Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penuh Perjuangan & Romansa Manis, Ini 13 Drama Korea Tentang Olahraga

Dari yang akan datang hingga yang sudah tamat

Natasha Cecilia Anandita

Drama Korea selalu menyuguhkan cerita yang segar dan bahkan membuat pemirsanya overthinking. Ada beragam banyak genre yang hadir menghiasi slot penayangan setiap harinya. Salah satu genre yang akan selalu ada setiap tahun adalah olahraga.

Meski kalah dengan genre romance, tapi genre olahraga memiliki tempat tersendiri di hati para pemirsanya. Jalan cerita yang biasanya ringan, relate dengan kehidupan, penuh perjuangan dan romansa manis atau yang tipis-tipis, menjadi ciri khas drama tersebut.

Dari yang akan datang hingga sudah tamat, berikut 13 rekomendasi drama Korea bertema olahraga yang patut kamu tonton.

1. Going to You At A Speed of 493 Km (2022)

Cukup panjang, ya, judulnya, Bela. Going to You At A Speed of 493 Km merupakan drama Korea olahraga yang diperankan oleh Chae Jong Hyeop dan Park Ju Hyun. Tak hanya tentang olahraga, drama ini juga diberikan bumbu romansa.

Going to You At A Speed of 493 Km menggambarkan gairah dan kasih sayang untuk bulu tangkis dari protagonis pria dan wanita sebagai kelompok ganda campuran dengan pemain dari tim bisnis bulu tangkis. 

soompi.com

Kisahnya terkait dengan Park Tae-joon (Chae Jong Hyeop), seorang atlet bulutangkis yang hanya memandang bulu tangkis sebagai pekerjaan dan tidak lebih. Tapi hasratnya kembali dihidupkan setelah bertemua dengan seorang atlet perempuan.

Di sisi lain ada Park Tae-yang (Park Ju Hyun), ratu smash dan mantan calon atlet Olimpiade yang kembali ke lapangan bulu tangkis, setelah tiga tahun absen. Dia berlatih lebih keras daripada orang lain untuk mengisi waktu dia absen dari olahraga. Drama ini dijadwalkan akan tayang pada 20 April 2022 di KBS.

2. Racket Boys (2021)

Racket Boys merupakan salah satu drama Korea populer, bahkan sempat menerima kritik dari warganet Indonesia. Sesuai namanya, Racket Boys menggambarkan olahraga bulu tangkis di sekolah. Seorang mantan pemain bulu tangkis, Yoon Hyun Jong datang ke sekolah menengah Haenam untuk membangkitkan kembali klub bulu tangkis yang diambang kehancuran.

Klub tersebut hanya terdiri dari 3 siswa, Bang Yoon Dam, Na Woo Chan, dan Lee Yong Tae. Klub tersebut akhirnya mulai membaik setelah kedatangan Yoon Hae Kang, putra Yoon Hyun Jong, dan Jung In Sol. Mereka kini memiliki cukup pemain untuk memasuki kompetisi dan mencoba melambung ke ketinggian baru.

3. Run On (2020-2021)

Meski drama ini cukup underrated, tapi Run On menjadi drama yang cukup populer di Indonesia. Dalam drama ini berkisah tentang Ki Seon-gyeom, seorang atlet lari cepat nasional yang selalu menang di urutan kedua. Ia tumbuh di sebuah keluarga yang sangat sibuk sehingga membuat hidupnya dilewati tanpa interaksi sosial dan hubungan yang baik dengan orang tuanya.

Perjalanan kariernya pun cukup penuh perjuangan, hingga akhirnya ia memilih untuk menjadi pelatih. Ia kemudian bertemu dengan Oh Mi-joo, seorang penerjemah film. Seon-gyeom menganggap Mi-joo sebagai teman sejati pertamanya yang akhirnya keduanya jatuh cinta.

Punya hubungan yang positif, pasangan ini menjadi support system satu sama lain dalam pekerjaan mereka. Banyak penggemar yang jatuh hati dengan keduanya dan berharap mereka bisa berlayar juga di dunia nyata.

4. Fight for My Way (2017)

Cukup kocak tapi juga haru, Fight for My Way jadi drama Korea olahraga yang juga mengambil tema persahabatan. Drama yang diperankan Park Seo Joon dan Kim Ji Won ini, mengisahkan sekelompok orang yang tidak diunggulkan dengan impian besar.

Ko Dong-man (Park Seo-joon) adalah mantan pemain taekwondo yang dulu terkenal, namun harus berhenti karena masa lalu yang menyakitkan, kini menjadi petarung bela diri campuran tanpa nama. Dong-man sempat ditentang oleh sahabatnya Choi Ae-ra saat ingin kembali ke dunia tersebut.

Namun, karena Dong-man yakin dan cinta dengan dunia olahraga itu, akhirnya Ae-ra merelakannya. Kedua sahabat itu akhirnya jatuh cinta. Mereka juga saling mendukung serta melindungi satu sama lain. Kisah perjuangan dan romansa manis memenuhi drama ini ditambah dengan aksi kocak keempat sahabat.

5. Hot Stove League (2017)

Punya rating tinggi, Hot Stove League memang drama Korea olahraga yang seru abis. Berbeda dari cabang olahraga sebelumnya, Hot Stove League bergelut dalam olahraga bisbol. Drama SBS satu ini mengisahkan dua manajer yang memiliki tujuan untuk membawa tim bisbol mereka dari liga bawah ke puncak.

Baek Seung-soo adalah seorang manajer olahraga dengan resume emas walau belum pernah memegang bisbol. Ia ditunjuk sebagai manajer umum untuk tim Dreams. Dia tidak memiliki kepribadian yang sangat baik tetapi dia bertekad untuk menjadikan tim yang terbaik.

Di klub lain ada Lee Se-young, yang adalah satu-satunya manajer wanita di liga dan sangat bersemangat untuk timnya. Meskipun dia telah bekerja di bidang ini selama sepuluh tahun sejak kuliah, dia tidak pernah menyerah.

6. Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016-2017)

Weightlifting Fairy Kim Bok-joo mengambil latar tentang para atlet di universitas atlet. Kisahnya tentang Kim Bok-joo (Lee Sung Kyung), seorang perempuan muda yang mengejar mimpinya sebagai atlet angkat besi di kampus perguruan tinggi atlet. Di samping itu ada Jung Joon-hyung (Nam Joo Hyuk), yang juga meraih mimpinya sebagai atlet renang.

Keduanya punya hubungan yang kurang baik awalnya, dan Joon-hyung sering menggoda Bok-joo, namun akhirnya mereka saling jatuh cinta dan berpacaran yang membuat teman-teman mereka amat terkejut.

7. Thumping Spike (2016)

Thumping Spike mengisahkan tim voli SMA Daehan yang bercita-cita untuk mencapai puncak kejuaraan. Kang Se Ra (Hwang Seun Eon), seorang pemain bola voli wanita, mengalami insiden yang tidak menguntungkan, yang membuatnya merosot tiba-tiba dan bermasalah dengan hukum.

Untuk menghindari tuntutan hukum, dia mendapati dirinya terjebak melatih tim voli sekolah menengah pria yang gagal ini di mana Hwang Jae Woong (Song Jae Rim) adalah pemain bintang. Namun, anggota tim lainnya tidak berada di dekat levelnya dan rekor tim tetap buruk.

Selain itu, Se Ra dan Jae Woong terus-menerus bertengkar. Tapi kekesalan berubah menjadi romansa saat percikan api mulai berkobar di dalam dan di luar lapangan. Se Ra menyadari bahwa di balik penampilan sarkastik Jae Woong, dia memiliki sisi lembut padanya. Kira-kira mampukah tim voli Daehan bisa meraih puncak kejuaraan?

8. Puck! (2016)

asianwiki.com

Puck! merupakan drama Korea olahraga yang mengisahkan Joon-man (Lee Kwang Soo), yang mau tak mau bekerja kepada seorang bos geng di lingkungannya. Hal tersebut karena sang istri memiliki hutang terlalu banyak kepada seseorang rentenir.

Joon-man kemudian bekerja sebagai rentenir, padahal, ia dikenal sebagai seorang yang hangat dan cukup ramah kepada semua orang. Dirinya pun berubah. Demi menagih utang dari seorang pelatih hoki, ia rela bergabung dalam tim yang dipimpin pelatih tersebut. Namun tak disangka, seiring berjalannya waktu ia malah jadi akrab dengan anggota tim hoki tersebut.

9. Cheer Up! (2015)

Cheer Up! atau Sassy Go Go merupakan drama Korea olahraga yang berlatar di sejolah menengah elit, Sevit High School. Drama ini mengikuti kehidupan lima siswa ketika mereka berusaha untuk bertahan hidup di lingkungan elitis akademik yang kuat.

Kang Yeon-doo (Jung Eun-ji) adalah pemimpin klub tari jalanan "Real King", yang diisi dengan sekelompok siswa yang bersatu karena kinerja akademis mereka yang buruk. Sedangkan Kim Yeol (Lee Won-keun) adalah Presiden "Baek Ho" dari klub elit yang terdiri dari siswa 5 persen teratas.

Pada suatu waktu, kedua klub tersebut harus bergabung untuk membentuk kelompok cheerleader atau pemandu sorak. Saat mereka melakukan latihan bersama, banyak hal yang terjadi.

10. High School King of Savvy (2014)

Drakor olahraga selanjutnya adalah High School King of Savvy tentang olah raga hoki. Kisahnya mengikuti Lee Min-suk (Seo In-guk), siswa sekolah menengah dan pemain hoki es universitas. Ia dan kakak laki-lakinya Hyung-suk terlihat sangat mirip, meski terpaut usia sembilan tahun.

Suatu hari, ia mendapat telepon misterius dari sang kakak yang menyuruhnya untuk meniru saudaranya di pekerjaan baru yang terakhir, Min-suk dipaksa untuk berpura-pura menjadi eksekutif berpangkat tinggi di konglomerat IT.

Dalam kehidupan ganda ini, Min Suk berjuang antara hoki es dan menjadi direktur perusahaan. Dia juga harus bersaing dengan dua saudara perempuan yang tidak tahu bahwa mereka telah jatuh cinta pada orang yang sama.

11. Birdie Buddy (2011)

imdb.com

Birdie Buddy menceritakan gadis desa ceria yang rendah hati dari Gangwon bernama Sung Mi-soo (Uee). Walaupun berasal dari keluarga miskin, tapi ia tak pernah melunturkan cita-citanya untuk menjadi pemain golf profesional.

Di sisi lain, ada Min Hae-ryung (Lee Da-hee), atlet elite yang telah dipersiapkan untuk golf profesional sejak usia muda. Ia ditempatkan di lingkungan terbaik untuk bermain golf dan bisa mengendalikan emosi dengan baik. Namun, di balik semua kesempurnaanya itu, ia punya luka emosional yang cukup dalam.

Kedua gadis dari latar belakang berbeda itu bertemu saat mereka sama-sama berguru ke mantan pegolf pro John Lee (Lee Yong-woo). Mi-soo dan Hae-ryung pun ditempa oleh John Lee untuk meraih kejuaraan nasional dan bahkan internasional.

12. Just Dance (2018)

Just Dance adalah drakor yang mengisahkan olahraga sekaligus meraih mimpi. Berkisah tentang Lee Shi Eun(Park Se Wan) yang bermimpi mengejar pendidikan universitas. Untuk mewujudkannya, dia bergabung dengan klub olahraga dansa untuk meningkatkan kredensial sekolahnya.

Sepanjang jalan, Shi Eun membangun persahabatan yang solid dengan anggota klub. Ketika mereka mencoba untuk menemukan tujuan mereka, ternyata masing-masing anggota memiliki kisah-kisah inspiratif meskipun latar belakang keluarga mereka mengecewakan.

Melalui menari, mereka dapat mengejar dan menikmati gairah, sambil menjalin persahabatan yang tidak mungkin terjadi berdasarkan kepribadian mereka. Klub tersebut dibimbing oleh seorang guru yang tidak pernah menyerah pada kekurangan mereka. Dia membantu menumbuhkan kepercayaan diri murid-muridnya untuk bertahan karena tidak peduli seberapa keras hidup ini, selalu ada hikmahnya.

13. Short (2018)

Cuma empat episode, tapi drakor olahraga satu ini sangat menarik untuk ditonton. Short memberi kita sedikit gambaran tentang speed skating trek pendek, olahraga Olimpiade yang terkenal di Korea Selatan.

Ini mengikuti kisah Kang Ho Young (Kang Tae Oh), seorang skater dari pedesaan yang memasuki Universitas Kangbaek setelah dibina. Ia menjadi saingan Park Eun Ho (Yeo Hoi Hyeon), yang berasal dari keluarga olahragawan dan dikenal sebagai Raja Skating Cepat Lintasan Pendek.

Meski bersaing, seiring berjalannya seri, mereka mulai menjalin persahabatan. Rupanya, mereka juga menyukai orang yang sama yaitu Yoo Ji Na (diperankan oleh Kim Do Yeon), gadis yang ikut audisi untuk menjadi anggota girl group. Wah, bagaimana kira-kira persahabatan dan kisah cinta mereka, ya?

Itulah 13 drama Korea olahraga dari yang sudah tamat hingga terbaru yang harus kamu tonton.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration