Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tinggi

Cocok ditonton saat waktu senggang, nih!

Natasha Cecilia Anandita

Salah satu hal yang bisa membuatmu bebas rasa bosan ketika waktu senggang adalah dengan menonton film. Selain tidak mengeluarkan uang yang banyak, film bisa jadi hiburan sekaligus sarana edukasi. 

Pengamat film Roger Ebert pernah mengatakan; film bak jendela dan tembok yang hadir pada kotak ruang dan waktu kehidupan manusia. Memungkinkan satu manusia memasuki dunia manusia lainnya.

Kata dia, dari semua seni yang ada di dunia, film adalah wadah paling kuat untuk membangun empati, dan film yang bagus bisa membuat seseorang menjadi lebih baik.

Nah, berikut ini Popbela.com telah merangkum 20 rekomendasi film terbaik sepanjang masa untuk menghibur kamu yang sedang bersantai di rumah.

1. The Godfather trilogy (1972, 1974, 1990)

Rilis pada tahun 1972, The Godfather telah masuk nominasi untuk beberapa kategori di ajang penghargaan Academy Award 11 kali. Di antaranya memenangkan kategori Best Picture, Best Adapted Play dan salah satu pemerannya, Marlon Brando meraih penghargaan Best Actor.

Rekomendasi film yang disutradarai Francis Ford Coppola ini bercerita tentang seorang bos mafia yang hendak mewariskan kekuasaannya pada anak laki-lakinya, namun sang anak enggan menerimanya. Mafia itu adalah Vito Corleone (Marlon Brando), pebisnis dan bos gembong narkoba yang memiliki karakter tradisional dan mencintai keluarganya. 

Film ini menjadi tolok ukur bagi kebanyakan film mafia Hollywood. sebuah karya legendaris dari novelis Mario Puzo berjudul sama, yang wajib ada di must watch-list kamu.

2. Silence of the Lamb (1991)

Diadaptasi dari novel berjudul sama, Silence of The Lamb menceritakan tentang kisah seorang agen FBI yang bekerja sama dengan pembunuh kanibal untuk menangkap pembunuh berantai. Karena kesuksesannya, film dengan rating 8,6 di IMDB ini, berhasil meraih 5 Piala Oscar dari 7 nominasi yang meliputi Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Actress; hingga Best Adapted Screenplay.

3. Schindler’s List (1993)

Jika nilai 97% di Rotten Tomatoes patut menjadi acuan dan kamu penyuka film sejarah, maka rekomendasi film ini cocok untukmu. Schindler’s List terinspirasi dari kisah nyata pada Perang Dunia II. Film berdurasi 3 jam 17 menit ini menceritakan seorang pebisnis amatir Nazi, yang berusaha menyelamatkan ribuan orang Yahudi. Kisah mengharukan tentang penyelamatan kaum Yahudi dari holocaust berhasil membuat film ini diganjar 12 Academy Awards.

4. The Shawshank Redemption (1994)

Kita beranjak ke tahun 1994 ketika film The Shawshank Redemption ditayangkan. Jika kamu belum menontonnya, kamu melewatkan salah satu karya terbaik di dunia perfilman yang pernah dibuat. Film ini diadaptasi dari novel karya Stephen King.

Mengambil latar waktu 1940-an, The Shawshank Redemption bercerita soal Andy Dufresne (Tim Robbins) yang menjadi terdakwa kasus pembunuhan istrinya. Dia bersikeras tidak melakukan pembunuhan tersebut. Akibatnya dia harus mendapat hukuman 20 tahun penjara di rumah tahanan Shawshank State. Selanjutnya akan diceritakan bagaimana kehidupan Andy selama di penjara hingga misinya untuk kabur dari penjara.

5. Forrest Gump (1994)

Masih di tahun 1994, film Forrest Gump menjadi salah satu rekomendasi www.popbela.com/tag/film-terbaik">film terbaik sepanjang masa. Film yang mendapat rating 8,8 di IMDB ini, akan mengajarkanmu untuk tidak berhenti mengejar mimpi walaupun kamu memiliki keterbatasan. Kata kata "Run Forrest run" akan terus terngiang sepanjang film besutan sutradara Robert Zemeicks. Akting yang apik dari sang pemeran utama, Tom Hanks, serta cerita yang kaya akan nilai kehidupan, dijamin akan menghibur sekaligus memotivasimu.

6. Saving Private Ryan (1998)

Karya-karya Stephen Spielberg selalu memberikan kesan yang membekas, tak terkecuali Saving Private Ryan. Film berlatarkan perang dunia II ini menceritakan delapan tentara yang bertugas menjemput seorang tentara bernama James Francis Ryan. Salah satu adegan yang epik adalah peperangan intens selama 27 menit pada pembukan film, yang merupakan insiden Pantai Omaha pada tanggal 6 Juni 1994.

7. Spirited Away (2001)

Rekomendasi film animasi dari Jepang ini bergenre fantasi dan petualangan. Spirited Away berhasil mendapatkan Academy Awards pada kategori Best Animated Feature pada tahun 2003. Animasi karya Hayao Miyazaki yang memiliki nilai 97% di Rotten Tomatoes ini, menceritakan petualangan seorang anak gadis yang menyelamatkan orang tuanya, kemudian berubah menjadi babi di sebuah dunia yang asing.

8. Memories of Murder (2003)

Terinspirasi dari kisah nyata pembunuh berantai di Kota Hwaseong, film ini banyak disebut orang sebagai salah satu film terbaik di Korea Selatan. Memories of Murder merupakan film kedua yang disutradarai dan ditulis langsung oleh Bong Joon-ho. Setelah tayang, film ini mendapat apresiasi dari penggemar film dan kritikus.

Hal itu berbuah serenteng penghargaan yang didapatkan Memories of Murder sebagai Film Terbaik dalam Chunsa Film Art Awards, Grand Bell Awards, Korean Film Awards, serta Film Asia Terbaik di Tokyo International Film Festival.

9. Parasite (2019)

Kesuksesan sutradara Bong Joon-ho tak sampai di film Memories of Murder, namun juga di film Parasite. Bergenre thriller komedi, rekomendasi film asal Korea Selatan ini memiliki rating tinggi di IMDb sebesar 8.6/10 dan 98% di Rotten Tomatoes.

Bagi kamu yang belum menontonnya, film ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang ikut menumpang pada keluarga yang kaya dan ingin menyingkirkan keluarga kaya tersebut secara perlahan. Film ini berhasil mencetak sejarah karena merupakan sebuah film Korea Selatan pertama yang berhasil memenangkan penghargaan Palme d’Or dan Film Terbaik penghargaan bergengsi, Academy Awards.

10. Avengers: End Game (2019)

Avengers: Endgame merupakan sekuel dari Avengers: Infinity War (2018) dan film ke-22 di Marvel Cinematic Universe (MCU). Film produksi Marvel Studio ini mendapat rating 8,4/10 di IMDb dan 94% dari Rotten Tomatoes. 

Bersyukurlah bagi kamu yang pernah menyaksikannya di bioskop untuk mendapatkan visual dan suara terbaik, karena Avengers: Endgame layak menjadi penutup kisah Avengers yang solid dan kaya akan totalitas hasil produksi yang menganggumkan. 

Menerima banyak penghargaan dan nominasi, termasuk nominasi untuk Efek Visual Terbaik di 92th Academy Awards, tiga nominasi di 25th Critics' Choice Awards (memenangkan dua), serta nominasi untuk Efek Visual Khusus di Academy Film Awards ke-73. Film ini menceritakan anggota Avengers dan para sekutu yang masih hidup berusaha untuk membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh Thanos dalam Infinity War.

11. Us (2019)

Penggemar horor tak boleh ketinggalan untuk menonton film satu ini. Alur film Us dimulai dari keluarga Adelaide Wilson yang berlibur ke rumah masa kecil tempat sang ibu tumbuh. Namun, liburan yang mulanya terpikir akan menyenangkan itu tiba-tiba menjadi begitu menegangkan saat mereka diserang oleh sekelompok doppelganger yang mengancam mereka. 

Film horror-thriller ini disutradarai oleh Jordan Peele dan dibintangi oleh lupita Nyong'o, Winston Duke, Elisabeth Moss, dan Tim Heidecker. Mendapat rating 93% di Rotten Tomatoes, Us berhasil membuat siapa saja yang menontonnya ikut tegang dan takut.

12. Split (2017)

Rekomendasi film terbaik selanjutnya bergenre psychoogical horror thriller yang disutradarai oleh M. Night Shyamalan. Kesuksesan ini ditunjukkan dengan keuntungan fantastis dari film ini yang mencapai 287 juta dolar AS dengan budget pembuatan hanya 9 juta dolar AS. Dibintangi oleh James McAvoy, Split mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Kevin Wendell Crumb. 

Ia didiagnosa memiliki gangguan Dissociative Identity Disorder (DID) serta memiliki 23 kepribadian ganda. Kevin kemudian menculik tiga gadis remaja di ruang bawah tanah karena alasan yang belu diketahui. Mereka bertiga pun harus segera melarikan diri sebelum kepribadian Kevin yang ke-24 akan muncul. 

13. The Invisible Guest (2016)

Kisah pembunuhan memang selalu menarik untuk diangkat dalam sebuah film, salah satunya adalah The Invisible Guest. Film bergenre misteri ini memiliki sebuah alur yang tak terduga terkair dengan teka-teki pembunuhan. 

Film produksi Warner Bros Pictures ini bermula dari Adrian Doria, bussinessman yang menjalani proses hukum kasus pembunuhan Laura Vidal. Dia mengaku tidak bersalah, justru sangat mencintai Laura yang merupakan kekasih gelapnya.

Di antara berbagai film lainnya, The Invisible Guest menjadi film dengan plot twist terbaik. Kamu akan menemukan benang merah di akhir film sehingga menyadari bahwa setiap detail scene dalam film begitu penting. Tak heran jika film ini mendapat rating 8/10 di IMDb. 

14. Searching (2018)

Sepertu judul filmnya, Searching menceritakan tentang seorang ayah yang putus asa setelah putrinya yang berusia remaja hilang. Plot cerita dari film ini begitu unik dan menarik, begitu juga dengan pengambilan gambarnya. 

Sebab, semua adegan dalam film ini diperlihatkan dari sudut pandang layar komputer dan handphone. Meskipun bergenre thriller, tetapi Searching dikemas dengan modern sehingga begitu menarik. Kamu akan diajak untuk melacak jejak digital seorang anak yang hilang. 

Menjadi film thriller Hollywood pertama yang diperankan oleh artis Asia Afrika, Searching berhasil meraih sejumlah penghargaan di antaranya adalah dua penghargaan pada FesFilm Sundace dan NEXT Audience Award. 

15. Missing (2018)

Rekomendasi film yang berikutnya adalah Missing yang merupakan sekuel dari film Searching yang tayang pada 2018 lalu. Bergenre drama thriller, film garapan Nicholas D. Johnson ini mengisahkan tentang pencarian remaja bernama June yang diperankan oleh Storm Reid. 

Ia berusaha untuk mencari keberadaan sang ibu yang menghilang saat liburan ke Columbia bersama pacar barunya. June yang awalnya meminta bantuan FBI karena tak kunjung berhasil akhirnya turun tangan. Namun, satu persatu rahasia mulai terungkap. 

Keberhasilan film ini berhasil menghasilkan lebih dari 30 dollar dengan biaya produksi yang hanya 7 juta dollar. 

16. Manchester by the Sea (2016)

Film Manchester by the Sea menceritakan tentang seorang laki laki yang kehilangan anak-anaknya di masa lalu. Kamu akan melihat bagaimana dua orang dalam tokoh ini berjuang untuk berdamai dengan masa lalu yang malang dan masa kini yang tak diinginkan. 

Meskipun pada awal film sulit untuk dipahami penonton karena latar waktu yang berbeda, adegan di dalamnya akan membuat air mata menetes. Tak heran, film ini mendapat skor 7,8/10 di IMDB. 

17. 12 Years a Slave (2013)

12 Years a Slave layak menjadi rekomendasi film terbaik sepanjang masa karena pesan yang mendalam di dalamnya. Film ini disutradarai oleh Steve McQueen diadaptasi dari kisah kesengsaraan seorang tukang kayu terpelajar yang diculik dan dijual sebagai budak. 

Kisah tersebut adalah kisah nyata dari Solomon Northup yang akan membuat penonton emosional. Pemeran dari Solomon adalah Chiwetel Ejiofor yang mampu memberikan penampilan terbaik pada film ini. 

Dalam filn ini, dia tidak bisa mengungkapkan pikirannya kecuali mau untuk dipukuli. Akhirnya, dia pun mengekspresikan diri menggunakan bahasa tubuh dan matanya. Film ini mendapatkan skor 8,1/10 di IMDB. 

18. There Will Be Blood (2007)

Film There Will Be Blood merupakan film karya Paul Thomas Anderson yang menceritakan tentang sejarah wirausaha minyak yang biadab. Mengisyaratkan tentang masa depan suram karena kecanduan minyak. 

Tokoh Daniel Plainview diperankan oleh Daniel Day Lewis, perintis penambang perak yang memanfaatkan minyak. Dia memiliki musuh bernama Eli Sunday (Paul Dano) yang peternakannya harus dibeli untuk mendapatkan minyak bawah tanah. 

Adegan pembuka film ini sangat luar biasa dengan lanskap pegunungan yang indah. Epik, tetapi tidak dengan cara yang biasa. Skor film There Will Be Blood adalah 8,2/10 di IMDB. 

19. Summer of Soul (2021)

Summer of Soul merupakan film dokumenter Questlove yang luar biasa tentang Harlem Cultural Festival tahun 1969. Sebanyak 300.000 orang datang ke acara yang diadakan di Mt Morris Park di Harlem. 

Dalam film ini disajikan wawancara, pernyataan, dan klip berita yang dibawakan di atas panggung. Festival ini juga diselenggarakan untuk memperingati kematian Marthin Luther King tahun sebelumnya saat komunitas kulit hitam banyak yang marah dan resah. Film Summer of Soul berhasil mendapat skor 8/10 di IMDB. 

20. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa yang terakhir adalah film romance Eternal Sunshine of the Spotless Mind Eternal Sunshine of the Spotless Mind. Film ini diperankan dengan apik oleh Jim Carrey dan Kate Winslet sebagai Joel dan Clementine. 

Joel berencana menghapus kenangan tentang pacarnya, Clementine. Begitu juga dengan Clementine yang ingin melupakan tentang Joel. Namun, alam bawah sadar mereka menyadari bahwa ia tidak ingin melepaskan ingatannya tentang Clementine sehingga mulailah labirin aneh dari ingatan mereka.

Melalui adegan absurd itu, penonton bisa melihat perasaan dan pikiran yang dialami kedua tokoh. Film ini mendapat skor 8,3/10 di IMDB. 

Itu dia 20 rekomendasi film terbaik sepanjang masa untuk menghiburmu saat di rumah aja. Selamat menonton!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration