Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Horor Indonesia Hasil Remake Film Jadul, Nggak Kalah Seram!

Sudah nonton yang mana saja, Bela?

Niken Ari Prayitno

Dari semua genre, film horor tampaknya memang memiliki tempat tersendiri bagi penikmat film Indonesia. Tak tanggung-tanggung, 9 dari 15 film paling laris tahun 2022 lalu ditempati oleh film horor. Karena alasan itu pula, rumah produksi pun seolah berlomba membuat film horor berkualitas. Ada yang memang membuat kisah original, ada yang mengangkatnya dari kisah viral di media sosial, hingga membuat ulang film jadul yang populer pada masanya.

Berbicara soal film remake, berikut ini terdapat deretan film jadul yang dibuat ulang pada masa kini. Hasil remake-nya pun tak kalah populer. Apa saja? Simak selengkapnya, yuk!

1. Pengabdi Setan (2017)

Disutradarai Joko Anwar, Pengabdi Setan (2017) menghadirkan cerita yang sama persis seperti film versi tahun 1980 tentang keluarga pengabdi setan. Film horor satu ini berhasil menjadi film terlaris pada tahun 2017 dengan jumlah penonton mencapai 4.206.103. Karena kesuksesannya itu pula, Pengabdi Setan dibuat sekuelnya yang rilis di tahun 2022 dan berhasil mencatatkan jumlah penonton sebanyak 6.315.665 penonton.

2. Jailangkung (2017)

Seolah ingin mengulang kesuksesan mereka, sutradara dan penulis naskah Rizal Mantovani dan Jose Purnomo membuat ulang film mereka sendiri, Jailangkung pada tahun 2017 lalu. Berhasil meraup hingga lebih dari 2,5 juta penonton, film remake dari judul yang sama tahun 2001 ini dibintangi oleh aktor-aktris muda Indonesia, seperti Jefri Nichol, Amanda Rawles, dan Gabriella Quinly.

3. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018)

Disebut-sebut sebagai film remake tersukses, Suzzanna: Bernapas dalam Kubur dibuat ulang pada tahun 2018. Luna Maya yang memerankan Suzzanna pun mendapat banyak pujian karena ia berhasil membawa kembali sosok Suzzanna ke layar lebar dengan tampilan visual yang begitu mirip dengan Suzzanna di masa lalu.

4. The Secret: Suster Ngesot Urban Legend (2018)

Arie Aziz sukses membuat film Suster Ngesot di tahun 2007 silam. Pada tahun 2018, ia bersama produser Raffi Ahmad membuat ulang film tersebut dengan judul The Secret: Suster Ngesot Urban Legend. Meski mendapat rating 3.8/10, film ini diramaikan oleh deretan aktor papan atas. Seperti Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Marshanda, Roy Marten, Tyas Mirasih, dan Kartika Putri.

5. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Ratu Ilmu Hitam sebetulnya merupakan salah satu film horor dari universe Suzzanna yang rilis di tahun 1981. Namun, saat dibuat ulang pada tahun 2019, sutradara Joko Anwar sama sekali tidak menghadirkan sosok Suzzanna dalam filmnya. Meski sang tokoh utama tidak dihadirkan, tapi terornya nggak main-main. Kamu tetap akan merasakan kengerian dan teror yang sama-sama menegangkan.

6. Si Manis Jembatan Ancol (2019)

Saking suksesnya, kisah Si Manis Jembatan Ancol telah dibuat ulang hingga tiga kali dan dibuat versi serial televisinya. Si Manis Jembatan Ancol yang rilis tahun 2019 merupakan  remake dari film berjudul sama yang tayang di tahun 1973. Pada tahun 1994, kisah Si Manis juga sempat dibuat kembali untuk layar lebar dan meraup kesuksesan. Cerita itu pun kemudian dibuat versi serialnya, dengan menghadirkan sosok Diah Permatasari dan Ozy Syahputra.

7. Suzzanna: Malam Jum'at Kliwon (2023)

Masih bersama Luna Maya, salah satu film dari universe Suzzanna dibuat ulang dan rilis pada tahun 2023 ini. Suzzanna: Malam Jum'at Kliwon (2023) merupakan remake dari film berjudul sama yang rilis di tahun 1986. Versi remake-nya pun tak kalah sukses, Bela. Suzzanna: Malam Jum'at Kliwon (2023) mampu meraih lebih dari 2 juta penonton selama masa tayangnya.

8. Bayi Ajaib (2023)

Mengangkat soal ilmu hitam dan persekutuan dengan setan demi mendapatkan kekuasaan, Bayi Ajaib dibuat versi terbarunya dan rilis awal tahun 2023. Film ini dibintangi oleh deretan aktor kawakan, yakni Adipati Dolken dan Vino G. Bastian. Bayi Ajaib merupakan film yang dibuat ulang berdasarkan film berjudul sama yang rilis di tahun 1982.

9. Bangku Kosong: Ujian Akhir (2023)

Menjanjikan kisah yang tak kalah menegangkan, Bangku Kosong: Ujian Akhir (2023) siap tayang di bulan Oktober 2023. Film ini merupakan remake dari film berjudul Hantu Bangku Kosong yang rilis di tahun 2006. Walau sama-sama mengisahkan bangku yang dibiarkan kosong, kedua film ini memiliki alur dan penyebab yang berbeda. Apa perbedaannya? Saksikan film ini yang baru tayang di awal Oktober nanti.

10. Suzzanna: Santet Ilmu Pelebur Nyawa

IMDb.com

Baru saja Suzzanna: Malam Jum'at Kliwon turun layar, rumah produksi Soraya Intercine Films sudah mengumumkan akan membuat film remake terbaru berjudul Suzzanna: Santet Ilmu Pelebur Nyawa. Film ini merupakan remake dari judul serupa yang rilis di tahun 1988. Belum diketahui kapan film ini akan tayang. Tapi yang jelas, film ini akan kembali dibintangi oleh Luna Maya.

Film horor Indonesia hasil remake film jadul ini, hampir semuanya mendulang kesuksesan yang luar biasa. Entah itu dalam hal jumlah penonton yang banyak, hingga prestasi atau penghargaan yang didapatkan. Dari semuanya, mana saja yang sudah kamu tonton, Bela?

Disclaimer: artikel ini ditulis ulang dari artikel yang telah tayang di IDNTimes.com berjudul "10 Film Horor Indonesia Hasil Remake Film Jadul, Ada Bangku Kosong!" ditulis oleh Sandi Nugraha

IDN Media Channels

Latest from Inspiration