Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Banyak yang Tahu, 10 Aktris Bollywood ini Memeluk Agama Islam

Mereka terbuka dengan keyakinan yang mereka anut

Niken Ari Prayitno

Di India, Islam menempati urutan kedua sebagai agama yang paling banyak dianut. Yakni sebesar 14,2% dari populasi penduduknya setelah agama Hindu (79,8%). Sama seperti di Indonesia, keyakinan yang dianut bukanlah masalah besar untuk meniti karier di dunia hiburan. Seperti deretan aktris Bollywood berikut ini, Bela. Tak banyak yang tahu jika mereka menganut agama Islam. Siapa saja?

1. Katrina Kaif

Bizasialive.com

Pemilik nama asli Katrina Turquotte ini lahir dari keluarga muslim yang membuatnya juga memeluk kepercayaan tersebut. Katrina mengubah namanya menjadi Katrina Kaif sebagai nama panggungnya, atas saran dari Salman Khan yang kemudian memperkenalkannya ke dunia hiburan Bollywood.

2. Sara Ali Khan

News18.com

Lahir dari keluarga Pataudi, Sara Ali Khan merupakan anak dari aktor Saif Ali Khan dan Amrita Singh yang memeluk agama Islam. Lahir di tanggal 12 Agustus 1995, Sara memulai kariernya di dunia akting setelah lulus dari Columbia University dan memulai debutnya sebagai pemeran utama di tahun 2018. Kini, Sara menjadi salah satu aktris yang diperhitungkan di India dan namanya masuk ke dalam daftar Forbes India's Celebrity 100 2019.

3. Huma Qureshi

Dok. Internet

Bagi penggemar film Bollywood tentu sudah tak asing lagi dengan Huma Qureshi. Perempuan kelahiran 28 Juli 1986 ini dikenal sebagai aktris yang cukup berani memerankan adegan panas dalam film. Melihat latar belakang keluarganya, Huma ternyata menganut agama Islam. Adik laki-lakinya, Shakib Salim yang juga seorang aktor, diketahui memeluk agama yang sama.

4. Sana Khan

Dok. Internet

Sana Khan memulai kariernya di dunia hiburan pada tahun 2005 lewat film Yehi Hai High Society. Sejak saat itu, namanya terus bersinar karena begitu banyak judul film yang dibintanginya. Salah satu filmnya yang paling sukses adalah Jai Ho yang rilis di tahun 2014.

Namun, di tahun 2020, Sana Khan mengumumkan pensiun dari dunia hiburan. Ia hijrah dan memilih menjadi mualaf. Sejak saat itu, ia memutuskan untuk fokus pada kegiatan kemanusiaan.

5. Zarine Khan

Bollywoodhungama.com

Sama seperti Katrina Kaif, bakat akting Zarine Khan ditemukan oleh Salman Khan. Melalui Salman, Zarine mendapatkan kesempatan lebih luas untuk berkarier di dunia akting ini. Padahal, sebelumnya aktris beragama Islam ini tak pernah terpikirkan sedikit pun untuk terjun ke dunia hiburan. Perempuan kelahiran 14 Mei 1984 ini pernah bercita-cita menjadi seorang dokter.

6. Alia Bhatt

Dok. Internet

Tahun ini film terbaru dari Alia Bhatt, Gangubai Kathiawadi rilis dan mendapat sambutan positif dari para penikmat film Bollywood. Sejak debutnya di tahun 2012, Alia memang langsung mencuri perhatian. Bahkan, saking suksesnya, aktris kelahiran 15 Maret 1993 ini sempat dinobatkan sebagai aktris dengan bayaran tertinggi di tahun 2019.

Sedikit mengulik kehidupan pribadinya, Alia lahir dari keluarga Muslim. Ayahnya, Mahesh Bhatt merupakan seorang Muslim Gujarat yang taat. Sampai saat ini, Alia masih memeluk agama Islam dan menjalani semua kewajibannya.

7. Malaika Arora

TimesofIndia.com

Di tahun 1998, Malaika Arora langsung menarik perhatian publik karena tariannya dalam video klip "Chaiyya Chaiyya". Sejak saat itu, kariernya sebagai penari langsung melesat. Pada tahun 2008, atau sepuluh tahun sejak pertama kali muncul di publik, Malaika memulai debutnya sebagai aktris dalam film EMI.

Soal kehidupan pribadinya, Malaika diketahui menjadi mualaf pada tahun 1998 dan menikah dengan Arbaaz Khan. Sayangnya, pernikahan mereka tak bertahan lama. Malaika dan Arbaaz resmi bercerai pada tahun 2017.

8. Manyata Dutt

Dok. Internet

Tak banyak yang tahu jika Manyata Dutt, istri dari Sanjay Dutt beragama Islam. Sebab, diketahui, Sanjay menganut agaman Shiva Hindu, sehingga keduanya menjalani pernikahan beda agama. Nama asli Manyata adalah Dilnawaz Sheikh. Ia mengubah namanya menjadi Manyata Dutt setelah menikah dengan Sanjay, tapi ia tidak mengubah keyakinanya.

9. Ayesha Takia

Instagram.com/Ayeshatakia

Ayesha Takia lahir dari keluarga yang memeluk agama Hindu. Sejak debutnya ke dunia seni peran di tahun 2004, nama Ayesha langsung melesat dan menjadi salah satu aktris tersibuk saat itu.

Di tahun 2009, ia menikah dengan seorang pemilik restoran bernama Farhan Azmi yang beragama Islam. Ayesha pun menikah dengan Farhan, kemudian ia menjadi mualaf.

10. Ratna Pathak Shah

Femina.in

Terakhir, aktris Bollywood yang beragama Islam adalah Ratna Pathak Shah. Artis senior ini terkenal lewat serialnya yang paling populer Idhar Udhar yang telah tayang di seluruh dunia. Pada tahun 1982, Ratna memutuskan menikah dengan Naseeruddin Shah yang memeluk agama Islam, seperti agama yang dianutnya.

Itulah tadi daftar aktris India yang beragama Islam. Ada lagi yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration