Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Judul Film & Serial Indonesia yang Siap Tayang di BIFF 2023

Bangga banget!

Niken Ari Prayitno

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memfasilitasi delegasi pelaku perfilman Indonesia yang akan ikut serta dalam gelaran Busan International Film Festival (BIFF) 2023 yang berlangsung pada 4-13 Oktober 2023. Fasilitasi ini dilakukan dalam upaya memperkuat ekosistem perfilman Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menjelaskan beberapa tahun terakhir kementeriannya bekerja sama dengan pelaku film Indonesia untuk membangun strategi dan ekosistem yang layak untuk mendukung prestasi dan kehadiran filmmaker dan karya-karya Indonesia di panggung dunia.

“Berbagai upaya fundamental telah kami lakukan untuk meningkatkan kualitas ekosistem perfilman. Misalnya, ada fasilitasi beasiswa non-degree bagi pelaku perfilman; dan Dana Indonesiana yang saya luncurkan sebagai Merdeka Belajar Episode ke-18, kini terbuka untuk dana padanan ko-produksi film internasional,” jelas Mendikbudristek.

Dok. Poplicist

Terkait BIFF 2023 yang memberikan sorotan khusus bagi Indonesia, Menteri Nadiem menyatakan hal tersebut tidak terlepas dari gotong royong antara insan perfilman dan pemerintah.

“Saya dan sejumlah insan perfilman menghadiri langsung pertemuan dengan pihak BIFF di Cannes Film Festival pada bulan Mei 2023 lalu. Program khusus untuk Indonesia pada BIFF 2023, merupakan salah satu hasilnya. Saya ucapkan selamat dan sukses bagi delegasi Indonesia di BIFF 2023,” kata Mendikbudristek.

Di BIFF 2023, ada 15 judul karya sineas Indonesia yang akan ikut berkompetisi dan tayang di program fokus sinema Indonesia Renaissance of Indonesian Cinema. Apa saja film dan serial yang tayang di BIFF 2023 nanti? Simak daftarnya berikut ini.

1. 24 Jam Bersama Gaspar

2. The Rootless Bloom

3. Sara

4. Ali Topan

5. Women from Rote Island

6. Gadis Kretek

7. Basri & Salma in a Never-Ending Comedy

8. Dancing Colors

9. Laut Memanggilku

10. Vania on Lima Street

11. Where The Wild Frangipanis Grow

12. Perempuan Tanah Jahanam

13. Posesif

14. Ziarah

15. What They Don’t Talk About When They Talk About Love

Busan International Film Festival adalah festival internasional tahunan yang merupakan salah satu festival film paling signifikan di Asia. BIFF pertama kali diadakan pada 1996. Penyelenggaraan pada tahun ini adalah penyelenggaraan ke-28. BIFF juga merupakan festival film internasional pertama di Korea. So, kesempatan untuk tampil di festival ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi sineas Indonesia.

Dari deretan film yang akan tayang di BIFF 2023, mana yang sudah pernah kamu tonton, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration