Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa Cepat Terjawab, Ini 7 Manfaat Rajin Membaca Alquran

Meskipun satu ayat per hari

Ayu Utami

Diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril, kitab suci Alquran bukan hanya kitab suci umat Islam, melainkan berisi perintah Allah, pedoman, sejarah, hingga kisah Islam yang patut diketahui umatnya. Turunnya isi Alquran dilakukan secara berangsur-angsur selamat 22 tahun 2 bulan 27 hari atau hampir 23 tahun.

Selain sebagai pedoman hidup, kitab suci Alquran banyak memiliki manfaat bagi orang-orang yang senantiasa membaca, mengamalkan atau bahkan menghafalnya. Berikut tujuh manfaat yang akan didapat bagi umat muslim yang rajin membaca Alquran. Yuk, langsung simak penjelasannya.

1. Membaca Alquran menentramkan hati

corporatewellnessmagazine.com

Salah satu manfaat yang akan dirasakan bagi orang yang rajin membaca Alquran adalah hati terasa lebih damai dan nyaman. Membaca Alquran berarti mengingat-ingat akan kebesaran Allah SWT. Ingatnya kita terhadap Allah SWT akan membuat hati terasa tentram dan lebih lembut dalam menyikapi sesuatu.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran surat Ar- Ra’d ayat 28 yang artinya:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram.” 

Membaca Alquran tidak harus banyak, yang penting adalah konsisten dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

2. Allah SWT akan melimpahkan rahmat dan pahala bagi orang yang rajin membaca Alquran

popbela.com/AyuUtami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Rahmat dan kasih sayang Allah SWT tidak akan pernah putus untuk hambaNya. Untuk itu, kita harus senantiasa bersyukur atas rahmat yang telah diberikan. Rahmat Allah SWT akan semakin besar dan melimpah pula bagi mereka yang rajin membaca Alquran.

Dalam Alquran surat Al Isra ayat 28 pun memberikan penjelasannya:

"Dan Kami turunkan dari Al-Qura'n (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian.” 

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga bersabda:

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Nah, begitu istimewanya kitab suci Alquran ini. Membaca satu huruf saja sudah bernilai pahala bagi orang yang membacanya. Maka, kerugian yang besar jika tidak mau membacanya. Dalam hadis lain juga dijelaskan bahwasanya orang yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala sepanjang malam.

“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad)

3. Membaca Alquran kelak akan mendapatkan syafa'at di akhirat

spy.com

Salah satu amalan yang bisa memberikan syafa'at atau pertolongan di akhirat nanti adalah amalan membaca Alquran. 

Rasulullah SAW bersabda:

“Bacalah Al-Qur'an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya.” (HR. Muslim)

4. Orang yang rajin membaca Alquran diibaratkan seperti buah dengan rasa dan bau yang enak

en.islam.co

Orang yang membaca Alquran dengan ikhlas dan rajin juga diibaratkan sebagai buah dengan rasa yang enak dan bau yang nikmat.

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Perumpamaan orang mu’min yang suka membaca Al-Qur'an ialah separti buah jeruk utrujah, baunya enak dan rasanya pun enak dan perumpamaan orang mu’min yang tidak suka membaca Al-Qur'an ialah separti buah kurma, tidak ada baunya, tetapi rasanya manis. Adapun perumpamaan orang munafik yang suka membaca Al-Qur'an ialah separti minyak harum, baunya enak sedang rasanya pahit dan perumpamaan orang munafik yang tidak suka membaca Al-Qur'an ialah separti rumput hanzhalah, tidak ada baunya dan rasanyapun pahit.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Allah SWT akan menjaga mereka yang rajin membaca Alquran

popbela.com/AyuUtami

Sebagai Tuhan yang esa, hanya kepada Allah SWT maha segala-galanya, kita harus meminta perlindungan dan pertolongan. Hal tersebut akan datang kepada hambaNya yang bertakwa dan rajin beribadah kepadanya. Salah satunya adalah membaca Alquran. 

Rasulullah SAW pun bersabda:

"Bacalah Al-Qur’an karena Allah tidak akan menyiksa hati orang yang menjaga Al-Qur’an. Al-Qur’an itu benteng Allah; siapa yang masuk ke dalamnya akan aman. Dan berilah kabar gembira kepada siapa saja yang mencintai Al-Qur’an.” “(HR. Ad-Darimi)

6. Allah akan mengkaruniakan kepada orangtua kita mahkota yang berkilauan, bagi orang yang rajin membaca Alquran

popbela.com/AyuUtami

Tidak hanya bernilai pahala dan bermanfaat bagi diri sendiri. Ternyata orang yang rajin membaca Alquran juga akan memberikan dampak bagi orangtuanya. Sehingga bisa menjaga salah satu bukti kecintaan kita terhadap orangtua.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda yang artinya

“Siapa yang membaca Al-Qur’an serta berusaha mengamalkannya, maka kelak di hari Kiamat kedua orangtuanya akan diberi mahkota yang bersinar lebih baik daripada sinar matahari di dunia. Bagaimana menurutmu orang yang mampu melaksanakan hal ini?” (H.R Abu Dawud)

7. Membaca Al-Qur’an mampu menjadi penuntun ke jalan kebenaran, kebaikan dan keselamatan

jabar.idntimes.com

Sebagai pedoman hidup umat islam, Aquran adalah tuntunan kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Keberkahan dan manfaat akan didapatkan apabila kita ikhlas, rutin dan mampu mengamalkan isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berpegang teguh pada Alquran akan membuat diri kita selamat dan dijaga oleh Allah SWT. Sebagaimana diterangkan dalam Alquran surat Al Isra ayat 9:

"Sesungguhnya Al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.”

Itulah tujuh manfaat membaca Alquran. Selain membacanya, jangan lupa juga pahami artinya, sehingga kamu berkeinginan untuk mengkajinya lebih dalam lagi, ya.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "8 Manfaat bagi yang Rajin Membaca Al-Qur'an, Selain Bernilai Pahala" dengan penulis, Nur Kholid.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration