Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

[EKSKLUSIF] Syifa Hadju Akui Rumitnya Hubungan Ibu & Anak Perempuan

Kedekatan karakter Mel dan Bu Widi sampai di dunia nyata

Nindi Widya Wati

Pernahkah kamu membayangkan, betapa pusingnya sebuah hubungan asmara hingga rencana pernikahan impian yang terlalu diikut campuri oleh orangtua? Yaa, rasa-rasa tak nyaman tersebut, kini tengah dirasakan Mel (Syifa Hadju) dan Satya (Jefri Nichol) dalam film Mohon Doa Restu. 

Memang dibuat cukup pening kepala, saat h-3 bulan pernikahan Mel dan Satya harus dihadapkan dengan Bu Widi (Cut Mini) dan Bu Ira (Sarah Sechan). Di mana keduanya, dikenal sebagai ibu-ibu rempong dan kocak yang bersahabat, serta selalu mau menomorsatukan keinginan masing-masing untuk sang anak.  

Saat membayangkan saja, memang sudah cukup bikin pusing. Namun, siapa sangka, kalau Popbela kali ini justru secara langsung bisa mendengar curhatan Mel, serta melihat berbagai tingkah random duo ibu-ibu tersebut. Lantas, bagaimana kabar Mel menyikapi dirinya yang kerap berseberangan dengan sang ibu? Yuk, simak cerita lengkapnya berikut ini, Bela. 

Mohon Doa Restu menambah daftar film komedi keluarga

Dok. POPBELA.COM / Nindi Widya Wati

Mulai tanggal 26 Oktober 2023, film Mohon Doa Restu memang sudah tayang di seluruh bioskop Indonesia. Meski tengah sibuk-sibuknya, namun sangat senang kali melihat Mel, Bu Widi, dan Bu Ira menyempatkan bermain di kantor IDN Media. Bahkan, wajah sumringah ketiganya sudah terpancarkan dari awal perjumpaan. 

Kalau berbicara film Mohon Doa Restu yang disutradarai oleh Ody C. Harahap alias Pak Ocay, bisa menambah daftar rekomendasi film di genre komedi keluarga. Di mana penulis skenarionya, Cassandra P. Cameron dan Yayu Yuliani, menceritakan tentang Mel (Syifa Hadju) dan Satya (Jefri Nichol) sebagai teman kecil yang saling jatuh cinta.

Wedding dream Mel dan Satya yang terancam sirna

Dok. Mohon Doa Restu

Keduanya, dipertemukan kembali saat dewasa oleh orangtua mereka, yaitu Bu Widi (Cut Mini) yang dikenal ibu Mel serta Bu Ira (Sarah Sechan) ibu dari Satya. Saat Mel dan Satya bertemu kembali, mereka ternyata punya impian untuk menghabiskan masa tua bersama melalui sebuah pernikahan idaman mereka berdua. 

Namun mimpi indah berubah buruk, ketika Widi dan Ira, mulai mengganggu wedding dream dari anak-anaknya. Karena hal inilah, yang membuat Mel ragu akan pernikahan tersebut, apalagi saat ia mendapat cukup banyak tekanan kanan kiri dari sang ibu. 

Syifa Hadju perankan sosok Mel

Dok. POPBELA.COM / Nindi Widya Wati

Ketika wawancara eksklusif bersama Popbela kemarin, Syifa Hadju sempat mengungkap karakter dari seorang Mel.

"Kalau aku (Mel) di sini karakternya enggak yang membantah setiap saat, jadi lebih banyak mendengarkan," pungkas Syifa Hadju sembari membayangkan kembali perannya sebagai anak semata wayang Bu Widi. 

Syifa Hadju kali pertama beradu akting dengan Cut Mini

Dok. POPBELA.COM / Nindi Widya Wati

Saat mendapat tawaran berperan sebagai Mel, dara berumur 23 tahun itu mengaku tak perlu berpikir panjang untuk mengiyakan. Lantaran, pembuatan film ini didukung dengan kehadiran Cut Mini dan Sarah Sechan, sebagai sosok aktris yang sangat ia kagumi. 

"Pas dengar nama Cut Mini dan Sarah Sechan, udah langsung mau tanpa harus baca scriptnya. Aku udah yakin duluan, bahkan terserah lah aku jadi apa aja. Mereka jadi pertimbangan besar buat aku sih, karena ini juga kan pertama kalinya aku bermain dengan Ibu Cut dan Mami Sarah," cerita dengan penuh excited perempuan kelahiran 13 Juli 2000 itu.

Dok. Mohon Doa Restu

Lalu, ada Jefri Nichol yang tak perlu diragukan lagi keterampilan aktingnya, serta sosok Pak Ocay yang dinilai Syifa Hadju sangat memukau di setiap penggarapan filmnya.

"Kalau sama Nichol aku udah pernah sebelumnya, walaupun porsinya enggak sebanyak sekarang. Terus ngerasa nyaman juga di-direct sama Pak Ocay, hasilnya memuaskan, ceritanya seru, dan relatable," sambungnya. 

Kedekatan karakter Mel dan Bu Widi hingga di dunia nyata

Dok. POPBELA.COM / Nindi Widya Wati

Menyambung cerita Syifa Hadju yang merasa senang dengan arahan Pak Ocay, ternyata kemistri yang ia jalin dengan Cut Mini sebagai anak dan ibu terjalin sangat bagus. Bahkan, kedekatan dan rasa klik sudah mulai terasa mulai dari pertama kali proses reading

Meskipun, awalnya sempat ada perasaan canggung hingga deg-degan, karena ini menjadi kali pertama adu akting Syifa Hadju dengan Cut Mini. Betul memang kalau tanpa dijalani siapa yang tahu, ternyata kedekatan seperti ibu dan anak terbawa sampai dunia nyata. 

Dok. Mohon Doa Restu

Sosok yang kerap disapa Cipa itu mengaku berat badannya sempat naik beberapa kilo. Alasannya, karena ia mendapat banyak asupan makanan dari Cut Mini ataupun Sarah Sechan saat di lokasi syuting. 

"Mungkin canggungnya waktu pertama kali bertemu di proses reading, sempat ngerasa deg-degan. Tapi, karena ibunya welcome sama aku, berasa kayak anaknya beneran," jawab Syifa sembari berkelakar. 

Hubungan ibu dan anak perempuan lebih complicated

Dok. POPBELA.COM / Nindi Widya Wati

Karakter antara ibu dan anak yang dibawa Mel dan Bu Widi, diakui Syifa Hadju cukup membawa banyak pesan untuk ia dan ibunya yang telah menemani ia berkarier di dunia entertainment hingga 9 tahun ini. Termasuk, kalau membahas soal mengetahui cara ia sebagai anak menyampaikan pikiran yang tidak sejalan dengan orangtua.

"Ngebahas cara menyampaikan pikiran yang enggak sejalan sama orangtua, masih menjadi PR buat aku dan ibu sih sampai sekarang. Maksudnya, menurut aku hubungan antara ibu dengan anak perempuan akan selalu lebih complicated, dibandingin ibu dengan anak laki-laki," tandas perempuan kelahiran Jakarta itu. 

Nurut dengan permintaan orangtua selagi itu benar

Dok. POPBELA.COM / Nindi Widya Wati

Perempuan yang tengah menempuh pendidikan S1 Hubungan Internasional ini menuturkan, karena ibu dan anak perempuan sama-sama sensitif perasaannya. Sehingga jika berkaca dari karakter Mel, mungkin saat ada permasalahan harus bisa saling mengalah. 

Persoalan tersebut, kerap menjadi tanda tanya besar bagi Syifa. Karena, mau sebaik-baik apapun keadaannya, pasti bakal selalu ada perbedaan pendapat antara orangtua dan anak. 

Dok. POPBELA.COM / Nindi Widya Wati

"Kalau aku pribadi, selama yang ibu omongin itu benar seratus persen, pasti aku enggak akan mengganggu gugat itu. Tapi, kadang ada opini personalku yang aku tambahkan gitu," tutup Syifa Hadju sekaligus mengakhiri wawancara bersama Popbela kemarin siang. 

Kalau kamu tertarik untuk menyimak kisah orangtua dan anak yang penuh aksi kocak namun banyak pula mengandung bawang di film Mohon Doa Restu, maka sudah bisa menyaksikannya di bioskop kesayanganmu, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration