Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Ide Desain Rooftop Rumah Agar tidak Panas dan Membosankan

Bisa jadi tempat ngumpul, nih!

Ayu Utami

Tidak semua hunian beruntung memiliki rooftop, namun bagi yang memilikinya, bisa jadi hanya memanfaatkan rooftop sebagai lahan jemuran atau gudang barang-barang bekas. Sayang sekali, bukan? 

Padahal, rooftop bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, mulai dari ruang berkumpul yang nyaman, tempat istirahat, hingga bercocok tanam. Tahukah kamu, kalau tanaman yang berada di rooftop, bisa menurunkan suhu udara di sekitar juga, lho, Bela. Apalagi untuk negara tropis seperti Indonesia, rooftop bisa menjadi tempat pelarian dari rumah yang bisa terasa pengap dan lembap. 

Agar kamu tidak bingung apa yang harus kamu lakukan terhadap rooftop rumahmu, berikut Popbela rangkum beberapa ide kreatif untuk mendesain rooftop di rumah menjadi lebih estetik dan nyaman ditempati.

1. Ingin membaut rooftop lebih sejuk secara alami? gunakan tanaman rambat sebagai pelindung matahari, tepat di bawah meja dan kursi tempat berkumpul

theidentite.co

2. Sebagai alternatif jika kamu ada budget lebih, manfaatkan atap kerai yang bisa dibuka dan tutup secara elektronik

planete-deco.fr

3. Punya rooftop di area rumah serba dempet? Masih tetap bisa estetik, kok. Ramaikan dengan tanaman pilihanmu serta padankan bersama kursi, meja, tikar atau karpet. Enak nih, buat bermain musik!

pinterest.com/ Valentina Diary

4. Lahan rooftop kecil juga bisa kamu akali dengan desain minimalis. Cukup rapikan lantai semen dengan pemasangan lantai kayu, sedikit tanaman dan kursi untuk bersantai. Tetap cantik!

gardenholic.com

5. Punya rooftop lebih luas? Waktunya berkreasi lebih bebas! Manfaatkan jadi area outdoor untuk berkumpul dengan memperbanyak kursi panjang dan bantal-bantal yang empuk

engineeringbasic.com

6. Kamu juga bisa memadukan kursi panjang seperti di kantin kampus dengan kursi satuan, untuk area berkumpul

decoratedlife.com

7. Contoh lainnya? Memanfaatkan perapian untuk waktu senggang di sore dan malam hari. Seru kan, kalau ada sesi marshmallow atau jagung bakar?

apartment34.com

8. Jika sesi bakar-bakaran membuatmu tertarik, bisa juga menyiapkan satu sudut untuk area barbecue. Tinggal tambahkan lampu gantung, jadi rooftop garden, deh!

daleenkirapa.com

9. Cocok untuk kamu yang punya rooftop seperti di ruko, ide ini akan membuat ruko kamu jadi lebih modern dan bernilai tinggi

homify.com

10. Ingin lebih ekstra? Bagaimana dengan meletakkan jacuzzi? Rasanya seperti di Mikonos, Yunani, ya!

essenziale-hd.com

11. Kamu lebih tipe kolam renang? Oke, mungkin tidak perlu terlalu besar, tapi kolam kecil untuk sekadar berendam santai, juga asyik kok, Bela

pinterest.com/Danger Us

Itula 11 ide desain rooftop garden agar rumahmu terasa lebih estetik, tidak panas dan membosankan. Yuk, mulai diaplikasikan!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration