Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bantu Kamu Cepat Khatam, Ini 10 Aplikasi Baca Alquran di Ponsel

Kini kita bisa membaca Alquran dimana saja dan kapan saja

Romi Subhan

Di bulan Ramadan, semua ibadah mendapat balasan pahala berkali-kali lipat dibandingkan bulan lainnya. Termasuk kegiatan membaca Alquran atau tadarus. Bahkan Allah SWT menjanjikan sepuluh pahala kebaikan untuk setiap satu huruf yang dibaca di bulan Ramadan.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah berikut ini.

عَن ابنِ مَسعُودٍ رَضيَ اللٌهُ عَنهُ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلَى اللٌهُ عَلَي وَسَلَمَ مَن قَرَأ حَرفًا مٍن كَتَابِ اللٌه فَلَه بِه حَسَنَةُ وَالحَسَنَةُ عَشُرُ اَمُثَالِهَا لآ اَقُولُ الم حَرفُ وَلكِنُ اَلِفُ وَلآمُ حَرفُ وَميمُ حــَرُفُ. (رواه الترمذي وقال هذا حديث حسن صحيح غريب اسنادا والدارمى)

Artinya: “Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah bersabda, ‘Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur'an), maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.’” (HR at-Tirmidzi)

Oleh karena itu, kita bisa mengisi waktu di bulan Ramadan ini dengan membaca Alquran secara rutin. Namun, jika kamu harus bekerja, kamu tetap bisa mengisi waktu di perjalanan dengan membaca Alquran melalui aplikasi baca Al-Quran terbaik di ponsel android.

Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

1. Umma

play.google.com

Pertama, ada aplikasi Umma. Secara fitur, aplikasi buatan Indonesia ini terbilang sangat lengkap untuk menemani kamu beribadah selama bulan Ramadan ini. Sebab, selain fitur Alquran lengkap dengan terjemahannya, Umma juga memiliki fitur jadwal salat yang bisa disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal kamu, penunjuk kiblat, serta informasi mengenai agama Islam yang mudah dipahami.

Untuk fitur aplikasi Alquran, Umma memiliki mesin pencari yang spesifik, serta ada fitur bookmark yang bisa menandai bacaan terakhir kamu.

2. Quran Best

play.google.com

Masih dari buatan anak bangsa, kamu bisa mengunduh Quran Best sebagai aplikasi baca Al-Quran kamu di bulan Ramadan ini. Quran Best memiliki tampilan yang mirip dengan Alquran bentuk fisik, sehingga membuatmu nyaman membacanya.

Di Quran Best, kamu bisa mencari ayat secara spesifik hanya menggunakan kata kunci, menggunakan mode malam yang lebih nyaman di mata, dan murotal dari suara qori yang dijamin bikin adem saat mendengarnya.

Selain Alquran, fitur Quran Best lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah penghitung jumlah lembar Alquran yang sudah kamu baca, jadwal salat, podcast Islami, grup mengaji, hingga pencari masjid terdekat. Lengkap banget!

3. Al-Qur'an Indonesia

play.google.com

Kalau aplikasi yang satu ini, cocok untuk kamu yang sedang menghemat kuota internet. Sebab, Al-Qur'an Indonesia dapat tetap kamu akses meskipun internet sedang off. Fitur-fitur aplikasi Al-Qur'an Indonesia juga cukup lengkap. Ada fitur bookmark, tajwid berwarna yang memudahkan kita untuk belajar tajwid lebih mendalam, serta MP3 murotal yang bisa diakses secara offline.

Bukan hanya itu, kamu nggak perlu takut lupa menyimpan, sebab Al-Qur'an Indonesia memiliki fitur cloud yang otomatis menyimpan bacaan terakhir kamu. Selain Al-Qur'an, ada pula fitur penanda kiblat, jadwal imsakiyah dan kalender hijriah.

4. Al Quran Bahasa Indonesia

play.google.com

Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia merupakan aplikasi berbayar yang menyediakan Al-Quran berbahasa Indonesia. Kamu akan dapat membaca dua surat pertama secara gratis, namun harus membayar atau menggunakan mode advanced untuk mengakses seluruh surat secara penuh.

Meski berbayar, fitur yang dimiliki cukup worth it, kok! Kamu akan mendapatkan fitur doa harian, menyalin ayat, menambahkan ayat ke menu favorit, pengingat salat, dan audio murotal.

5. Quran for Android

play.google.com

Selanjutnya ada aplikasi Quran for Android. Kamu yang menyukai tampilan sederhana dan bersih, Quran for Android bisa jadi pilihan. Di sini, kamu dapat membaca Alquran secara lengkap dengan terjemahan dalam 20 bahasa yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

6. Aminin

play.google.com

Sedang mempelajari dan mendalami ilmu tajwid? Aplikasi Aminin bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, di dalamnya, terdapat fitur yang bisa menguji ilmu tajwid yang sedang kamu pelajari, menandai bacaan terakhir, terjemahan, dan murotal yang dilantunkan oleh qori terbaik.

7. Al Quran (Tafsir & by Word)

play.google.com

Bukan hanya menerjemahkan, Al Quran (Tafsir & by Word) juga menafsirkan setiap ayat Al Quran secara lengkap. Selain itu, fitur lainnya yang dapat kamu manfaatkan adalah murotal yang dilantunkan oleh qori dalam format MP3. 

8. MyQuran

play.google.com

Aplikasi baca Al Quran lainnya yang dapat kita pasang di ponsel adalah MyQuran. Aplikasi ini bukan hanya menampilkan visual yang menarik dengan warna yang bisa diganti, tapi juga surat Al Quran yang lengkap.

Kamu bisa mengakses MyQuran secara penuh dengan gratis. Di dalam aplikasi ini, MyQuran terbuka untuk donasi yang nantinya disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Ada pula pengingat doa harian, membaca surat Yasin setiap Kamis malam, dan hadis harian.

9. Muslim Pro

play.google.com

Muslim Pro menjadi aplikasi yang cukup lengkap. Kamu dapat mengakses jadwal imsakiyah, waktu salat, arah kiblat, hingga Alquran yang dilengkapi dengan terjemahannya. Bahkan, saat waktu salat tiba, aplikasi ini dapat langsung memutar azan secara otomatis sebagai pengingat salat di awal waktu.

10. Al Quran MP3

play.google.com

Al Quran MP3 sangat cocok digunakan oleh kamu yang sedang masa menstruasi, namun tetap ingin mendengar lantunan ayat Alquran. Dibawakan dengan qori terbaik, dijamin, kamu akan betah mendengarkan murotal sepanjang hari. Jika sudah selesai, tak perlu takut akan mengulangi bacaan, sebab kamu dapat menggunakan fitur bookmark untuk menandai bacaan terakhir kamu.

Itu dia aplikasi baca Al-Quran terbaik di smartphone android yang dapat kamu pasang di ponsel untuk membantumu khatam Alquran tahun ini. Semoga kita bisa mendapat berkah dari Allah SWT karena rutin membaca Alquran, ya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration