Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Smartphone Anti Air, Cocok untuk Kamu yang Aktif!

Pas banget untuk kamu yang sering berkegiatan di luar ruang

Romi Subhan

Kamu suka berfoto ria sambil berenang, mandi sambil mendengarkan musik, atau mungkin bermain di bawah guyuran hujan, tapi tidak mau ponsel atau smartphone kamu rusak? Kamu bisa, nih, pakai smartphone anti air berikut ini. Tidak hanya fitur anti air karena deretan smartphone ini juga memiliki fitur unggulan lainnya yang bisa jadi pertimbangan.

Tentu kamu juga harus ingat bahwa ada jenis sertifikasi dari masing-masing smartphone dan pastikan gar tidak melebihi batas maksimal dari kedalaman dan waktu penggunaannya.

1. Sharp Aquos Sense4 Plus

Dok. Laptophia

Smartphone pertama ada Sharp Aquos Sense4 Plus, smartphone ini merupakan salah satu ponsel dengan fitur tahan debu atau air termurah yang bisa kamu dapatkan di rentang harga Rp4 jutaan. Selain fitur tahan debu dan air, ponsel ini hadir dengan sejumlah fitur andalan lain, termasuk chip kelas gaming yang dipadukan dengan tampilan yang cepat dan pengeras suara stereo.

Smartphone ini menampilkan layar IGZO Full HD yang dikenal memiliki konsumsi daya baterai yang lebih rendah, detil gambar yang lebih akurat dan memiliki resolusi super tajam dibandingkan layar IPS. Layarnya memiliki laju penyegaran 90Hz, cocok untuk bermain game.

Selain dari banyaknya fitur yang tersedia seperti konfigurasi kamera yang laik dan bisa diandalkan untuk fotografi sehari-hari. Dari ke semua fitur unggulan ada satu hal yang disayangkan yaitu sensor sidik jari yang masih terpasang di bagian belakang, tidak di samping apalagi terintegrasi dengan layar.

2. Samsung Galaxy Xcover 5

Dok. Samsung

Samsung Galaxy Xcover 5 jadi satu HP termurah yang sudah dibekali sertifikasi IP68 dan MIL-STD-810H. Ponsel ini bisa dibilang sebagai smartphone untuk para pekerja yang sering berkecimpung ke lapangan proyek.

Smartphone keluaran Samsung ini dihadirkan dengan Xcover Key yang dapat dikustomisasi, agar pengguna bisa mengakses fitur tertentu dengan hanya sekali tekan tombol. Selain itu, smartphone bertenagakan Exynos 850 ini juga memiliki kapasitas baterai 3.000 mAh yang removable.

Fitur yang sangat bagus dari smartphone ini adalah baterai yang bisa dicabut-pasang, sehingga kamu tidak perlu mengecas ponsel ini di kala baterainya habis. Tinggal dicabut yang lama, kemudian masukkan baterai cadangan. Simple dan memang dirancang untuk para pekerja lapangan yang tidak sempat tentu untuk charge ponsel terus-menerus.

Keunikan lain dari ponsel ini adalah dukungan Security Maintenance Release dari Samsung selama 5 tahun berturut-turut, guna menghindari ancaman bahaya yang berisiko terhadap privasi data. Hanya ada satu varian penyimpanan pada ponsel ini yakni RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB, seharga Rp3.999.000.

3. Samsung Galaxy A52

Masih dari merek yang sama, smartphone ini merupakan salah satu ponsel kelas menengah seharga mulai Rp4,9 jutaan yang menarik untuk kamu pertimbangkan. Alasan tentu karena ponsel ini telah mengantongi sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan debu atau air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Fitur utama yang dimiliki tentu setara akan harganya seperti tampilan AMOLED-nya yang cerah hadir dengan laju penyegaran tinggi 90Hz. Hal ini disandingkan dengan pengaturan speaker stereo hybrid yang mengesankan untuk ponsel di kelasnya.

Pengaturan kamera dari Samsung Galaxy A52 juga cukup serbaguna, dengan OIS pada kamera utamanya. Hal ini membuat kamera Galaxy A52 bisa diandalkan untuk beragam situasi. Untuk urusan baterai juga sangat solid karena didukung pengisian cepat 25W.

4. Samsung Galaxy A53 5G

Dok. Internet

Galaxy A53 5G memang bukan yang utama soal performa gaming. Smartphone ini memang diperuntukkan untuk aktivitas produktivitas seperti content creation. Hal ini didukung dengan jepretan kamera dan rekaman videonya mumpuni.

Berbicara mengenai tahan air, smartphone satu ini juga telah dilengkapi sertifikasi IP67. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat video pendek saat hujan turun, tidak hanya tahan percikan air, tapi juga kedap air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Keunggulan lainnya adalah smartphone ini cocok bagi kamu yang suka banget maraton film, dengan layar AMOLED 6,5 inci yang bagus, didukung speaker stereo, serta memiliki baterai 5000 mAh tentu maraton film bukan suatu masalah dan smartphone ini cukup awet untuk dipakai sehari penuh.

5. iPhone SE 2020

Dok. Apple

Apple yang kental dengan identitas ponsel mahal juga sesekali merilis ponsel di rentang harga lebih murah, salah satunya adalah iPhone SE yang pertama kali dirilis pada tahun 2016. Nah, di tahun 2020 lalu Apple merilis iPhone SE generasi kedua, yang memiliki desain yang sama seperti iPhone 8 yang dirilis tahun 2017.

Desain serupa membuat kamu tentu akan menemukan bezel yang cukup tebal dan tombol Home, padahal tombol ini sudah dihilangkan pada seri utama iPhone. Meski desain mirip iPhone 8 namun spesifikasi lainnya sudah lebih dikembangkan untuk kebutuhan zaman sekarang, dan bahkan harganya pun lebih murah ketimbang iPhone 8.

Soal ketahanan air tak perlu diragukan karena iPhone SE 2020 telah mendapatkan sertifikasi tahan air IP67 yang membuatnya anti debu atau air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Untuk harga smartphone ini juga tidak semahal seri utama iPhone yang bisa sampai belasan juta, kamu bisa membawa pulang iPhone SE 2020 dengan harga Rp6 jutaan.

6. Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Dok. Internet

Sebuah kejutan dari Samsung yang tiba-tiba merilis Samsung Galaxy S20 FE versi Snapdragon 865 di Indonesia pada Juli 2021 lalu. Padahal sebelumnya mereka telah meluncurkan Galaxy S20 FE dengan SoC Exynos 990 pada September 2020.

Salah satu alasan Samsung mengeluarkan versi Snapdragon tak lain untuk menambah opsi HP flagship terjangkau. SoC Snapdragon 865 diklaim punya kemampuan olah grafis yang lebih bagus daripada Exynos 990 membuat performa gaming dan olah fotografi Galaxy S20 FE Snapdragon jadi lebih maksimal. Oleh sebab itu, untuk urusan gaming dan fotografi bisa dibilang versi Snapdragon ini lebih unggul.

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dibekali fitur-fitur premium seperti ponsel flagship meski dirilis dengan harga di bawah Rp10 juta. Salah satu contohnya adalah ponsel ini memiliki sertifikasi ketahanan debu dan air IP68. Sertifikasi ini membuatnya bisa "menyelam" hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit.

7. Blackview BV7200

Dok. Blackview

Jika kamu mengira untuk dapatkan ponsel tahan banting dan tahan air perlu biaya besar, Blackview BV7200 jadi solusi untuk kamu yang punya bugdet terbatas. Smartphone ini berada di kelas harga Rp3 jutaan saja.

Fitur yang ditawarkan sudah lengkap menyediakan sarana ketahanan yang luar biasa. Selain ada sertifikasi militer MIL-STD-810H, ada juga ketahanan terhadap air (IP68/IP69K).

Hal ini membuat smartphone ini disinyalir akan tetap kuat dan tidak rusak meskipun terendam di air, terbentur tembok dengan keras, terjatuh dari ketinggian hingga 1,8 meter, maupun terlindas kendaraan proyek.

Meskipun layar yang ada pada smartphone ini agak terbilang kecil yaitu di angka 6,1 inci. Begitupula dengan resolusinya yang masih HD+. Tapi, standar penilaian ponsel rugged memang tidak bisa disamakan dengan ponsel Rp3 jutaan lain pada umumnya.

Poin pentingnya adalah smartphone ini mudah dioperasikan dalam kondisi ekstrem. Itu juga jadi alasan mengapa layar dirancang agar sensitif terhadap sentuhan meski pengguna menggunakan sarung tangan.

Yang paling mencengangkan dari smartphone ini adalah kemampuan fotografi yang bisa dibilang di atas rata-rata dengan kamera 50 MP (Samsung ISOCELL JN1) dan sensor ultrawide. Padahal, bahkan ponsel 3 jutaan yang umum tidak semua hadirkan sensor ultrawide.

Bukan cuma itu, aspek fotografi di HP ini juga tawarkan beragam mode. Contohnya seperti AI Beauty Mode, Face Fill Light, HDR 2.0, Night Mode 2.0, mode di dalam air, dan sanggup merekam hingga resolusi 1080p di 30 FPS.

Itulah tadi daftar smartphone anti-air yang cocok untuk yang sibuk. Mau beli yang mana, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration