Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Review: Spek Gahar realme 10 Pro+ 5G untuk Segala Aktivitas Digital

Awal tahun saatnya ganti smartphone baru

Niken Ari Prayitno

Dari semua brand smartphone yang ada di pasar Indonesia, realme sepertinya menjadi yang paling gercep merilis seri terbaru mereka. Belum genap dua minggu 2023 berjalan, realme telah siap meluncurkan seri premium terbarunya, realme 10 Pro+ 5G. 

Jika diperhatikan lebih saksama, desain dari realme 10 Pro+ 5G ini memang terlihat begitu sederhana, namun tetap elegan. Tapi, jangan terkecoh dengan visualnya yang simple, Bela. Di balik smartphone ini tersimpan spek gahar yang tentu bisa memenuhi semua kebutuhan aktivitas digital kamu.

Beruntung, Popbela berkesempatan untuk mencoba realme 10 Pro+ 5G ini. Penasaran? Berikut review-nya yang bisa menjadi pertimbanganmu untuk membelinya. Baca artikel ini sampai habis, ya!

Layar melengkung setara flagship pertama di kelasnya

Popbela.com/Niken Ari

Dibandingkan dengan smartphone realme sebelumnya, realme 10 Pro+ 5G menjadi smartphone dengan layar melengkung setara flagship pertama di kelasnya. Hal ini langsung menarik perhatian Popbela karena layar lengkung ini tak hanya membuatnya terlihat lebih premium, tapi juga lebih elegan.

Jika kamu menyukai ponsel yang ringan dan tipis, realme 10 Pro+ 5G bisa menjadi rekomendasi. Sebab, ponsel ini memiliki bezel (bingkai pada layar smartphone) samping tipis 1,41mm, dan bezel bawah 2,33mm, dikombinasikan dengan desain melengkung super simetris di sisi depan dan belakang, memberikan pengalaman bezel-less yang nyaman digenggam.

Namun, hati-hati, ya, Bela. Jika kamu tidak terbiasa menggunakan ponsel yang tipis dan ringan, kamu sedikit membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Berdasarkan pengalaman Popbela, permukaan smartphone yang begitu halus dan bezel yang tipis bisa membuat ponsel mudah tergelincir dari tangan. Terlebih jika kamu mengoperasikannya hanya dengan satu tangan. Tapi, hal ini bisa disiasati, kok. Kamu bisa menggunakan casing tambahan yang selain bisa melindungi, juga bisa mengantisipasi slip saat ponsel digenggam.

Layar yang mudah beradaptasi dengan cahaya sekitar dan lebih imersif

Popbela.com/Niken Ari

Pada smartphone biasa jika digunakan di bawah sinar matahari yang terik, maka layar akan berubah otomatis mengikuti banyaknya cahaya yang ada. Namun, tidak semua ponsel dapat memberikan kecerahan maksimal saat berada di bawah cahaya yang terik. Hal ini tentu mengganggu aktivitasmu jika itu mengharuskan kamu menggunakan ponsel, bukan?

realme 10 Pro+ menjawab permasalahan tersebut. Saat keadaan gelap (dengan kecerahan di bawah 90 nits) di mana DC dimming (pengontrol kecerahan layar) tidak dapat bekerja, realme 10 Pro+ 5G akan otomatis berpindah ke mode 2160Hz PWM Dimming untuk mempertahankan akurasi warna dan kenyamanan pada mata pengguna. Efisiensi dimming meningkat hingga 4,5 kali dibanding 480Hz PWM konvensional pada kebanyakan smartphone.

Sehingga, dalam keadaan yang sangat cerah sekali pun, kamu tetap bisa melihat layar dengan begitu jelas dan bahkan tidak menggelap. Jadi, dengan segala aktivitas di luar ruang yang begitu sibuk, kamu tetap bisa melihat ponsel dengan nyaman.

Popbela.com/Niken Ari

Untuk kamu yang suka bermain game online di smartphone, realme juga sudah membekali realme 10 Pro+ 5G dengan layar yang lebih imersif. Algoritma X-touch Anti-mistouch pada realme 10 Pro+ 5G meningkatkan area anti-mistouch, hingga 20%, dan telah dioptimisasi secara cerdas untuk mengurangi mistouch pada layar.

Dengan 20% lebih besar anti-touch, memungkinkan kamu untuk menekan layar sesuai posisinya, sehingga mengurangi kesalahan sentuh. Semakin sedikit kesalahan dalam menyentuh layar, maka semakin sedikit pula risiko kamu untuk salah langkah saat bermain. Permainan menjadi lebih smooth dengan layar yang lebih imersif.

Jika kamu memiliki intensitas yang tinggi saat menggunakan smartphone, kamu tak perlu takut akan kerusakan atau goresan yang membuat ponsel ini cepat rusak. Sebab, realme 10 Pro+ 5G didukung dengan 0.65mm double-reinforced glass, yang meningkatkan kekuatan smartphone saat terkena benturan. realme 10 Pro+ 5G telah melewati drop test 1m dan 28.000 kali micro-drop test, sehingga kamu tidak perlu khawatir terhadap daya tahan layer lengkung pada smartphone ini. 

Dijamin, ponselmu nggak mudah baret atau retak jika terlalu sering digunakan atau terjatuh. Serta, smartphone kamu juga masih aman walau layarnya cukup sering terkena air.

Desain elegan dengan finishing anti-baret dan anti-sidik jari

Popbela.com/Niken Ari

Tentu kita paling malas kalau ada sidik jadi atau minyak menempel di bagian belakang ponsel, bukan? Hal ini tentu membuat hasil foto menjadi kurang estetik jika kita sedang melakukan mirror-selfieBut, worry no more, Bela!

Casing realme 10 Pro+ 5G menggunakan finishing yang membuatnya terlihat begitu berkilau, sekaligus anti-sidik jari dan anti-baret. Kamu nggak perlu khawatir lagi untuk memegang ponsel meski tangan sedang berkeringat atau terkena minyak karena kotorran tersebut tak akan menempel di ponsel.

Terdapat dua varian warna yang ditawarkan oleh realme 10 Pro+ 5G, yakni Hyperspace dan Dark Matter. Popbela sendiri mendapatkan varian Dark Matter, ponsel berwarna hitam yang akan berkilau mengikuti cahaya yang dipantulkannya.

Desain premium ini juga dikombinasikan dengan dimensi ramping dan ringan, serta baterai besar 5000mAh. Secara keseluruhan, desain ini membuat realme 10 Pro+ 5G sebagai smartphone dengan baterai 5000mAh tertipis yang pernah dirilis di dunia.

Dapur pacu yang besar, membuat ponsel tak mudah nge-lag meski membuka banyak aplikasi

Dok. realme

Berbicara soal realme 10 Pro+ 5G, tak lengkap rasanya jika tidak membahas soal dapur pacunya, alias prosesor. realme 10 Pro+ 5G ditenagai dengan MediaTek Dimensity 920 5G. Proses fabrikasi 6nm yang canggih memberikan performa yang lebih baik. Peningkatan frekuensi CPU main core dari 2,4GHz ke 2.5GHz, meningkatkan performa single-core hingga 4%. Dipadukan dengan GPU Mali-G68 MC4, yang meningkatkan frekuensi GPU, dan performa gaming hingga 9%. Pengguna dapat memotret 35% lebih detail dibanding generasi chip Dimensity sebelumnya.

Hasilnya? Kamu tidak akan menemukan lagging saat menggunakan realme 10 Pro+ 5G meski membuka beberapa aplikasi berat secara bersamaan sekaligus. Bahkan, dengan RAM terbesar di kelasnya, yakni 12GB+12GB Dynamic RAM, dan memori hingga 256GB, kamu bisa membuka 26 aplikasi secara bersamaan. Cocok untuk kamu yang multitasking, nih!

Kamera untuk kebutuhan konten dan street photography

Popbela.com/Niken Ari

This photo was taken using realme 10 Pro+ 5G

Apa artinya ponsel terkini tanpa kamera yang mumpuni? Bisa dibilang, kamera kini menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih ponsel. Bagaimana tidak? Di zaman serba konten seperti saat ini, kamera ponsel memiliki peranan utama. Untuk mengikuti meeting online, membuat konten, hingga mengabadikan momen, semuanya butuh kamera yang mumpuni bukan?

realme 10 Pro+ 5G telah membekali ponsel satu ini dengan bentuk modul kamera klasik twin-lens reflex dikombinasikan dengan proses fabrikasi gambar digital melampaui ruang dan waktu yang memberikan semangat baru bagi penggemar street photography.

Teknologi Nonapixel Plus 9-in-1 Pixel Binning dan mengubah 0,64 nanometer menjadi 1,92 nanometer membuat kamera memasukkan 123% cahaya lebih banyak di ruang gelap. Hasilnya? Foto di ruang minim cahaya sekali pun akan menjadi lebih jernih dan tajam dibandingkan dengan kamera pada pada ponsel di kelasnya.

Untuk pertama kalinya HyperShot Imaging Architecture disematkan pada realme Number Series. Perkembangan komprehensif algoritma AI Photography dan domain RAW meningkatkan keseluruhan performa kamera, seperti imaging speed, kejernihan, dan foto malam hari. Kamu bisa lihat sendiri, Bela, pada foto di atas, bagaimana hasil foto gedung menjadi lebih jernih dan tajam bahkan dari jarak yang cukup jauh sekalipun. 

Popbela.com/Niken Ari

Sebagai jurnalis dengan tingkat mobilitas yang cukup tinggi, Popbela harus bisa bekerja dengan cepat mengabadikan momen saat liputan agar tidak ketinggalan. Hal ini didukung dengan fitur Quickshot Acceleration Engine, yakni kecepatan proses gambar yang superior. Dengan prosesi pararel, pengambilan frame cerdas, dan prediksi pengambilan gambar, realme 10 Pro+ 5G dapat mengambil gambar 108MP hanya dalam 0,6 detik, 5 kali lebih cepat dibanding pendahulunya. Jadi, nggak akan ketinggalan momen lagi, deh!

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur One Take untuk mengambil beberapa objek dalam satu kali pengambilan gambar. Berkat kamera 108MP dan algoritma AI, pengguna mampu mendapatkan banyak foto dalam berbagai perspektif hanya dalam satu kali pengambilan.

Ada pula Mode Street Photography 3.0 dengan Watermark yang dapat merekomendasikan filter paling sesuai berdasarkan lokasi geografis. Hal ini mempersingkat waktu kamu untuk memilih filter dan lebih banyak waktu untuk mengambil foto dengan hasil yang maksimal.

Popbela.com/Niken Ari

Kelebihan realme 10 Pro+ 5G adalah adanya 67W SUPERVOOC Charge yang memungkinkan kamu untuk mengisi daya 50% hanya dalam waktu 17 menit dan 47 menit untuk pengisian penuh. Dengan baterai 5.000mAh, kamu tak perlu khawatir kehabisan daya di tengah kegiatan karena baterai kamu akan awet seharian.

realme 10 Pro+ 5G menjadi ponsel premium di kelasnya dengan Curved Display New Vision, First Flagship-level 120Hz Curved OLED in Price Segment, Flagship & Premium experience.

Dengan semua kelebihan ini, realme 10 Pro+ 5G bisa jadi pertimbangan untuk menemani kamu seharian. Bagaimana menurutmu, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration