Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sambut Pekan Suci Paskah 2021, Ini Jadwal Misa Online & Link Streaming

Momen renungan pengorbanan Yesus bagi umat-Nya

Natasha Cecilia Anandita

Minggu ini adalah Pekan Suci Paskah yang diperingati dan dijalankan oleh umat Katolik di seluruh dunia. Pekan Suci Paskah yaitu rangkaian ibadah atau ritual para umat Katolik guna merenungkan dan menghayati berbagai peristiwa yang mendasari pusat iman Katolik. Peristiwa tersebut berpusat pada kematian hingga kebangkitan Yesus Kristus.

Untuk kamu yang merayakannya, berikut jadwal misa online Pekan Suci Paskah 2021 yang bisa kamu ikuti.

Urutan jadwal ibadah

Minggu Palma

deseret.com/Intellectual Reserve

Pekan Suci diawali dengan Minggu Palma sebagai hari peringatan dalam liturgi gereja Kristen Katolik yang selalu jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Di tahun ini, Minggu Palma jatuh pada tanggal 28 Maret 2021 kemarin. Minggu Palma dikenang umat Katolik di seluruh dunia sebagai peristiwa masuknya Yesus Kristus ke Kota Yerusalem.

Dalam liturgi Minggu Palma, umat dibagikan daun palem, dan ruang gereja pun dipenuhi dengan ornamen palem. Daun palem merupakan simbol dari kemenangan martir atas kematian. Warna hijau khas musim seminya menjadi simbol kemenangan dari kehidupan atas kematian, menjadi sebuah campuran dari kuning dan biru sebagai lambang amal dan registrasi dari pekerjaan jiwa yang baik.

pinterest.com/ameymeyo

Kamis Putih

hubpages.com

Masuk dalam Tri Hari Suci, dimulai dari Kamis Putih pada tanggal 1 April ini. Ibadah ini bertujuan untuk memperingati perjamuan malam terakhir Yesus beserta kedua belas murid-Nya. Dalam perayaan ini, roti dipecah-pecah sebagai tanda bahwa itulah tubuh Kristus yang dikorbankan demi dosa manusia.

Inti dari Ekaristi pada umat Katolik berasal dari perayaan tersebut. Biasanya umat Katolik memperingati Kamis Putih dengan membasuh kaki oleh Romo dan adorasi sekaligus berdoa.

instagram.com/parokisantolukas

Jumat Agung

pixabay.com/geralt

Jumat Agung tahun ini jatuh tepat pada 2 April. Jumat Agung tak hanya dirayakan oleh umat Katolik tapi juga umat Kristen. Ibadah ini untuk mengenang dan memaknai peristiwa kesengsaraan, penderitaan, hingga kematian Yesus di kayu salib. Dalam peringatan tersebut biasanya umat Katolik membuat jalan salib serta melaksanakan pantang dan puasa.

Malam Paskah atau Vigili Paskah

abc.es

Malam Paskah atau Vigili Paskah artinya bersiap-siap atau berjaga. Dalam kata lain, Malam Paskah yaitu saat di mana umat berjaga-jaga atau bersiap-siap bersama Yesus. Oleh karena itu, Malam Paskah ini digunakan oleh umat Katolik untuk bersuka cita sembari berjaga-jaga menanti kebangkitan Yesus dari kematian. Acara ini juga dinamai upacara cahaya atau pembaharuan janji baptis.

Minggu Paskah

tripadvisor.com

Inilah puncak perayaannya, Minggu Paskah. Minggu Paskah merupakan momen memperingati Hari Kebangkitan Tuhan Yesus sekaligus puncak peringatan liturgi Gereja Katolik. Paskah tahun ini ada ditanggal 4 April. Peristiwa ini diyakini dan diimani oleh para umat Katolik sebagai peristiwa kemenangan atas segala doa manusia.

Karena kondisi pandemi COVID-19 saat ini, misa Paskah diberlakukan secara online serta live streaming di beberapa gereja. Beberapa lainnya meski sudah dapat memberlakukan misa secara offline namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan jemaat dibatasi.

Link streaming

pixabay.com

Berikut ada jadwal ibadah dan link streaming yang bisa kamu akses untuk mengikuti misa online Pekan Suci Paskah di wilayah Keuskupan Agung Jakarta https://docs.google.com/spreadsheets/d/1XsKZlOINHh-lt7Csa1Wl-vKyV71uTIs52UMJUtSSeoQ/edit#gid=1491898078 

Itulah Jadwal Misa Online Pekan Suci Paskah 2021 beserta link streamingnya untuk daerah Jakarta. Selamat beribadah, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration