Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Jenis Tanaman Perdu Hias yang Percantik Rumah

Ini dia tanaman perdu estetik untuk percantik rumahmu

Natasha Cecilia Anandita

Generasi milennial pasti menyukai berbagai hal yang estetik, termasuk untuk dekorasi rumah. Tak hanya furnitur, jenis tanaman perdu hias ini bisa menjadikan rumah kalian makin menarik, lho, Bela. 

Bagi kalian yang belum tahu, tanaman perdu adalah salah satu tanaman berkayu yang bercabang-cabang dan tumbuh dekat dengan permukaan tanah. Tanaman perdu memiliki warna-warna yang sangat pas untuk dijadikan aksen dalam mendekorasi rumahmu. Menghias rumah atau halaman dengan tanaman perdu ini tidak memerlukan lahan yang luas, karena umumnya tanaman ini memiliki ketinggian tidak lebih dari 5-6 meter.

Penasaran dengan jenisnya? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini.

1. Ekor Tupai

pinterest.com/jenggala bersama

Sesuai dengan namanya, tanaman perdu ini menyerupai ekor tupai dengan bentuk panjang dan berdaun tebal seperti jarum dengan warna hijau cerah. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki batang yang lembut dan mudah patah. Meski demikian, jika dirawat dengan baik, si ekor tupai ini dapat tumbuh hingga 1 meter.

2. Philodendron

pinterest.com/theplantylife

Tanaman Philodendron tidak memerlukan intensitas cahaya yang tinggi sehingga cocok untuk di tanam di dalam rumah. Jenis tanaman perdu ini umumnya ditanam dalam pot. Philodendron memiliki kesan tropis karena batangnya yang terlihat kokoh dengan ketinggian yang terbilang sedang. Daun dengan warna hijaunya dan bentuk menariknya pas untuk dekorasi berbagai tipe rumah terlebih untuk rumah minimalis.

3. Lili Paris

pinterest.com/krisena dhina

Jangan terkecoh dengan namanya, ya. Meski dinamakan lili paris, namun aslinya tanaman ini berasal dari Afrika Selatan. Tanaman perdu hias ini dapat ditata sebagai tanaman gantung, tanaman pembatas, atau tanaman yang ditanam di tanah. Daya tarik dari tanaman ini adalah warna daun yang bergradasi dan pertumbuhannya yang sangat cepat.

4. Rombusa Mini

pinterest.com

Rombusa mini menjadi salah satu tanaman hias perdu yang populer. Jenis yang paling banyak disukai adalah rombusa mini hijau, golden, serta silver. Tanaman ini banyak digemari karena terkesan rapi dan rata serta cocok untuk rumah minimalis.

5. Bromelia

pinterest.com/khora

Kalian mungkin seringkali melihat tanaman perdu ini. Bromelia kerap dipajang di tempat umum seperti tempat wisata, namun cocok juga dipajang di rumah. Figurnya yang menawan dengan bentuk serupa kuncup nanas serta memiliki warna hijau dan merah, memberikan aksen keindahan sendiri pada taman. Bahkan, saat ini banyak yang membudidayakannya, lho, Bela.

6. Mirten

pinterest.com

Mirten dapat digunakan untuk menghiasi baik bagian dalam maupun bagian luar rumah. Mirten sering dijadikan tanaman bonsai karena batangnya tidak terlalu besar, namun keras dengan ranting-ranting kecil yang mencuat keluar dan memanjang. Pertumbuhan daunnya juga relatif cepat . Kontrasi warna daun antara hijau tua dan hijau muda memberikan kesan segar bagi rumahmu. Jenis tanaman perdu ini cocok bagi kalian para pemula karena perawatannya yang mudah. 

7. Bunga Soka

pinterest.com

Bentuk bunga yang mungil mirip kembang api dan warna merah tajam akan memberikan kesan segar dan bersemangat. Bunga ini dapat ditanam di halaman rumah karena ketahanannya pada sinar matahari langsung. Tak hanya mempercantik rumah, bunga yang dianggap suci oleh umat Buddha ini juga memiliki khasiat, di antaranya mengobati gejala disentri hemoragik, mengatasi haid yang tidak lancar, mengusir kram pada betis, hingga mengobati luka memar pada tubuh.

8. Sutra Bombai

pinterest.com

Nama lain dari bunga ini adalah rose mass atau Portulaca sp. Sutra Bombai dapat ditanam di semak-semak maupun dengan pot gantung. Jika kalian mau menanam bunga ini, jangan lupa disiram secara intens, ya, Bela. Karena, bunga ini menyukai area yang sangat lembap. Dengan warnanya yang beraneka ragam, kalian dapat menyesuaikannya dengan warna rumah kalian agar semakin estetik.

9. Bunga Puspa Bangsa

pinterest.com

Dijuluki dengan Bunga Puspa Bangsa karena tampilannya yang menawan dan warna putihnya melambangkan kesucian dan kemurnian yang berkaitan dengan banyak tradisi dari suku-suku di Indonesia. Bunga ini sendiri adalah bunga melati yang tingginya di bawah 6 meter dengan wangi harum menyenangkan. 

10. Kembang Sepatu

flickr.com/robertmagina

Kalian pasti sudah familiar sekali dengan bunga satu ini atau mungkin di rumah kalian sudah ada. Yap, bunga sepatu atau kembang sepatu. Tekstur kelopak yang besar serta lembut bagaikan tisu, warna yang cerah, dan tangkai putik yang panjang menjadikan kembang sepatu semakin unik sehingga membuat rumahmu semakin menawan. Bunga sepatu berasal dari Asia Timur dan tumbuh di iklim tropis serta subtropis.

Dari 10 jenis tanaman perdu hias di atas, sudah tentukan mau mulai tanam yang mana? atau ada yang sudah terpajang di rumahmu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration