Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Film Indonesia yang Rilis di Januari 2023, Genre Horor Mendominasi!

Siap-siap nabung dan nonton semuanya, yuk!

Niken Ari Prayitno

Tahun 2022 menjadi titik balik bangkitnya perfilman Indonesia pasca dihantam pandemi. Dalam satu tahun, terdapat 13 film lokal yang berhasil meraup jutaan penonton. Bahkan,  KKN di Desa Penari mencatat sejarah sebagai film paling laris sepanjang masa dengan 9,2 juta penonton selama masa penayangannya.

Ingin terus menghadirkan tontonan yang berkualitas agar bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, bulan Januari 2023 ini sederet film Indonesia siap tayang menemani waktu bersantai kamu. Masih didominasi genre horor, berikut ini deretan film Indonesia yang rilis di Januari 2023. Apa saja?

1. Alena Anak Ratu Iblis

Januari 2023 akan dibuka dengan film horor berjudul Alena Anak Ratu Iblis. Film produksi Arjuna Mega Film ini bercerita tentang sepasang suami istri, Hendra (Temmy Rahadi) dan Maya (Ririn Ekawati) yang menemukan anak terlantar bernama Alena (Ciara Nadine Brosnan). Kehadiran Alena ternyata membawa kebahagiaan bagi Hendra dan Maya. Bisnis Hendra meningkat tajam, dan Maya akhirnya hamil anak mereka yang selama ini telah mereka idam-idamkan.

Namun, itu semua tak berlangsung lama. Sebab, teror demi teror tiba-tiba datang silih berganti yang perlahan merenggut kebahagiaan Hendra dan Maya. Apakah teror ini datang karena Alena? Sebenarnya siapa Alena dan mengapa teror itu bisa terjadi?

Tanggal tayang: 5 Januari 2023

2. Puisi Cinta yang Membunuh

Dari trailernya saja, film besutan sutradara Garin Nugroho ini sudah mempertontonkan adegan gore yang bergidik ngeriPuisi Cinta yang Membunuh, menceritakan seorang perempuan bernama Ranum (Mawar Eva de Jongh) yang mudah terpikat oleh pria lewat kata-kata puitis yang dilontarkannya. Hal inilah yang membuatnya jatuh cinta kepada Hayat (Baskara Mahendra) dan kehidupan percintaan mereka terasa begitu bahagia.

Semuanya berubah ketika Hayat berkhianat dan Ranum bertemu dengan Rendy (Morgan Oey). Ranum terpikat dengan Rendy karena ia memuji kemampuan memasak Ranum. Sama seperti Hayat, Rendy juga meninggal secara tragis karena mengkhianati Ranum. Kenapa pria yang mendekati Ranum selalu berakhir tragis? Siapa yang melakukannya?

Tanggal tayang: 5 Januari 2023

3. Anak Titipan Setan

Bekerja sama dengan Perum Produksi Film Negara (PFN), Jaman Studio siap merilis film terbaru mereka yang berjudul Anak Titipan Setan. Film yang disutradarai oleh Erwin Arnada ini berkisah tentang keluarga Putri (Gisella Anastasia) yang melakukan perjanjian dengan iblis melalui ritual pesugihan Jaran Penoleh.

Putri yang tinggal di luar negeri diminta pulang oleh keluarganya untuk membantu mereka menyelesaikan masalah. Anak laki-laki Putri diminta untuk ikut serta karena diyakini bisa menyelesaikan masalah tersebut. Lantas, apa yang akan dilakukan Putri untuk menghadapi Eyangnya (Ingrid Widjanarko) yang telah terlanjur bersekutu dengan setan?

Tanggal tayang: 12 Januari 2023

4. Hidayah

Mendengar judulnya saja, tentu mengingatkanmu dengan sinetron di awal tahun 2000-an yang berjudul sama, bukan? Yakni tentang azab yang menimpa seseorang jika orang tersebut pernah berbuat zalim semasa hidupnya. Film Hidayah sebenarnya dijadwalkan tayang pada tahun 2022 lalu. Namun, karena beberapa alasan, tanggal perilisannya kemudian mundur ke bulan Januari 2023. 

Hidayah mengikuti kisah seorang mantan narapidana bernama Bahri (Ajil Ditto) yang tobat dan memutuskan pindah ke sebuah desa. Hijrahnya Bahri juga bukan hanya karena ingin memulai hidup yang baru, tapi juga karena diminta oleh sahabatnya, Hasan (Alif Joerg).

Menurut Hasan, Desa Mekarwangi jadi sering mendapat teror gaib karena Ratna (Givina Lukita), sahabat lama Bahri. Melihat keadaan Ratna, Bahri merasa tak tega. Ratna sekarat. Ia masih hidup, tapi seperti mati. Orang kampung setempat percaya apa yang dialami Ratna masih berhubungan dengan masa lalu Bahri. Lantas, apa yang dapat Bahri lakukan untuk mengatasi teror dan tuduhan itu?

Tanggal tayang: 12 Januari 2023

5. Balada Si Roy

Film Balada Si Roy diangkat dari novel legendaris karya Gol A Gong dengan judul yang sama. Sejak pertama kali diterbitkan, novel Balada Si Roy telah banyak dikenal masyarakat Indonesia dan sudah terjual hingga 300.000 eksemplar. 

Balada Si Roy menceritakan kisah Roy (Abidzar Al Ghifari), murid baru pemberontak yang harus beradaptasi dengan kehidupan barunya di kota pesisir kecil bernama Serang. Berbeda dari laki-laki kebanyakan, membuat Roy disukai oleh banyak sekali perempuan di sekolahnya. Tapi hanya Ani (Febby Rastanty), gadis manis yang juga dikejar Dullah (Bio One) sang penguasa sekolah, yang bisa merebut hatinya. Perseteruannya dengan Dullah yang merasa terancam dengan kehadiran Roy, berujung pada kematian Joe.

Sepeninggal Joe, Roy memiliki dua orang sahabat, Andi (Jourdy Pranata) dan Toni (Omara N. Estghlal), yang berkubu dengannya melawan kubu Dullah. Tapi karena suatu musibah, Andi meninggal dunia dan Toni harus pindah ke kota lain untuk berobat. Kembali sendiri tanpa sahabat, Ani menjadi satu-satunya tempat ia berlabuh. Tapi karena ulah Dullah yang membeberkan aib keluarga Roy, orang tua Ani pun melarang hubungan mereka. Roy yang terpuruk, melarikan diri ke balap liar.

Menyerah dan kalah pada keadaan bukanlah pilihan bagi Roy. Ia bertekad untuk bangkit dan berjuang untuk menemukan jawaban atas segala pertanyaannya sendiri. Berpetualang seorang diri menjadi pilihannya.

Tanggal tayang: 19 Januari 2023

6. Bayi Ajaib

Bagi orang tua kita, film Bayi Ajaib terdengar familiar. Sebab, film berjudul sama tersebut pernah tayang di tahun 1982 silam. Tahun 2023 ini, Bayi Ajaib dibuat ulang, namun dengan kisah yang masih sama.

Bayi Ajaib berkisah tentang Kosim (Vino G. Bastian) dan Dorman (Adipati Dolken) yang sama-sama secara tak sengaja menemukan tambang berlian di dekat desa mereka. Alih-alih menjual hasil tambang, Kosim dan Dorman malah bersaing untuk mendapatkan jabatan lurah di kampung tersebut dengan harapan dapat menguasai seluruh tambang.

Dengan hasil tambang yang ada, masing-masing memiliki caranya sendiri untuk menarik perhatian warga setempat. Kosim membagi-bagikan uang agar warga mau memilihnya. Sementara Dorman, memanfaatkan uang dari tambang untuk mencari makam Alberto Dominique, leluhurnya dan meminta bantuan Alberto untuk memenangkan pemilihan lurah itu.

Persaingan yang tak sehat antara Kosim dan Dorman perlahan mendatangkan teror yang penuh petaka. Akankah keduanya sadar bahwa apa yang dilakukannya ini membawa malapetaka bagi kampung tempat tinggal mereka?

Tanggal tayang: 19 Januari 2023

7. Adagium

Adagium hadir di tengah-tengah gempuran film horor yang merajai bioskop bulan Januari ini. Film ini mengangkat kisah cinta segitiga antara Bian (Pangeran Lantang), Alenda (Jihane Almira), dan Arga (Angga Asyafriena). 

Awalnya, Bian, Alenda dan Arga bersahabat dekat. Di tengah kesibukannya masing-masing, tiga sahabat ini masih menyempatkan diri untuk berkumpul seminggu sekali. Tanpa Alenda sadari, diam-diam Bian dan Arga menyimpan perasaan padanya. Masalah muncul ketika ada suatu kejadian yang membuat Alenda marah besar kepada Bian. Masalah apa itu dan apakah mereka bisa menyelesaikannya?

Tanggal tayang: 26 Januari 2023

8. Mangkujiwo 2

Sukses menebar teror di tahun 2020 lalu, Mangkujiwo kembali merilis sekuel keduanya yang berjudul Mangkujiwo 2. Kisah dari film ini dinilai lebih brutal dan sadis dibandikan film sebelumnya.

Mangkujiwo 2 masih akan berkisah tentang perseteruan Brotoseno (Sujiwo Tejo) dengan Tjokro Kusumo (Roy Marten) untuk memperebutkan loji pusaka. Secara misterius, Tjokro Kusumo dikabarkan meninggal dunia. Hal ini membuat Brotoseno semakin yakin bahwa loji pusaka bisa jatuh ke tangannya. 

Nyatanya, hal tersebut tidak semudah bayangannya. Banyak hal harus ia hadapi. Salah satunya dendam Tjokro Kusumo yang masih membara.

Tanggal tayang: 26 Januari 2023

Itulah tadi daftar film Indonesia yang tayang di bioskop bulan Januari 2023 ini. Mana saja yang kamu tunggu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration