Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penjual Alkohol Vs Inspektur, Ini 10 Fakta Menarik KDrama ‘Moonshine’

Dari konflik jadi cinta

Natasha Cecilia Anandita

Drama berlatar sejarah atau sageuk kembali akan menghiasi hari-hari para pencinta drama. Kali ini drama berlatar era Joseon, Moonshine sudah mulai tayang kemarin, Senin (20/12/2021) untuk slot drama Senin-Selasa.

Dibintangi oleh idol-aktris Lee Hyeri dan aktor cilik yang sudah dewasa, Yoo Seung Ho, drama ini menarik minat para penggemar drakor. Jalan ceritanya pun cukup unik dan banyak dibicangkan. Nah, berikut ini Popbela telah merangkum 10 fakta menarik drakor Moonshine.

1. Kompetisi dan romansa penjual alkohol vs inspektur

twitter.com/KBS_drama

Moonshine mengambil era Dinasti Joseon dengan kisah kompetisi serta romansa dari seorang inspektur dan penjual minuman keras. Di era ini, minuman keras sangat dilarang oleh pemerintah, namun tak sedikit juga yang diam-diam menjualnya.

Kang Ro Seo (Hyeri) tak punya pilihan lain selain menjual alkohol demi melunasi hutang keluarga. Sementara Nam Young, demi menaikkan derajat keluarganya, ia merantau dan dipercayakan sebagai inspektur untuk menumpas semua penjual minuman keras.

Keduanya pun berkonflik, tapi justru konflik inilah yang mendekatkan mereka, hingga mereka menaruh perasaan satu sama lain. Namun, di satu sisi mereka takut untuk memulai hubungan romantis karena keduanya memiliki status sosial dan pekerjaan yang berbeda. Romansa dua kisah ini jarang diangkat, maka itu menjadi nilai tambah tersendiri bagi drama Moonshine.

2. Tokoh tangguh Lee Hyeri

Setelah menjadi mahasiswa di My Roommate is Gumiho, Hyeri akan memerankan Kang Ro Seo, yang berjuang membuat alkohol ilegal demi keuntungan. Dia juga tidak peduli apa yang orang pikirkan tentang pekerjaannya.

Ada alasan mengapa Ro Seo berkecimpung dalam bisnis alkohol illegal. Ini karena ia memiliki utang sebesar 100 nyang. Dalam salah satu teaser, Kang Ro Seo berkata, “Para bangsawan tanpa uang hanyalah kotoran, dan dia memang seperti itu.”

Nantinya, Kang Ro Seo akan digambarkan sebagai wanita tangguh yang ditakuti di Joseon.

3. Yoo Seung Ho Jadi inspektur hebat di Joseon

Yoo Seung Ho dalam drama Korea Moonshine ini berperan sebagai inspektur bernama Nam Young. Awalnya, dia adalah seorang pria yang berasal dari keluarga miskin. Ia pun memutuskan untuk merantau untuk meningkatkan status keluarganya.

Nam Young adalah sosok yang tegas dan memiliki prinsip yang kuat. Karena itu, dia dipercaya menangani penjualan minuman keras yang dilarang pemerintah. Ia pun akhirnya mejadi inspektur terhebat di era Joseon yang sangat disiplin.

Nam Young tidak segan-segan menangkap pembuat miras ilegal meski mereka adalah orang-orang yang membutuhkan. "Saya tidak percaya mereka menjual alkohol meskipun larangannya sangat ketat. Mereka pantas mati," kata Nam Young dalam teaser Moonshine. Tapi jika sudah jatuh cinta dengan Ro Seo apa akan tegas juga?

4. Aktor pendukung penuh visual

Selain Yoo Seung Ho dan Hyeri, Moonshine juga diperankan oleh Byun Woo Seok dan Kang Mina. Byun Woo Seok mencuri perhatian publik dengan aktingnya di drama Record of Youth tahun 2020 lalu. Sedangkan Kang Mina merupakan idol-aktris yang sudah banyak bermain drama dengan beragam genre.

Byun Woo Seok berperan sebagai pangeran Lee Pyo, penggemar minuman keras yang dijual oleh Kang Ro Seo. Lee Pyo sangat berbakat dalam seni dan bela diri, serta disukai banyak orang karena ketampanannya.

Kang Mina akan berperan sebagai Han Ae Jin, anak dari keluarga bangsawan dengan hidup berkelimpahan yang menyukai Pangeran Lee Pyo. Selain itu, ada juga Jang Gwang, Choi Won Young, Im Won Hee, Moon You Kang, Park Ah In, dan Ahn Shi Ha yang menjadi pemain pendukung di drama tersebut.

5. Jadi drama pertama dan terakhir Yoo Seung Ho di 2021

instagram.com/kbsdrama

Terkahir kali Yoo Seung Ho bermain drama adalah pada drama Memorist tahun 2020. Drama ini menjadi comeback-nya sekaligus penutup di tahun 2021. Moonshine juga menjadi comeback-nya dalam drama sageuk setelah The Emperor: Owner of the Mask tahun 2017 lalu.

6. Drama sejarah pertama Hyeri

Berbeda dari Yoo Seung Ho, Moonshine menjadi drama kedua Hyeri setelah My Roommate is Gumiho yang tayang pada Mei lalu. Di drama sebelumnya, akting Hyeri sempat dikritik karena tidak bisa menghilangkan karakter Deok Sun, perannya dari drama Reply 1988.

Penonton berharap di drama ini Hyeri akan menampilkan karakter yang lebih kuat, berbeda, dan lepas dari karakter sebelumnya. Moonshine juga menjadi drama berlatar sejarah pertama bagi Hyeri.

7. Digarap oleh sutradara dan penulis naskah ternama

Moonshine digarap oleh sutradara Hwang In-hyuk yang reputasinya tak diragukan lagi. In-hyuk terkenal sebagai sutradara film Sungkyunkwan Scandal (2010) dan Doctor Prisoner (2019). Sementara itu, penulis naskah drama ini dipercayakan kepada Kim Joo Hee yang sebelumnya menggarap drama Season 9: The Long Goodbye (2018).

8. Moonshine awalnya bukan judul pertama

twitter.com/KBS_drama

Sebelum disetujui menjadi judul internasional oleh pihak produksi, Moonshine awalnya direncanakan berjudul When Flowers Bloom, I Think of the Moon. Namun, judul tersebut tidak sesuai dengan ide cerita hingga akhirnya diputuskanlah dengan judul Moonshine.

9. Proses syuting sudah selesai dan berlangsung menyenangkan

twitter.com/kdramatreats

Selama proses syuting, semua pemain dan kru punya visi yang sama sehingga hati dan pikiran bersatu. Melansir dari Soompi, suasana syuting berhasil diciptakan dengan menyenangkan.

Syuting drama Korea Moonshine sudah berlangsung pada Mei 2021 dan tanpa kendala. Sampai penayangannya pada 20 Desember 2021 kemarin, drama ini sudah menyelesaikan semua tahapan yang diperlukan.

10. Akan gantikan The King's Affection

twitter.com/KBS_drama

Moonshine tayang menggantikan drama Korea The King's Affection yang dibintangi Rowoon dan Park Eun Bi yang juga berlatar sejarah. Episode pertamanya yang tayang Senin (20/12/2021) malam mencetak rating tinggi mencapai 7,5 persen.

Bila ratingnya melebihi 10 persen, para pemain drama Korea Moonshine (Yoo Seung Ho, Hyeri, Byun Woo Seok, dan Kang Mina) berencana menyumbangkan 4 ribu briket kepada orang-orang yang membutuhkan.

Itulah fakta menarik drama rom-com Moonshine. Drama ini telah tayang mulai 20 Desember kemarin pukul 21.30 waktu Korea Selatan dengan tayang tiap hari Senin-Selasa. Kamu bisa menontonnya di platform streaming VIU maupun Netflix, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration