Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tidak Akan Bikin Miskin, Ini 7 Janji Allah Bagi Kamu yang Bersedekah

malah jadi kaya lahir dan batin

Ayu Utami

Pernahkah kamu mendapatkan perasaan tenang dan senang setelah kamu bersedekah, Bela? Tahukah kamu, kalau membantu orang lain tidak hanya baik untuk mereka dan hal yang baik untuk dilakukan, tetapi juga membuat kita lebih bahagia dan lebih sehat. Memberi, juga menghubungkan kita dengan orang lain, menciptakan komunitas yang lebih kuat dan membantu membangun masyarakat yang lebih bahagia bagi semua orang.

Laporan menunjukkan bahwa, orang-orang merasa paling welas asih setelah mereka memberikan sebagian dari rezekinya kepada orang lain yang membutuhkan. Selain itu, sedekah juga menunjukkan penurunan stres dan detak jantung yang lebih rendah. Para peneliti telah menghubungkan aktivitas di saraf vagus dengan perasaan optimisme, kesehatan fisik, serta apresiasi artistik yang lebih besar.

Jika hal tersebut dilihat dari sisi ilmu pengetahuan, bagaimana dengan ilmu agama? Sedekah pada hakikatnya dilakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan. Selain itu, sedekah juga dilakukan semata untuk mengharap rida Tuhan, bukan untuk mencari pujian.

Nah, merujuk pada agama Islam, inilah manfaat sedekah bagi dirimu.

1. Menghindarkan diri dari bahaya

muslim-life.net

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari janji Allah SWT yang tercantum dalam Alquran: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245).

2. Menjadi ladang rezeki yang lebih besar

cityislam.com

Bukannya malah miskin, bersedekah atau berbagi rezeki justru semakin membuka ladang rezeki dan pahalamu, baik secara materi maupun spiritual. 

Allah berfirman di dalam Surat Al-Baqarah Ayat 261: “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Perlu kamu ketahui, rezeki bisa dalam bentuk beragam rupa ya, Bela. Bisa kekayaan materi, kesehatan yang panjang, kemudahan dalam menghadapi masalah, hingga kebahagiaan batin yang membuatmu tak mudah resah. 

3. Menyucikan diri dari dosa untuk jaminan hari akhir

Dok. Internet

Jika di dunia kita bisa membeli asuransi kesehatan, pendidikan, atau menabung saham untuk jaminan hari tua, maka sedekah adalah jaminan hari akhirmu mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. 

Dalam salah satu hadis disebutkan bahwa ada tujuh pihak yang diberi naungan oleh Allah SWT, yaitu ketika pada hari itu tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. 

4. Memberi ketenangan batin

unsplash.com/SophiaAyame

Ketika kita memberikan dengan ikhlas, ada rasa senang yang kita rasakan karena telah berbagi kebahagian kepada orang lain.

Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang bersedekah merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no.1443)

5. Terbebas dari siksa kubur

unsplash.com/YoannBoyer

Buku Himpunan Dalil dalam Alquran dan hadis, memuat beberapa dalil yang mengangkat tema seputar cobaan dan siksa kubur. Jika banyak melakukan hal yang dilanggar oleh Allah SWT dan tidak pernah berbuat baik, maka siksa kubur menanti sebagai pertanggungjawaban ata apa yang kita perbuat selama hidup.

Pada saat hal ini akan berlangsung, sedekah yang sering kamu lakukan bisa menyelamatkanmu dari siksa kubur. Seperti yang Rasulullah SAW katakan: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur”. (HR Thabrani)

6. Memperpanjang kesehatan

unsplash.com/JoshuaHoehne

Memperpanjang kesehatan di sini adalah hasil dari rasa bahagia dan ketenangan batin yang kamu peroleh dari seringnya bersedekah, serta doa-doa baik yang kamu dapatkan dari mereka yang telah kamu tolong. 

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR Thabrani)

7. Wafat dengan tenang

unsplash.com/DominikLange

Ketika bersedekah, kamu kemungkinan mendapatkan ampunan Allah SWT atas perbuatan dan kesalahan selama di dunia. 

Ibnul Qoyyim menyampaikan: “Sesungguhnya bersedekah mencegah kematian yang tidak baik, menghapus dosa, menjaga harta, mendatangkan rezeki, membuat gembira hati dan menyebabkan hati yakin dan baik sangka kepada Allah.” (Uddah ash-Shabirin hlm 490)

Nabi Muhammad SAW pun pernah berucap dalam hadis riwayat Abu Nuaim, "Jika ada orang Islam meninggal maka pahala salat di dekat kepalanya, pahala sedekah di sebelah kanannya dan pahala puasa di dadanya." 

Itulah 7 janji utama yang perlu kamu tahu dari keutamaan dan manfaat bersedekah, ya, Bela. Sudahkah kamu bersedekah hari ini?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration