Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tanaman Hias Cantik yang Cocok di Daerah Tropis

Tak hanya cantik tapi juga bermanfaat

Natasha Cecilia Anandita

Indonesia dikenal dengan negara tropis yang memiliki segudang pesona. Negara tropis umumnya memiliki iklim hangat hingga panas dan lembap sepanjang tahun. Tumbuhan daerah tropis biasanya berdaun lebar dan hijau abadi (tidak menggugurkan daun). Jika memiliki perilaku peluruh, mereka tidak dipengaruhi oleh suhu atau durasi radiasi matahari melainkan oleh ketersediaan air di tanah.

Untuk kamu yang menyukai tanaman terlebih tanaman hias, kamu harus tahu mana saja tanaman yang cocok di daerah tropis seperti Indonesia ini. Memilih tanaman yang cocok tidak hanya mempercantik rumah, tapi juga membuatmu lebih mudah dalam merawatnya.

Karena itu, Popbela telah merangkum tanaman hias cantik yang cocok di daerah tropis untuk di tanam di rumahmu.

1. Palem

thespruce.com

Palem merupakan satu dari sekian tanaman yang sering kamu lihat. Yap, karena mereka dapat tumbuh di daerah tropis dan memberi kesan segar. Palem sendiri memili banyak macam. Perawatan tanaman ini pun tidak rumit.

Jenis yang bisa kamu pilih salah satunya adalah Chinese Fan Palm yang dapat tumbuh hingga dua meter. Keunikan dari palem satu ini adalah memiliki daun lebar seperti kipas dengan warna hijau kekuningan.

Jenis lainnya adalah palem kuning yang dapat kamu tempatkan di dalam rumah, asal terkena sinar matahari, yang dapat mendetoks udara di lingkungan sekitar dari racun yang berbahaya.

2. Monstera

bayonabudget.com

Tak hanya di Indonesia, kepopuleran tanaman satu ini juga berlaku secara internasional. Bentuk daunnya yang unik membuatnya terlihat cantik dipajang di dalam maupun luar rumah. Monstera bisa memberikan oksigen dalam jumlah yang banyak dan bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk. Monstrera juga memiliki banyak jenis yang bisa kamu pilih.

3. Dracaena Marginata

real.de

Dracaena Marginata atau Dragon Tree memiliki daun hijau yang unik seperti duri-duri. Bentuk daunnya kecil dan panjang dengan tekstur kaki yang membuatnya tegak berdiri. Berasal dari Madagaskar,dracaena marginata juga populer di Indonesia,  perawatannya pun tergolong mudah dan dapat hidup bertahun-tahun. Lap daun sesekali agar bebas debu dan berkilau.

4. Pachira Aquatica

flickr.com/blumenbuero

Tanaman lain yang cocok di daerah tropis adalah Pachira Aquatica. Keunikan tanaman ini terletak pada batangnya terkepang sendiri saat tumbuh. Memiliki nama lain money tree, tanaman ini dipercaya sebagai simbol kemakmuran menurut Feng Shui. Pachira aquatica juga dapat berfungsi sebagai pembersih udara alami.

5. Bird of Paradise

yandex.ru

Strelitzia Nicolai atau Bird of Paradise berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki daun panjang berwarna hijau cerah dipercantik dengan bunga berwarna oranye yang tumbuh di tengah-tengahnya. Sekilas tanaman ini memang terlihat seperti pohon pisang, tapi berbeda, ya, Bela. dikatakan bird of paradise karena bunga cantiknya terlihat seperti burung cendrawasih. Perawatannya pun mudah dan bisa tumbuh dalam berbagai kondisi cahaya.

6. Bunga portulaca

balconygardenweb.com

Mungkin kamu lebih mengenal bunga satu ini dengan nama bunga pukul sembilan. Bunga portulaca memiliki nama lain moss rose atau happy hour. Tanaman ini biasa ditaruh pada pot dan merupakan tanaman hias pendek. Tanaman ini memiliki rumput yang ditanami dengan bunga beraneka warna. Bunga tersebut akan mekar maksimal pada pagi hari dan bila ditanam di dataran dengan intensitas cahaya sepanjang hari.

7. Bunga melati

logees.com

Bunga melati tak luput dari daftar satu ini. Bunga satu ini banyak ditemukan karena bisa tumbuh secara liar. Berwarna putih yang berarti kesucian, bunga ini sering dijadikan hiasan ronce pengantin. Tak hanya itu, aromanya yang harum juga bisa menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati. Tanaman melati biasa tumbuh merambat dan mungkin memerlukan perawatan yang lebih banyak untuk membuatnya tetap rapi.  

8. Bunga jengger ayam

logees.com

Diberi nama jengger ayam karena bentuknya yang memang seperti jengger ayam. Tanaman ini memiliki banyak warna seperti merah, kuninng, dan oranye. Tumbuhan ini juga sering dijadikan tanaman hias, makanan, bahkan obat tradisional. Bernama latin Celosia argentea var. Cristata, bunga ini memiliki batang tebal berwarna ungu kehijauan.

Tanaman ini termasuk dalam tanaman berdaun tunggal yang tersusun secara teratur dengan bentuk seperti anak panah dan melengkung serta ujung yang runcing, bunganya sebagian besar berwarna merah, dan memiliki biji kecil.

9. Bunga kamboja

homestolove.com.au

Bunga kamboja menjadi tanaman hias cantik yang cocok di daerah tropis karena dapat tahan dengan panas matahari. Daya pikat tanaman ini sudah pasti dibunganya yang berwarna putih dan kuning dibagian tengah. Bunga kamboja bisa tumbuh subur sekalipun tidak disiram dengan air.

10. Bunga geranium

pinterest.com/migyoung kim

Geranium juga tergolong dalam tanaman tropis. Bunga ini memiliki warna-wanrna indah seperti merah, kuning, putih serta ungu. Tanaman satu ini juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk, lho. Bunga satu ini membutuhkan setidaknya 6 jam penyinaran setiap harinya. Sedangkan untuk kebutuhan asupan air juga tidak terlalu banyak.

Itulah 10 jenis tanaman hias cantik yang cocok untuk daerah tropis. Kamu tertarik tanam yang mana, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration