Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Inspirasi Partisi Ruangan Anti Sempit & Tetap Estetik

Ada pilihan partisi multifungsi

Nindi Widya Wati

Partisi ruangan kini menjadi pilihan solusi dekoratif, apalagi jika kamu ingin memberi sekat pada rumah. Peletakan partisi kiranya dapat membuat rumah meski dengan desain minimalis pun bisa terlihat luas dan lapang, serta ruangan lebih multifungsi. 

Banyak orang menggunakan partisi ruangan, karena pemasangannya yang tidak harus permanen. Sehingga, ketika sewaktu-waktu ada acara keluarga atau acara yang membutuhkan ruangan luas, partisi bisa dipindah tempat.

Nah, kira-kira bagaimana pemilihan partisi yang cocok untuk melengkapi rumahmu? Simak dalam artikel berikut, yuk, Bela!  

1. Partisi kayu model geometris dapat berfungsi sebagai pembagi dua ruangan yang efektif. Kelebihan lain partisi kayu geometris, meski kedua ruangan punya desain dan konsep berbeda, namun gaya interior akan terkesan lebih kuat.

Dok. Internet

2. Model partisi yang dapat memberi kesan mewah adalah partisi sliding glass. Jika ingin tak terlalu terbuka, kamu bisa memilih material kaca yang tidak seratus persen tembus pandang. Tersedia pula pilihan lain, seperti model pintu geser (sliding door) yang mudah untuk dibuka atau ditutup.

Dok. Internet

3. Peletakan rak buku sebagai partisi adalah pemanfaatan barang yang sangat baik. Lantaran, dapat berfungsi menjadi pembatas ruangan dan sebagai tempat penyimpanan. Selain rak buku, mebel serupa yang dapat kamu gunakan adalah lemari terbuka atau meja bar.

Dok. Internet

4. Apabila rumah mengusung konsep desain interior tradisional, maka partisi dari bahan kayu rotan dapat menambah kesan lawas. Bahan yang dipilih dapat berupa perpaduan antara kayu meranti dan rotan, agar memiliki kualitas premium dan tidak mudah keropos.

Dok. Internet

5. Ide partisi yang bisa menambah keindahan rumah adalah model vas bunga. Pembatas ruangan ini cocok untuk hunian minimalis, karena modelnya yang tidak sepenuhnya menutup ruangan sehingga ruangan tak terlihat sempit.

Dok. Internet

6. Kisi-kisi kayu selalu jadi primadona dari partisi ruangan, lantaran bentuknya paling netral di segala jenis desain interior. Partisi dengan material kayu dapat memberi kesan rumah yang alami, modern, dan sederhana namun tetap estetik.

Dok. Internet

7. Pilihan partisi ruangan jika ingin terkesan modern dan minimalis adalah menggunakan pembatas jenis gantung. Selain menawarkan harga terjangkau, partisi jenis ini punya ukiran yang dirancang untuk pencahayaan maksimal.

Dok. Internet

8. Rumah klasik atau vintage akan cocok jika memiliki partisi berbentuk salvaged window. Pemasangan partisi ini bisa dipasang dengan cara digantung (seperti di gambar) atau menjadikannya sebagai pintu geser.

Dok. Internet

9. Lukisan besar bisa pula menjadi opsi pembatas ruangan. Peletakannya, dapat dipasang menggantung pada bagian langit-langit rumah, namun ingat harus memperhatikan kekokohan pengait, ya.

Dok. Internet

10. Tali tambang atau tali rami besar bisa menjadi material partisi yang menarik, apalagi jika kamu ingin memiliki pemisah antara ruang keluarga dan ruang makan. Partisi tali, bisa dibentuk dan disusun dalam frame kayu besar agar menjadi pembatas ruang.

Dok. Internet

11. Kamu gemar membuat sendiri pelengkap desain rumah? Maka, kamu bisa membuat sendiri partisi ruangan dengan DIY sliding barn door. Bahan yang diperlukan adalah kayu, penyangga dan rel besi, lem, pengait, dan cat. Nantinya, partisi ini cocok sebagai pemisah ruang tidur dan ruangan wardrobe.

Dok. Internet

Itulah, 11 rekomendasi partisi yang cocok untuk melengkapi ruang rumahmu, Bela! Kalau kamu lebih menyukai yang mana? Tulis lewat kolom komentar, ya

IDN Media Channels

Latest from Inspiration