktus Ratu Malam (Epiphyllum oxypetalum)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Kaktus Ratu Malam juga dikenal sebagai Kaktus Pipa Belanda. Berasal dari Brasil, jenis kaktus ini menghasilkan bunga berwarna putih yang besar. Dinamai ratu malam karena kecenderungannya mekar di malam hari.

12. Kaktus Pir Berduri (Opuntia)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Kaktus Pir Berduri sangat popular di daerah yang kering. Beberapa variasi umum adalah yang berasal dari India. Pir berduri bagus jika diletakkan di halaman belakang. Tanaman kaktus ini menghasilkan bunga berwarna kuning, merah atau ungu.

13. Cholla Cactus (Cylindropuntia fulgida)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Berasal dari Amerika Barat, Cholla Cactus memiliki batang bundar dengan duri tajam. Ada lebih dari 20 spesies yang beragam ukuran. Terkadang duri berwarna hijau atau orange. Kaktus jenis ini nggak membutuhkan banyak air tetapi banyak cahaya.

14. Kaktus Tiang Totem (Pachycereus schottii monstrosus)

id.pinterest.com/FTDFlowers/

Nama Kaktus Tiang Totem disebut karena bentuknya yang tinggi, bisa 10 hingga 12 kaki. Bertekstur kerutan akan tumbuh subur dalam cahaya yang sedang, dan nggak tahan panas. Kaktus jenis ini juga nggak banyak membutuhkan air.

Itulah jenis-jenis kaktus hias yang ternyata sangat beragam. Kira-kira, kamu mau koleksi yang mana?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration