Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

17 Ide Dekorasi Rumah 17 Agustus yang Unik Bertema Merah Putih

Rumahmu sudah didekor, belum?

Niken Ari Prayitno

Momen HUT ke-76 RI tinggal menghitung hari. Meski masih diselimuti kekhawatiran akan pandemi Covid-19, euforia HUT RI pun masih bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Salah satunya dengan membuat dekorasi rumah untuk merayakan 17 Agustus. Jika diperhatikan, kamu pasti sudah mulai melihat berbagai dekorasi di sekitar rumah, seperti spanduk dan banner dengan tema merah putih.

Selain pemasangan spanduk, kamu juga bisa melakukan dekorasi yang unik dengan mengusung tema merah putih di area rumah. Meski di rumah saja, mendekorasi dengan pernak pernik bernuansa merah putih tetap bisa menambah suasana HUT RI. 

Jika kamu tertarik melakukan dekorasi rumah untuk menyambut HUT ke-76 RI nanti, berikut beberapa ide dekorasi rumah 17 Agustus yang unik.

1. Kincir angin merah putih

YouTube.com/DJEGOS

Dekorasi pertama yang bisa dibuat bersama anggota keluarga di rumah, yakni kincir angin bernuansa merah putih. Tak hanya digunakan untuk bermain, tetapi kincir angin ini bisa dijadikan dekorasi unik untuk memeriahkan HUT RI. 

Tak perlu beli, kamu dan keluarga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan kertas warna serta lidi untuk pegangan kincir angin tersebut. Lebih hemat, bukan?

2. Vas bunga dari botol bekas

Proflowers.com

Vas bunga satu ini akan berguna sebagai hiasan yang bisa ditempatkan di atas meja tamu. Bedanya, vas bunga yang bisa dibuat dari botol bekas ini kamu sesuaikan dengan tema 17 Agustus yakni bernuansa merah putih.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal memberikan cat warna merah dan putih, serta menambahkan bunga kertas dengan warna serupa ke dalam vas bunga tadi.

Dekorasi unik satu ini tentu akan mempercantik rumah. Tertarik untuk mencobanya?

3. Lampion merah putih

YouTube.com/N2Q VIDEO

Selain bendera merah putih, kamu juga bisa membuat dekorasi unik dengan meletakkan lampion kertas yang bernuansa merah putih.

Saat ini sudah ada banyak tutorial pembuatan lampion kertas di internet yang bisa diikuti. Setelah lampion jadi, kamu bisa menggantungnya pada bagian depan rumah sebagai dekorasi 17 Agustus nanti.

4. DIY gantungan merah putih

Etsy.com

Jika tak sempat membeli gantungan merah putih yang akan dipasang sebagai dekorasi rumah, kamu pun bisa memanfaatkan kain perca dengan warna merah dan putih.

Setelah itu, gunting kain perca sesuai ukuran yang telah ditentukan. Setelah siap, bisa menggantungnya pada benang dan langsung dibentangkan pada spot yang diinginkan. Unik dan tetap Indonesia banget nih, Bela!

5. Gelas merah putih

YouTube.com/DJEGOS

Tak hanya bendera kecil yang banyak menghiasi area sekitar rumah, gelas plastik bernuansa merah putih pun masih menjadi dekorasi unik andalan masyarakat Indonesia untuk menyambut momen HUT RI.

Selain mudah dibuat, gelas merah putih ini juga membuat suasana spesial di 17 Agustus menjadi lebih meriah. 

6. Ketupat merah putih

YouTube.com/Khotibul Umam

Tak melulu identik dengan perayaan Idul Fitri, hiasan ketupat juga bisa kamu dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah menyambut HUT RI pada 17 Agustus nanti. Sesuai dengan namanya, ketupat merah putih ini nantinya dibuat dari tali atau pita berwarna merah putih.

Setelah pembuatan selesai, kamu bisa menggantungnya pada spot yang diinginkan. Misalnya saja pada bagian depan pintu rumah untuk memeriahkan momen HUT RI. 

7. Snowflake merah putih

YouTube.com/Melijoe

Snowflake atau kepingan salju yang identik dengan perayaan Natal juga bisa kamu gunakan untuk dekorasi rumah menyambut HUT RI. Snowflake seperti ini juga sudah banyak dipasarkan sebagai dekorasi rumah yang unik dan bisa digunakan saat 17 Agustus.

Itu dia deretan ide dekorasi rumah unik untuk menyambut HUT RI. Bertemakan merah putih, dekorasi di atas bisa jadi pilihan bagi kamu untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus nanti. 

8. Vas serba guna

Plaidonline.com

Hiasan satu ini selain mempercantik ruangan, juga ramah lingkungan. Sebab, kamu hanya perlu memanfaatkan kaleng bekas untuk membuatnya.

Caranya, siapkan kaleng yang sudah dibersihkan dan benang wol berwarna merah-putih. Lilitkan benang wol pada kaleng bekas secara rapi. Jangan lupa dengan merekatkan ujungnya dengan lem agar tak mudah lepas. Voila! Vas serba guna ini bisa kamu letakan di meja makan atau menjadi tempat alat tulis.

9. Boneka kertas merah-putih

Krokotak.com

Dari pada hanya menggantung bendera merah-putih plastik sebagai hiasan, mengapa tak mencoba membuat boneka kertas merah-putih? Cara membuatnya mudah, namun hasilnya tak kalah cantik.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu kertas bekas dan pita dengan masing-masing berwarna merah dan putih. Kemudian, lipat zigzag kertas seperti akan membuat kipas untuk digunakan sebagai badannya. Lalu, tempelkan kertas berbentuk bulat untuk membuat kepalanya. Mudah, kan?

10. Lilin merah-putih

Thehappyhousie.porch.com

Nuansa kemerdekaan juga perlu dihadirkan di meja makan, nih, Bela. Untuk membuat dekorasinya, kamu hanya memerlukan tatakan putih, lilin, dan bunga untuk penghiasnya.

Lalu, tata lilin dengan beragam ukuran di atas tatakan dan hiasi menggunakan bunga-bunga. Pilih warna merah dan putih agar nuansa kemerdekaan tetap terasa, ya.

Psst, kamu bisa menyimpan lilin merah dan putih untuk dekorasi natal nanti. Jadi hemat, ya!

11. Sedotan merah-putih

Thehappyhousie.porch.com

Apakah di tanggal 17 Agustus nanti kamu mengadakan open house? Jika iya, kamu bisa menghias sedotan menggunakan pita untuk disuguhkan di minuman para tamu yang hadir. 

Selain untuk minum, sedotan merah-putih ini juga sangat cocok digunakan sebagai perlengkapan lomba. Bisa sebutkan nggaknih, lomba apa saja yang menggunakan sedotan?

12. Hiasan pom-pom merah-putih

Howaboutorange.blogspot.com

Hiasan pom-pom merah putih juga bisa menjadi dekorasi 17 Agustus yang seru, nih, Bela. Cara membuatnya juga sangat mudah. Kamu hanya memerlukan kertas berwarna merah dan putih, serta benang. Kemudian, kertas tersebut dibentuk kerucut dan disatukan hingga berbentuk bulat. Mudah, kan?

13. Hiasan dari sendok berwarna merah-putih

Fallhomedecor.org

Hiasan dekorasi 17 Agustus selanjutnya adalah memanfaatkan sendok plastik bekas berwarna merah-putih. Cara membuatnya, lepaskan kepala sendok dari gagangnya. Lalu, tata melingkar--atau sesuai dengan kreativitasmu--sendok-sendok tersebut. Jika sudah, kamu bisa memasangnya di dinding atau pintu.

14. Dream catcher merah-putih

Etsy.com

Kalau biasanya dream catcher berwarna putih gading atau earth tone, kamu bisa memodifikasinya dengan warna merah-putih sesuai tema 17 Agustus. Supaya nggak monoton dan hanya juntaian benang, kamu bisa menambahkan bunga sebagai pemanisnya.

15. Dekorasi kupu-kupu merah-putih

Pinterest.com

Apakah di rumahmu memiliki tembok kosong polos? Jika ada, kamu bisa menghiasnya dengan kupu-kupu berwarna merah-putih. Caranya, potong kertas menjadi bentuk kupu-kupu beraneka ukuran. Lalu, susun di dinding hingga berbentuk hati. Cantik dan bisa menjadi spot foto, nih!

16. Dekorasi dinding merah-putih

Pinterest.com

Masih memanfaatkan dinding kosong, selanjutnya, kamu bisa membuat hiasan berbentuk kipas yang melingkar. Buat dalam berbagai ukuran, lalu susun di dinding sesuai dengan kreativitasmu.

17. Botol dan bendera merah-putih

Pinterest.com

Punya banyak botol bekas di rumah? Kamu bisa memanfaatkannya sebagai dekorasi 17 Agustus. Caranya, warnai botol tersebut menggunakan cat akrilik. Lalu, tempelkan masing-masing botol di dinding dan letakan beberapa bendera di dalamnya.

Semoga informasinya bermanfaat dan bisa dicoba di rumah ya, Bela!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman Popmama.com dengan judul "7 Ide Dekorasi Rumah 17 Agustus yang Unik Bertema Merah Putih" ditulis oleh Ninda Anisya

IDN Media Channels

Latest from Inspiration