Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Cara Kreatif Manfaatkan Sisa Ubin, Tertarik Membuatnya?

Ada lukisan sampai guci yang terbuat dari limbah ubin

Nindi Widya Wati

Sisa ubin biasanya jadi limbah usai pembangunan suatu rumah. Padahal sebenarnya sisa ubin dapat dimanfaatkan dengan baik, salah satunya untuk menghias perabot rumah. Apalagi, ketika kamu memiliki ubin dengan warna dan motif yang menarik. 

Ubin sendiri bersifat mudah dibersihkan, maka tak heran kalau ubin digunakan untuk area kamar mandi ataupun backsplash dapur. Nah, agar sisa pemasangan ubin pada lantai atau dinding tak terbuang begitu saja, berikut Popbela telah merangkum 12 cara kreatif untuk memanfaatkan sisa ubin. 

1. Bingkai cermin kamar mandi bisa jadi cara kreatif dalam memanfaatkan sisa ubin, kamu tinggal menggunakan warna ubin yang senada dengan lantai agar memberi tampilan lebih kohesif.

Dok. charlestoncrafted.com

2. Pot bunga bakal tampil lebih menarik dengan hiasan ubin, kalau ingin memilih ukuran lebih kecil bisa memecah ubin dengan palu, lalu tempelkan pada pot bunga.

Dok. cutoutandkeep.net

3. Meja juga termasuk perabot rumah yang bisa dihias dengan sisa ubin, apalagi bagi kamu yang ingin hemat biaya dengan mengubah perabot lama jadi karya seni modern dan unik.

Instagram.com/stork_club

4. Tatakan gelas berbentuk persegi juga dapat dibuat dengan sisa ubin, agar terhindar dari goresan kamu dapat menambahkan bantalan karet di bagian belakangnya.

Dok. cutoutandkeep.net

5. Talenan dari ubin kiranya dapat dengan mudah dibuat, apalagi kalau kamu punya ubin berukuran besar dan jangan lupa beri bantalan karet di belakangnya. Talenan ubin terbilang mudah untuk dibersihkan.

Dok. unsplash.com/Dennis Klein

6. Kaki lampu meja turut jadi barang yang bisa dihias dengan sisa ubin. Terlebih, saat kamu memiliki warna lampu indah yang akan muncul dari pantulan cahaya ubin.

Dok.accidentallymj.com

7. Inilah cara supaya rumahmu terlihat tampil beda dari rumah tetangga, yaitu cukup membuat nomor rumah mosaik yang dihias dengan ubin sisa.

Dok. diamondtechcrafts.com

8. Headboard ranjang dengan sisa ubin dapat menjadi cara lain agar kamarmu terlihat berbeda.

Dok. diyprojects.com

9. Pajangan dinding termasuk ide paling mudah dalam memanfaatkan sisa ubin, apalagi kalau kamu memiliki ubin berwarna yang nantinya bisa ditempel ke dinding berwarna netral.

Dok. gvega.com

10. Guci dari pecahan ubin jadi salah satu kerajinan yang bisa membantu membuat rumah tampak semakin indah dan juga unik.

Dok. Internet

11. Lukisan dari pecahan ubin bernilai seni dan cukup menjanjikan sebagai ide bisnis. Terlebih kalau kamu mempunyai kemampuan melukis, sehingga bisa menyusun berbagai warna agar terlihat padu.

Dok. Internet

12. Kotak tisu bernilai jual tinggi saat disulap dengan hiasan ubin yang memiliki warna atau motif menarik, maka tak heran kalau di pasaran terjual dengan harga cukup mahal.

Dok. Internet

Itulah, 12 cara kreatif memanfaatkan sisa ubin yang dapat jadi hiasan perabot rumah. Adakah ide kreatif lain yang kamu ketahui?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration