Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dirayakan Tiap Tahun, Ini Sejarah, Makna, dan Prank Terkenal April Mop

Siapa yang sudah kena prank?

Natasha Cecilia Anandita

April Mop atau dalam bahasa Inggrisnya April Fools’ Day dirayakan pada setiap tanggal 1 April.  Tahukah kamu, kalau April Mop menjadi hari libur ‘bohongan’ bagi beberapa budaya dan tradisi. 

Nah, tradisi April Mop di dalamnya terdiri dari mengeluarkan hoax atau lelucon praktis tentang orang lain, lalu meneriakkan "April Mop!" di akhir petunjuk tentang topik lelucon April Mop.

Meski selalu dirayakan namun belum ada kepastian tentang sejarah atau asal-usul dari April Mop. Terdapat beberapa teori dan makna yang dikemukakan oleh para sejarahwan mengenai spekulasi munculnya April Mop dikutip dari History.com. Simak penjelasannya berikut ini!

Asal usul April Mop

history.com

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa Hari April Mop berasal dari tahun 1582, saat Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian. Dalam kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan titik balik musim semi sekitar 1 April. Sementara kalender Gregorian, tahun baru dimulai pada 1 Januari.

Kelambatan penyebaran berita tentang beralihnya penanggalan tersebut kepada masyarakat, maka sebagian masyarakat masih merayakan tahun baru pada akhir Maret sampai 1 April. Hal itu pun menjadi bahan candaan dan lelucon yang disebut dengan “April Fools”. Gurauan ini termasuk dengan menempatkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai "poisson d'avril" (ikan April), yang melambangkan ikan muda yang mudah ditangkap dan orang yang mudah tertipu.

history.com

Festival Hilaria

history.com

Sejarawan juga mengaitkan April Mop dengan festival seperti Hilaria (dalam bahasa Latin kegembiraan ), yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret, oleh pengikut kultus Cybele. Dalam festival itu, orang-orang berdandan dan menyamar serta mengejek sesama warga bahkan hakim. Dikatakan bahwa hal tersebut terinspirasi oleh legenda Mesir tentang Isis, Osiris dan Seth.

Vernal Equinox dan April Mop

pixabay.com/kanenori

Ada juga spekulasi bahwa Hari April Mop terkait dengan titik balik musim semi, atau hari pertama musim semi di Belahan Bumi Utara. Di saat itu, alam seakan membodohi orang-orang dengan perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi.

Sejarah Hari April Mop

history.com

Hari April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi ini dilakukan selama dua hari. Hari pertama dimulai dengan "berburu burung gowk", di mana orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh). Hari kedua diikuti oleh “Hari Ekor”, yang melibatkan lelucon yang dimainkan pada bagian belakang seseorang, seperti menjepit ekor palsu atau tanda "tendang aku" di belakang tubuh mereka. Kamu pernah ikutan, nggak, Bela?

Pranks April Mop terkenal

history.com

Di zaman modern, orang-orang membuat tipuan April Mop yang lebih rumit lagi. Surat kabar, stasiun radio dan TV serta situs web telah berpartisipasi dalam tradisi ini contohnya adalah melaporkan klaim fiktif yang keterlaluan yang membodohi audiens mereka.

Pada tahun 1957, BBC melaporkan bahwa petani Swiss mengalami rekor panen spaghetti dan menunjukkan rekaman orang memanen mi dari pohon. Pada tahun 1985, penulis Sports Illustrated, George Plimpton menipu banyak pembaca ketika dia membuat artikel yang dibuat-buat tentang pelempar pemula bernama Sidd Finch yang bisa melempar bola cepat lebih dari 168 mil per jam.

Di tahun 1992, Radio Publik Nasional menggemparkan publik Amerika dimana mantan Presiden Richard Nixon mengatakan dia mencalonkan diri sebagai presiden lagi. Tapi ternyata itu hanyalah lelucon April Mop dan dikatakan oleh seorang aktor dan bukan oleh Nixon sendiri. Segmen itu menjadi lelucon April Mop yang paling terkenal.

weird-facts.org

Tak hanya itu, Taco Bell, jaringan restoran cepat saji, menipu orang-orang ketika mengumumkan telah setuju untuk membeli Liberty Bell Philadelphia dan bermaksud untuk menamainya Taco Liberty Bell pada tahun 1996.

Selain Taco Bell, Burger King juga membuat lelucon April Mop yang mendunia. Pada tahun 1998, Burger King mengiklankan "Left-Handed Whopper," atau burger untuk orang kidal. Banyak orang yang termakan oleh iklan palsu itu dan memesan si “burger kidal”.

Google pun terkenal dalam menyelenggarakan lelucon Hari April Mop tahunan mulai dari "pencarian telepati" hingga kemampuan untuk memainkan Pac Man di Google Maps.

Nah, lelucon klasik April Mop biasanya adalah menutupi toilet dengan bungkus plastik atau mengganti gula dan garam. Kalau kamu pernah yang mana nih, Bela?

Itu dia asal-usul dan makna dari April Mop yang selalu dirayakan pada tanggal 1 April. Kamu tim kena prank atau buat prank, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration