Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Review ‘Love Again’: Romcom yang Bikin Jatuh Cinta Lagi

Merasakan jatuh cinta lagi setelah patah hati

Niken Ari Prayitno

Rasanya sudah lama sekali tidak menikmati film romantic-comedy yang bukan hanya bikin senyum-senyum sendiri, tapi juga bikin ketawa lepas. Memang, sih, ada film ber-genre romcom di sepuluh tahun belakangan ini. Namun, sepertinya saya masih terjebak dalam kisah romcom dari film The Proposal, (500) Days of Summer, 50 First Date, atau Lap Year.

Seakan tahu kerinduan penonton akan film romcom, Sony Pictures merilis film romcom yang mirip dengan film yang telah saya sebutkan sebelumnya pada bulan Mei 2023 ini. Love Again judulnya. Filmnya bukan hanya membuat saya terhanyut dalam kisah cinta yang sepertinya tak akan terjadi di dunia nyata, tapi juga membuat saya tertawa rileks sepanjang nonton.

Seperti apa kisah film komedi-romantis dari film ini?

Sinopsis: sulitnya membuka hati pasca ditinggal pergi kekasih

Dok. Sony Pictures

Mira Ray (Priyanka Chopra) punya kehidupan yang sempurna. Karier yang bagus dan pacar yang sangat mencintainya, membuat Mira sangat bahagia menjalani hidup. Namun, dalam satu hari saja, hidupnya berubah drastis. Pacarnya meninggal dunia tepat di depan matanya karena tertabrak mobil. Sejak saat itu, Mira memilih mengurungkan diri dan pekerjaannya sempat ditinggalkan sejenak.

Sementara itu, di sisi lain, Rob Burns (Sam Heughan) seorang jurnalis lifestyle juga sedang mengalami hal yang serupa. Ia ditinggal pergi sang kekasih padahal dua minggu lagi keduanya akan melangsungkan pernikahan. Ia pun mencoba move on meski sulit. Rob merasa hidupnya menderita ditambah lagi atasannya yang selalu menekannya untuk membuat tulisan-tulisan keren untuk surat kabar mereka.

Di tengah keterpurukan, Rob mendapat SMS dari nomor tak dikenal. Pesan-pesan itu seolah tengah bercerita padanya bagaimana menghadapi masa sulit pasca ditinggal kekasih. Siapa sangka, dari SMS itu menuntunnya pada Mira. Apakah mereka bertemu dan saling mengobati hati yang patah?

Alur cerita yang ringan dengan begitu banyak bumbu komedi yang pas

Dok. Sony Pictures

Menonton Love Again selepas pulang kerja menjadi keputusan yang tepat untuk saya. Sebab, alur ceritanya yang ringan dengan begitu banyak bumbu komedi yang nggak berlebihan, membuat saya begitu rileks menikmati setiap adegan demi adegannya. Mulai dari saat adegan Mira berkenalan dengan Rob, Mira dekat dengan Rob, hingga mereka memutuskan bersama.

Bukan cinta yang terburu-buru. Setiap kisah dalam scene-nya dibuat dengan begitu runut dan bikin geregetan. Seolah kita juga diajak untuk ikut jatuh cinta lagi dan memahami makna dari lagu-lagu cinta Celine Dion.

Love Again disutradarai dan naskahnya ditulis oleh Jim Strouse. Film berdurasi 1 jam 44 menit ini sekaligus menjadi ajang comeback-nya setelah ‘istirahat’ selama tujuh tahun. Terakhir, Jim menyutradarai film romcom pada tahun 2016 untuk film The Hollars, dan pada 2017 menyutradarai serial TV romcom berjudul Strangers.

Penampilan spesial Celine Dion dan makna di setiap lagu-lagunya

Dok. Sony Pictures

Saya menyebutkan nama Celine Dion di poin sebelumnya bukan tanpa alasan. Selain menjadi comeback Jim Strouse sebagai sutradara film romcom, Love Again menjadi begitu spesial karena penampilan Celine Dion. Bukan cuma mengisi keseluruhan soundtrack-nya, Celine juga turut berakting menjadi dirinya sendiri dalam film ini.

Tentu kehadiran Celine Dion dalam Love Again dapat mengobati rasa rindu penggemar mengingat dalam beberapa bulan terakhir Celine tengah berjuang melawan penyakit stiff person syndrome (SPS). Penyakit ini menyerang saraf hingga membuatnya kaku dan sulit bergerak. 

Dalam film ini, Celine menyanyikan 5 lagu baru yang menjadi original soundtrack Love Again dan ditambah 6 lagu lamanya yang dibawakan ulang untuk membuat film ini semakin hidup. Saya jamin, tanpa sadar kamu akan ikut sing along saat lagu lama Celine diputar dalam film ini.

Akting para aktor yang terlihat natural dan cameo oleh Nick Jonas

Dok. Sony Pictures

Berbicara soal akting para aktornya, tentu saya tak lupa memberi mereka acungan jempol sebagai apresiasi. Priyanka Chopra dan Sam Heughan sebagai pemeran utama tak cuma piawai membawakan peran sebagai pasangan yang jatuh cinta. Mereka juga berhasil membuat saya gemas dengan tingkah laku mereka bak pasangan yang baru pertama kali merasakan cinta.

Saya pun kagum dengan Sam Heughan yang bisa memerankan sosok Rob Burns yang kikuk. Padahal biasanya, ia selalu mendapat peran-peran menantang dalam film action. Namun di sini, Sam berhasil membuat penonton gemas sekaligus melting dengan sikapnya yang gentle ditambah love language act of service

Begitu pula dengan Priyanka. Mungkin bagi Priyanka, karakter Mira adalah cup of her tea alias ia sudah terbiasa mendapatkan peran tersebut. Sehingga, setiap adegan yang dimainkannya terlihat begitu natural dan mengalir begitu saja. 

Film ini semakin membuat penonton histeris saat Nick Jonas (sang suami Priyanka di kehidupan nyata) muncul sebagai cameo. Meski hanya muncul beberapa menit, Nick memerankan sosok menyebalkan yang membuat Mira trauma main dating app. Padahal di kehidupan nyata, Nick adalah sosok pasangan yang romantis.

Kalau kamu ingin menikmati film yang mengalir begitu saja, membuat geregetan, hingga senyum-senyum sendiri, Love Again cocok masuk ke dalam watchlist kamu minggu ini. Siap jatuh cinta lagi lewat Love Again, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration