Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tuai Kritik K-Net, Ini 7 Fakta di Balik Serial ’XO, Kitty'

'XO, Kitty' baru tayang di Netflix pada 18 Mei 2023

Nindi Widya Wati

Apakah kamu penonton setia Netflix? Kiranya belakangan ini, di layanan streaming Netflix ada serial bertajuk XO, Kitty yang baru saja rilis pada 18 Mei 2023. Serial bergenre drama romansa komedi tersebut, sebenarnya berasal dari spin off serial hit To All The Boys I’ve Loved Before. 

Meski XO, Kitty dikabarkan sempat mendapat komentar miring dari para penonton. Namun serial yang dibintangi Anna Cathcart itu, kiranya tetap menerima pujian dari warganet bahkan sudah ada yang meminta XO, Kitty season ke dua. 

Penggarapan serial XO, Kitty sendiri di bawah arahan sutradara Jennifer Arnold, Jeff Chan, Pamela Romanowsky, dan Katina Medina Mora. Di mana serial XO, Kitty mengangkat kisah seorang perempuan bernama Kitty Covey yang dikenal sangat mengetahui apapun jika bicara tentang cinta. 

Lantas, adakah fakta menarik di balik pengerjaan serial XO, Kitty? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela.

1. Angkat cerita dari novel karya Jenny Han

Dok. Google Books

XO, Kitty hadir sebagai serial drama asal Amerika Serikat yang ditulis oleh penulis novel bernama Jenny Han. Seperti yang sudah banyak diketahui, kalau novel tersebut berjudul To All the Boys I've Loved Before yang rilis pada tahun 2014.

2. Sinopsis dari serial XO, Kitty

Dok. Netflix

XO, Kitty mengisahkan seorang perempuan bernama Kitty Covey (Anna Cathcart) yang percaya bahwa dirinya sangat mengetahui segala hal tentang cinta. Akan kepercayaannya itu, ia pun berangkat ke belahan dunia lain untuk menemukan kekasih jarak jauhnya yang berada di Korea Selatan.

Kitty pun bertemu dengan kekasih jarak jauhnya itu, bahkan ia juga bertemu dengan teman-teman baru yang ternyata sangat membantu dirinya. Karena Kitty mengalami banyak hambatan tak terduga, termasuk kendala jaringan saat melakukan video call hingga sulitnya bermesraan secara langsung.

Melihat banyak kesulitan dalam hubungan asmaranya, Kitty pun memutuskan pindah ke Korea Selatan, serta memilih untuk bersekolah di sana. Namun hal di luar ekspektasinya terjadi, karena sesampainya di Korea Selatan ia justru merasa bingung dengan kisah percintaannya sendiri.

3. Jadi spin off trilogi To All the Boys I’ve Loved Before

Dok. Teen Vogue

Penayangan serial XO, Kitty juga menjadi spin off trilogi To All The Boys yang sebelumnya tayang perdana pada tahun 2018. Diketahui, bahwa To All The Boys menjadi karya dari sutradara Susan Johnson. 

Kalau To All The Boys I've Loved Before menceritakan seorang remaja SMA bernama Lara Jean Covey (Lana Condor) yang suka menulis surat cinta untuk para pria yang ia taksir. Semua surat itu tak pernah Lara kirim dan hanya disimpan di sebuah kotak, karena ia tak berani untuk memberikannya.

Namun kekacauan terjadi setelah kelima surat tersebut tiba-tiba terkirim tanpa sepengetahuan Lara. Saat serial tersebut berfokus pada rumitnya cinta seorang Lara, maka lewat XO, Kitty akan lebih banyak mengisahkan peliknya asmara Kitty yang notabene adik Lara Jean Covey.

4. Menilik sosok Anna Cathcart sebagai pemeran utama

Dok. Netflix

Kitty Covey memiliki perjalanan cinta cukup rumit yang diperankan oleh sosok aktris Anna Cathcart. Ia dikenal sebagai aktris berdarah Kanada yang lahir pada 16 Juni 2003 di Vancouver.

Wajah Anna Cathcart telah muncul di berbagai film hingga serial, khususnya dalam serial trilogi To All the Boys yang juga berperan sebagai Kitty. Dalam serial XO, Kitty ini, Anna memerankan sosok Kitty yang memiliki sifat pendendam, ceplas-ceplos, dan tentunya sangat percaya diri.

5. Latar Korea Selatan berhasil curi perhatian penonton

Dok. Netflix

Awal kemunculan serial ini banyak mendapat antusiasme publik. Mengingat, pemilihan latar tempat syuting XO, Kitty berada di sekolah internasional ternama di Korea Selatan. 

Serta beberapa adegan yang diambil di pusat perbelanjaan Ssamzigil, Istana Gyeongbokgung, hingga Desa Bukchon Hanok. Jika memperhatikan episode satu, maka kamu akan melihat kawasan toko Stylenanda Pink Hotel – 3CE yang menjadi latar saat Yuri (Gia Kim) berbelanja pakaian disana. 

Selain di Seoul, pengambilan gambar dilakukan di Incheon, Korea Selatan, tepatnya di Bandara Internasional Incheon. Lihat saja, saat episode satu Kitty tiba di Korea Selatan, di mana ia mendarat di Bandara Incheon. Lalu, adegan di episode 10 saat Kitty kembali ke Portland yang juga mengambil lokasi syuting di Bandara Incheon.

6. Serial XO, Kitty tunjuk para pemain Asia

Dok. Netflix

Selain Korea Selatan yang mampu menarik hati, antusiasme penonton juga tertuju pada sejumlah aktor asia didapuk sebagai pemain XO, Kitty. Lantaran, berbeda dengan serial To All The Boys I’ve Loved Before, ada banyak pemeran baru dalam serial XO, Kitty di antaranya sebagai berikut. 

1. Anna Cathcart sebagai Kitty

2. Min Yeong Choi sebagai Dae

3. Anthony Keyvan sebagai Q

4. Gia Kim sebagai Yuri

5. Sang Heon Lee sebagai Min Ho

6. Jocelyn Shelfo sebagai Madison

7. Theo Augier Bonaventure sebagai Florian

8. Peter Thurnwald sebagai Alex

9. Yunjin Kim sebagai Jina

10. Regan Aliyah sebagai Julianna.

7. Tuai pujian di Rotten Tomatoes

Dok. Netflix

XO, Kitty mendapatkan review yang cukup positif di Rotten Tomatoes. Lantaran, serial ini dipuji sebagai spin-off manis dengan cerita simple namun sukses menggetarkan hati para penikmatnya.

Meskipun, netizen Korea Selatan mengkritik cara XO, Kitty menggambarkan hidup remaja di negara tersebut yang dinilai tak sesuai dengan kenyataan. Serial ini memang cukup vulgar dan blak-blakan, khususnya dalam urusan LGBT.

Terlepas dari kritik tersebut, serial yang memiliki 10 episode tersebut menjadi salah satu serial remaja Netflix yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, apakah kamu tertarik nonton XO, Kitty

IDN Media Channels

Latest from Inspiration