Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Biar Nggak Salah Beli, Ini 9 Cara Membedakan iPhone HDC dan Original

Jangan tergiur hanya karena harganya yang murah

Romi Subhan

Istilah iPhone HDC memang belum familiar di telinga kita. Namun, sebenarnya ponsel jenis ini sudah banyak beredar di pasaran, lho. HDC merupakan kependekan dari Handphone Copy Draw. Mudahnya istilah ini dapat diartikan sebagai iPhone replika atau KW. Secara kasat mata dari tampilan menu tidak ada bedanya dengan original.

Memang kebanyakan yang direplika adalah iPhone karena termasuk ke dalam smartphone premium yang berharga mahal. Nah, biar nggak salah ketika membeli, kamu harus tahu cara membedakan iPhone HDC dengan original, karena memang secara fisik sangat mirip dan sulit untuk dibedakan.

Apa saja perbedaannya? Simak selengkapnya berikut ini.

Cara Membedakan iPhone HDC dan iPhone Original

Dok. Internet

Untuk membuat calon 'pembeli' percaya, biasanya iPhone HDC dijual sebagai iPhone second atau bekas. Kamu akan mendapati ponsel tersebut sudah dibuka dari boksnya untuk meyakinkan kalau produk tersebut memang iPhone original second

Namun, selain itu, ada hal lain yang perlu kamu perhatikan untuk membedakan iPhone HDC dan original. Simak per poinnya berikut ini.

1. Cek AppStore

Unsplash.com/Sara Kurfess

Cara pertama yang paling mudah adalah cek fitur AppStore. Biasanya untuk iPhone HDC menggunakan fitur Google Play Store yang dikustom mirip AppStore. Jika memang ponselnya sudah terbuka dan menyala, jangan ragu untuk mengecek hal satu ini supaya kamu tidak menyesal setelah membawanya pulang.

2. Lihat sistem operasinya

Unsplash.com/Penfer

Untuk cara selanjutnya adalah dengan mengecek sistem operasi. Kita tahu bahwa iPhone original akan menggunakan iOS, sementara untuk iPhone HDC akan menggunakan sistem operasi dari Android yang diubah semirip iPhone. Jadi, pastikan kamu mengecek terlebih dulu jangan sampai langsung percaya begitu saja.

3. Cek apakah ada iTunes atau tidak

Unsplash.com/Austin Distel

Satu hal lagi yang membedakan iPhone dengan smartphone berbasis Android adalah adanya iTunes bawaan yang memungkinkan kamu mendengarkan lagu favorit. Tentu iPhone original akan memiliki iTunes. Sementara itu, untuk HDC tentunya tidak selalu akan terhubung terhadap fitur tersebut.

4. Perhatikan material ponsel yang digunakan

Unsplash.com/Arnel Hasanovic

iPhone biasanya menggunakan aluminium alloy sebagai materialnya. Sehingga, ketika diarahkan ke cahaya akan memantulkan gambar layaknya kaca dan terlihat lebih premium. Berbeda dengan iPhone HDC yang biasanya menggunakan material plastik. Dari segi tampilan, iPhone HDC terlihat lebih 'murah'.

5. Periksa garansinya

Unsplash.com/Daniel Romero

Cara membedakan iPhone original dan HDC selanjutnya adalah dengan memeriksa garansinya. Cara mengeceknya adalah dengan mencocokkan IMEI dengan garansi yang biasanya diberikan ketika membeli iPhone original. Jika garansinya tidak cocok, maka orisinalitas ponsel yang kamu beli patut dipertanyakan.

6. Kualitas layar ponsel yang berbeda

Unsplash.com/Nathana Reboucas

Area layar juga tak lepas untuk kamu periksa. Biasanya akan ada perbedaan retina display jika dibandingkan dengan iPhone HDC. Sederhananya, tampilan layar iPhone original memiliki warna yang lebih tajam dan jernih. Sementara HDC memiliki tampilan layar yang tidak terlalu tajam dan cenderung pudar.

7. Penggunaan tombol screenshot

Unsplash.com/Tran Mau Tri Tam

Mungkin poin satu ini terlihat sepele, namun ternyata memiliki fungsi untuk mengetahui apakah iPhone kamu HDC atau original. iPhone original biasanya menggunakan tombol kunci dan home secara bersamaan untuk screenshot. Sedangkan untuk iPhone HDC, tidak akan bisa melakukan screenshot jika dengan tombol tersebut.

8. Bandingkan harganya

Unsplash.com/Simerpreet Singh

Harga yang terlalu miring bisa jadi pertanda bahwa iPhone tersebut adalah HDC, biasanya untuk iPhone original tidak akan jauh di bawah harga pasaran. Jadi, jangan tergiur dengan harga murah. Bisa saja harga yang terlalu murah menandakan bahwa iPhone kamu tidak original.

9. Terdapat slot MicroSD

Unsplash.com/Denis Cherkashin

Sama halnya dengan penggunaan tombol screenshot, cara ini juga terlihat sepele namun membuktikan bahwa iPhone tersebut HDC atau original. Kamu harus memeriksa apakah iPhone kamu memiliki slot MicroSD atau tidak. Jika ada, maka iPhone kamu tidak original. Sebab, iPhone original tidak akan memiliki slot MicroSD. 

Itulah cara membedakan iPhone HDC dan iPhone original, beberapa poin terlihat seringkali luput untuk diperiksa karena memang bukan poin utama, namun ternyata memiliki petunjuk untuk menentukan apakah iPhone tersebut original ataupun HDC.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration