Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tradisi April Mop di Berbagai Negara

April Mop nggak selalu di bulan April lho!

Niken Ari Prayitno

Bulan April selalu dibuka dengan pembahasan mengenai April Mop. Siapa mengerjai siapa, memikirkan prank yang akan disebarkan di hari itu, hingga menceritakan pengalaman lucu ketika mereka berhasil mengerjai orang lain selalu terjadi di tanggal 1 April setiap tahunnya.

Sejarah April Mop sebenarnya dimulai di negara Perancis, tepatnya di tahun 1582. Pada tahun tersebut Paus Gregorius XIII mengubah dan menetapkan perayaan tahun baru yang awalnya tanggal 1 April menjadi tanggal 1 Januari. Namun, karena nggak banyak orang yang tahu tentang perubahan tersebut, masih saja ada yang merayakan tahun baru di tanggal 1 April.

Mereka yang merayakan tahun baru di tanggal 1 April akhirnya ditertawakan dan punggungnya ditempeli dengan tulisan “Poisson d’Avril” yang artinya Ikan di Bulan April. Hal tersebut melambangkan bahwa orang tersebut mudah tertipu atau mudah untuk ditipu. Semenjak saat itu, banyak orang merayakan tanggal 1 April sebagai hari untuk mengerjai orang lain, melempar lelucon, atau membuat prank.

Bukan hanya di Perancis sebagai negara yang pertama kali mengenalkan istilah April Mop, namun kini banyak negara juga memilki tradisi April Mop-nya masing-masing. Berikut ini ada tujuh tradisi April Mop di berbagai negara yang harus kamu tahu. Apa saja, ya?

1. Prancis

Unsplash.com/Anthony Delanoix

Setiap tanggal 1 April, Prancis meliburkan semua kegiatan sekolah dan perkantoran. Sesuai dengan tradisi terdahulu, anak-anak di Prancis akan menggambarkan ikan pada selembar kertas kemudian secara diam-diam menempelkan kertas tersebut ke punggung temannya. Siapapun yang ditempeli kertas, siap-siap akan menjadi bahan candaan sepanjang hari.

2. Skotlandia

Unsplash.com/Micheile Henderson

Merayakan April Mop di Skotlandia akan sangat melelahkan. Pasalnya, salah satu lelucon yang paling terkenal di sini adalah mengirimkan surat berantai dari satu orang ke orang lain sampai tanggal 1 April malam. Mereka yang terakhir mendapatkan surat, mau nggak mau harus mengikuti instruksi di dalam surat tersebut yang terkadang instruksinya sangat berbelit dan merepotkan. Perayaan April Mop di Skotlandia terhitung panjang, yakni selama dua hari pada tanggal 1 dan 2 April.

3. Iran

Europarl.europa.eu

April Mop di Iran merupakan hari ke-13 terhitung sejak tahun baru Persia. Perayaan April Mop di Iran sedikit berbeda dibandingkan dengan negara lain. Di Iran, ketika April Mop tiba semua orang bersuka cita menyambutnya. Mereka akan membuat perayaan dengan banyak makanan dan minuman. 

Ketika menyantap makanan, mereka akan menceritakan lelucon, kejadian bodoh, atau apapun yang bisa membuat mereka tertawa. April Mop ditutup dengan membuang sayuran hijau yang diberi nama sabzeh. Hal ini bertujuan untuk membuang sial selama setahun ke depan.

4. Spanyol

Unsplash.com/Henrique Ferreira

Berbeda dengan negara lain, Spanyol merayakan April Mop justru di bulan Desember. Tepatnya tanggal 28 Desember, mereka merayakan Innocent’s Day dimana pada hari tersebut orang-orang boleh mengejek orang lain dan diejek tidak boleh marah. Alasannya, pada Innocent’s Day semua orang yang melempar lelucon tidak bersalah.

5. Portugal

Unsplash.com/Nick Karvounis Ciq

Mundur satu minggu sebelum 1 April, menjadi hari dimana orang-orang Portugal merayakan April Mop. Tepatnya pada hari Minggu dan Senin sebelum perayaan Paskah. Tradisi mereka merayakan April Mop adalah saling melempar tepung satu sama lain.

6. India

Unsplash.com/Aditya Siva

Mau merayakan April Mop dengan cara berbeda? Kamu bisa datang ke India. Pasalnya, perayaan April Mop di sana bertepatan dengan India’s Holi Festival, yakni tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Pada festival tersebut, kita bebas melempar tepung berwarna-warni sambil melempar lelucon. Perayaan ini juga dibuat untuk menyambut musim semi di bulan April.

7. Denmark

Unsplash.com/Nick Karvounis Ciq

Denmark punya dua tanggal untuk merayakan April Mop, yakni pada tanggal 1 April dan 1 Mei atau yang lebih dikenal dengan nama Maj-Kat. Pada tanggal 1 April warga Denmark bisa saling melempar lelucon sampai tertawa puas. Pada bulan Mei lebih pada perayaan musim semi.

8. Yunani

Unsplash.com/James Ting

Berbeda lagi tradisi April Mop di Yunani, nih, Bela. Di negara ini, kamu akan menjadi orang paling beruntung sepanjang tahun jika kamu berhasil menipu seseorang di hari April Mop. Bukan cuma itu, masyarakat Yunani juga percaya, mereka yang berhasil menipu seseorang di April Mop akan bisa mendapatkan panen yang sukses dan mendapat berkah dari hujan. Sebab, konon katanya, hujan yang turun pada April Mop memiliki kemampuan yang menyembuhkan.

Kira-kira menipunya ini merugikan seseorang atau sekadar bercanda, ya?

9. Irlandia

Unsplash.com/Kristel Hayes

Sama seperti negara lainnya, Irlandia juga membebaskan warganya untuk membuat prank di hari April Mop. Namun, ada batas waktunya, Bela. Lelucon April Mop di Irlandia hanya boleh dilakukan dari pagi sampai siang hari saja. Kalau kamu terus membuat lelucon sampai sore, maka kamu akan dianggap bodoh oleh orang-orang sekitar. 

Hal ini mengajarkan kita kalau bercanda itu selalu tahu batasannya, ya, Bela.

10. Russia

Unsplash.com/Michael Parulava

Russia juga merayakan April Mop, nih, Bela. Namun, alih-alih membuat lelucon atau prank, April Mop di Russia justru dimanfaatkan oleh para komedian untuk membuat lebih banyak pertunjukkan komedi agar lebih banyak orang yang tertawa. Biasanya, menjelang April Mop, banyak komedian mengumumkan jadwal pertunjukkan mereka. Sehingga, seharian penuh kamu bisa menikmati pertunjukkan komedi secara nonstop.

Bagaimana Bela, tradisi April Mop mana yang paling membuatmu penasaran?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration