Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Lega, 10 Cara Mendekorasi Kamar Minimalis Apartemen Studio

Manfaatkan ruangan sebaik-baiknya!

Niken Ari Prayitno

Kamar tidur menjadi salah satu ruangan paling penting di rumah. Sebab, di ruangan inilah kita dapat bebas melakukan apa pun, beristirahat dan mengumpulkan kembali energi untuk beraktivitas di keesokan harinya.

Maka dari itu, sangat wajar jika kita berusaha sedemikian rupa untuk membuat kamar kita menjadi tempat yang nyaman. Dekorasi di beberapa bagian, mengganti perabotan, hingga meletakan barang yang mampu mengembalikan mood menjadi salah satu cara terbaik.

Jika kamu bingung bagaimana mendekorasi ulang kamar minimalismu, terlebih jika kamu memiliki kamar di apartemen studio, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih cat dinding warna cerah

Cukcooland via Housebeautiful.com

Untuk membuat tampilan kamar yang berbeda dari sebelumnya, kamu bisa mencobanya dengan mengubah cat dindingnya. Pilih cat dinding warna cerah karena dapat menghadirkan ilusi ruangan yang lebih luas. 

Jika kamu tidak terlalu menyukai putih, pilihan warna cat dinding lain juga bisa jadi rekomendasi, kok. Misalnya, abu-abu muda, lilac, kuning muda, krem atau biru muda.

2. Jika memungkinkan, pertahankan pencahayaan alami ruangan

Pinterest.com

Selain memilih warna cerah pada dinding, ruangan yang terlihat besar bisa kamu dapatkan dengan mempertahankan pencahayaan alami. Misalnya, jika di kamar minimalismu terdapat jendela, usahakan agar jendela tersebut tidak terhalang perabotan apa pun. Biarkan jendela terbuka bebas. Sebab, selain dapat menerangi ruangan, jendela yang besar juga membuat kamar menjadi lebih bersih karena sirkulasi udaranya yang terjaga.

3. Hias langit-langit untuk mendapatkan tampilan ruangan yang berbeda

Housebeautiful.com/STEPHEN KENT JOHNSON

Kamar dengan ukuran minimalis akan tampak semakin luas dengan hiasan-hiasan pada dinding atau langit-langitnya. Jika kamu takut menghias dinding karena akan membuatnya tampak sempit, kamu bisa menyalurkan ide desainmu pada hiasan langit-langit.

Pilih desain yang simpel dan warnanya masih senada dengan warna cat dinding. Hal ini dimaksudkan supaya lebih serasi dan estetik. Salah satu desain hiasan langit-langit yang bisa kamu pilih adalah stripes. Selain bisa menambah cantik ruangan, stripes juga bisa membuat ruangan terkesan lebih luas.

4. Letakan cermin besar untuk ilusi ruangan yang lebih luas

Houseofturquoise.com

Cara mendekorasi kamar sempit selanjutnya adalah dengan meletakan cermin besar di salah satu sisi ruangan. Cermin ini nantinya bukan hanya berfungsi sebagai benda untuk bercermin, tapi juga bisa menjadi ilusi agar ruangan sempit dapat terlihat lebih luas, serta menjadi hiasan ruangan yang estetik.

5. Pilih furnitur yang multifungsi

Cukcooland via Housebeautiful.com

Trik selanjutnya untuk mendekorasi kamar yang sempit adalah memilih furnitur yang multifungsi. Dengan memilih furnitur seperti ini, kita akan menghemat banyak ruang karena satu perabotan saja dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Misalnya, manfaatkan tempat tidur yang memiliki ruang penyimpanan di bagian bawahnya. Atau sandaran tempat tidur yang juga memiliki rak untuk menyimpan barang-barang kebutuhanmu.

6. Usahakan untuk meletakan furnitur hingga menempel dengan dinding

Cukcooland via Housebeautiful.com

Karena ukuran ruang yang minimalis, usahakan untuk meletakan furnitur hingga menempel pada dinding. Tujuannya, agar bagian tengah ruangan menjadi kosong yang akan memudahkan mobilitas kita di dalam kamar.

7. Manfaatkan rak dinding untuk tambahan ruang penyimpanan

Fantasticfrank.com

Jika kamu membutuhkan tambahan storage untuk menyimpan barang-barangmu yang banyak, kamu bisa memanfaatkan rak dinding untuk menghemat ruang. Buat floating  storage di beberapa sisi dinding untuk mendapatkan ruang penyimpanan tambahan.

Namun, perlu kamu perhatikan, jangan semua sisi dinding kamu isi dengan rak penyimpanan. Sebab, hal ini dapat membuat kamarmu malah terlihat penuh dan sesak. Jadi, biarkan satu dinding kosong agar ruanganmu tetap terlihat sedikit lebih lega.

8. Selalu pilih seprai dan tirai polos agar kamar tidak terlalu ramai

Pascal Chevallier via Elledecor.com

Cara selanjutnya untuk mendekorasi kamar tidur minimalis adalah selalu pilih seprai dan tirai yang polos. Warna polos pada seprai dan tirai akan 'menetralkan' ruang sempitmu. Seprai polos akan membuat ruang minimalismu menjadi lebih lega dan luas.

9. Jangan menggantung lukisan dalam ukuran besar

Fransesco Dolfo via Elledecor.com

Jika kamu menyukai lukisan dan ingin memajangnya di kamar, satu hal yang kamu perlu perhatikan adalah ukurannya. Pilih lukisan dengan ukuran kecil hingga sedang. Jangan memajang lukisan dalam ukuran besar di kamar minimalis karena malah akan membuat kamarmu terkesan sempit dan sesak.

10. Gunakan karpet untuk ilusi pembatas area

Sara Tramp-Ligorria via Thespruce.com

Terakhir, cara mendekorasi kamar sempit pada apartemen studio kamu adalah dengan memanfaatkan karpet sebagai ilusi pembatas area. Misalnya, untuk ruang kerja, kamu bisa menggunakan karpet berwarna kontras untuk membatasi area kerjamu dengan bagian kamar lainnya. Dengan begini, kamu bisa membagi ruangan menjadi beberapa fungsi tanpa harus membuat kamar menjadi lebih sempit.

Itulah tadi cara mendekorasi kamar sempit di apartemen studio. Sesuaikan dekorasi dengan kepribadian, kebutuhan dan budget kamu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration