Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain America Chavez, ini 7 Superhero Marvel dengan Orientasi LGBTQ+

Siapa saja mereka dan apakah ada superhero favorit kamu?

Niken Ari Prayitno

Dalam film Marvel Cinematic Universe (MCU) terbaru, Doctor Strange in the Multiverse of Madness, karakter superhero baru yang diperankan oleh Xochitl Gomez, America Chavez mendapat perhatian warganet. Sebab, selain karena menjadi debutnya di MCU, America Chavez digambarkan sebagai superhero dengan orientasi seksual lesbian. Hal ini tentu menimbulkan pro dan kontra di kalangan penonton.

Namun, sebelum America Chavez, ternyata Marvel sudah pernah menampilkan karakter lain dengan orientasi seksual LGBTQ+ dalam film-film mereka. Siapa saja mereka dan di film apa kita bisa menyaksikan aksinya? Simak daftarnya berikut ini.

1. America Chavez

Dok. Marvel

Kemunculan America Chavez dalam film terbaru MCU langsung menarik perhatian. Terutama saat orientasinya terungkap. Dalam komiknya, America Chavez (Xochitl Gomez) digambarkan sebagai superhero biseksual yang memiliki kekuatan bisa mengunjungi multiverse lain hanya melalui tangannya. Bukan hanya dirinya, orang tuanya pun digambarkan sebagai sepasang lesbian yang kemudian hilang terpental ke universe lain, karena ketidakmampuan America Chavez untuk mengontrol kekuatannya.

2. Okoye

Vanityfair.com

Meski dalam film Black Panther Okoye (Danai Gurira) dikisahkan memiliki hubungan spesial dengan W'Kabi (Daniel Kaluuya). Sebenarnya ia memiliki orientasi seksual biseksual. Sebab, dalam sebuah adegan dari film yang kemudian dipotong karena tak lulus sensor, digambarkan pula bahwa ia dan prajurit Wakanda lainnya, Ayo (Florence Kasumba) terlihat saling menggoda. Namun, akhirnya adegan ini dipotong dan hanya menampilkan hubungan Okoye dengan W'Kabi.

3. Captain Marvel

Dok. Marvel

Kemunculan Captain Marvel (Brie Larson) sangat ditunggu para penggemar MCU. Kehadirannya juga menambah meriah deretan superhero yang telah diperkenalkan Marvel. Selain karena dianggap sebagai superhero terkuat yang menjaga alam semesta, hal lain yang membuat Captain Marvel banyak dibicarakan adalah orientasi seksualnya. Captain Marvel digambarkan sebagai seorang queer yang memiliki hubungan spesial dengan Maria Rambeau (Lashana Lynch). Tapi, banyak yang beranggapan hubungan mereka sebatas sahabat dekat dan tidak sampai ke hubungan yang romantis.

4. Mystique

Dok. Internet

Mystique (Jennifer Lawrence) digambarkan sebagai superhero dengan orientasi biseksual. Meski dalam versi film tidak pernah diperlihatkan hal tersebut, dalam komik semuanya tergambar jelas. Dalam komik yang rilis pada 1981, Mystique dikisahkan tertarik dengan Charles Xavier atau Magneto. Dalam kisah lainnya, ia memanggil Destiny dengan sebutan 'leman' yang berarti 'kekasih' dalam istilah kuno. Istilah ini digunakan untuk menyamarkan orientasi biseksual Mystique yang saat itu masih dianggap tabu.

5. Iceman

Screenrant.com

Kemunculan Iceman sebagai salah satu pendiri X-Men yang muncul di komik pertama Stan Lee dan Jack Kirby pada tahun 1963 langsung menarik perhatian. Bahkan, karakter ini juga menjadi yang paling ditunggu di film live action X2 yang rilis di tahun 2003 dan Iceman diperankan oleh Shawn Ashmore. Lalu, 12 tahun berselang sejak film pertamanya, secara terbuka Iceman digambarkan memiliki orientasi seksual gay dalam komik X-Man Anole.

6. Loki

Marvel.com

Dalam komiknya, Loki (Tom Hiddleston) terinspirasi dari mitologi Nordik yang dapat berubah bentuk menjadi makhluk apapun, termasuk hewan. Karena karakternya ini, Loki memiliki orientasi seksual genderfluid dan/atau panseksual. Dengan kata lain, Loki menjadi karakter Marvel pertama yang memiliki orientasi seksual genderfluid dan/atau panseksual.

7. Phastos

Dok. Internet

Sebelum penayangannya pada 10 November 2021 lalu, The Eternals sempat mendapat peringatan keras dari Arab Saudi, Kuwait dan Qatar karena akan menampilkan tokoh superhero gay pertama mereka, Phastos (Brian Tyree). Namun, adegan-adegan yang menampilkan kegiatan seksual pasangan gay versi Indonesia telah dipotong. Sehingga, film tersebut dapat tayang di bioskop Indonesia.

8. Valkyrie

Dok. Internet

Sejak film Thor: Ragnarok rilis di tahun 2017, karakter Valkyrie (Tessa Thompson) membuat sejarah dengan menampilkan hubungan yang aneh karena orientasi seksualnya yang mulai terkuak. Dalam komiknya, Valkyrie memang digambarkan sebagai seorang biseksual. Namun, identitasnya ini hanya diperlihatkan secara eksplisit dalam Thor: Ragnarok. Kabarnya, Valkyrie akan semakin terbuka dalam film terbaru Thor: Love and Thunder yang akan rilis di tahun ini.

Itulah tadi daftar superhero Marvel dengan orientasi seksual LGBTQ+. Adakah dari daftar ini yang menjadi favorit kamu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration