Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan di Tahun 2021 Menurut Feng Shui 

Tak cuma cantik tapi juga bawa hoki

Natasha Cecilia Anandita

Feng Shui merupakan sebuah teori tentang menjaga dan memperkuat keseimbangan alam, yang berfokus menciptakan keseimbangan antara elemen alami api, tanah, kayu, air, dan logam. Feng Shui biasanya memberikan peruntungan mulai dari tata letak rumah hingga kamar. 

Kali ini kita akan membahas feng shui tentang tanaman hias sebagai dekorasi rumah, yang diyakini bisa membawa keberuntungan di tahun 2021. Penasaran kan, apa saja tanaman hias yang membawa keberuntungan menurut feng shui 2021? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Bougenville

pinterest.com/idayasmina

Bougenville dipercaya dapat membuat keluarga langgeng, harmonis dan penuh kasih sayang. Bunga yang menawan ini dapat tumbuh hingga 10 meter, lho.

2. Bunga matahari

provenwinners.com

Warnanya yang kuning cerah akan membuat rumahmu semakin berwarna. Bunga matahari yang ditanam di depan rumah dipercaya akan membawa keberuntungan. Bunga ini bukan bunga langka, sehingga kamu dapat dengan mudah menemukannya.

3. Anggrek

pinterest.com/LiliaCarreño

Tak hanya cantik, anggrek juga merupakan simbol cinta dan keindahan di banyak budaya. Menurut Feng Shui, anggrek dapat meningkatkan keberuntungan bagi keluarga. Mereka melambangkan kebahagiaan, hubungan yang lebih baik dan kesuburan yang meningkat. Menurut beberapa sumber, anggrek violet adalah tanaman paling menguntungkan dari ribuan jenis anggrek. Tanaman bunga ini juga dapat menjadi hadiah yang indah untuk keluarga baru atau untuk mempromosikan keharmonisan bagi siapa pun dalam suatu hubungan.

4. Bunga teratai

flickr.com/janetlittlejeffers

Bunga lainnya yang membawa hoki adalah bunga teratai. Bunga ini akan lebih indah jika ditaruh di kolam, karena pada dasarnya bunga ini adalah bunga air. Seperti bougenville, teratai dipercaya dapat membawa keharmonis di antara anggota keluarga, baik untuk suami istri maupun orangtua dan anak.

5. Pachira

1800flowers.com

Pachira atau pohon uang adalah salah satu dekorasi tanaman rumah yang dipercaya bisa membawa keberuntungan dalam hal keuangan menurut feng shui. Tanaman ini banyak ditemukan di Meksiko hingga Amerika Selatan. Pohon uang dapat tumbuh hingga 18 meter, ukuran yang cukup besar untuk sebuah tanaman hias rumahan. Untuk menanamnya pastikan miliki halaman yang cukup, ya, Bela.

6. Kuping gajah

faunadanflora.com

Tanaman dengan daun lebar dan unik satu ini juga bisa membawa keberuntungan. Dalam feng shui, semakin subur pohon ini dipercaya akan membawa rezeki yang mengalir ke pemiliknya. Air rebusan daun tanaman kuping gajah juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

7. Pohon palem merah

flickr.com/jayjayc

Palem merah atau dikenal juga sebagai pinang merah sering kita jumpai di pekarangan rumah. Pohon palem merah yang diletakkan di halaman rumah dianggap bisa menjaga hal-hal yang bersifat negatif seperti teluh santet, guna-guna dan sebagainya, hingga dianggap dapat mendatangkan rezeki bagi pemilik rumah. Tak hanya itu, pohon palem juga secara efektif mampu menyerap zat kimia negatif seperti xylene dan formaldehyde yang biasanya menempel di beberapa barang.

8. Tanaman Giok

succulentavenue.com

Tanaman giok atau nama lainnya Jade Plant, dikenal sebagai tanaman uang atau tanaman dollar. Menurut feng shui, tanaman ini dapat membawa kemakmuran dan keberuntungan. Daunnya yang bulat seperti koin melambangkan kekayaan. Tanaman giok termasuk dalam tanaman hias sukulen karena daunnya tebal dan hijau. Namun beberapa ada yang memiliki tepi merah atau kuning. Salah satu yang harus diperhatikan untuk merawat tanaman ini adalah dengan menyimpannya di tempat yang kena sinar matahari.

9. Sri rezeki

nearlynatural.com

Dari namanya saja sudah diketahui bahwa tanaman ini dapat membawa rezeki atau kebaikan bagi pemiliknya. Sri rezeki atau aglonema memiliki daun bercorak warna hijau yang berlainan, ada yang agak terang hingga guratan hijau tua yang terlihat jelas. Semakin jelas warna yang muncul di daun, maka semakin banyak pula keberuntungan yang akan menyapa pemiliknya.

10. Bambu rezeki ( Lucky Bamboo)

plants.com

Salah satu jenis tanaman bambu yang membawa keberuntungan menurut feng shui adalah dracaena Sanderiana. Tanaman ini memiliki nama lain bambu air Cina, Goddess of Mercy, dan Sander's dracaena. Meski identik dengan Tiongkok, nyatanya bambu hoki ini berasal dari Kamerun, Afrika. Bambu Rezeki dipercaya mampu menyeimbangkan kelima elemen di rumah sehingga feng Shui menjadi lebih baik. Namun, untuk mendapatkan keseimbangan itu kamu perlu memperhatikan simbolisme dari setiap elemen.

Nah, itu dia 10 jenis tanaman hias yang membawa rezeki menurut feng shui 2021. Siap tanam yang mana, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration