Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern untuk Tipe 45 

Yuk, intip denah desain rumah minimalis kekinian

Natasha Cecilia Anandita

Rumah dengan desain minimalis modern kian diminati terutama bagi para generasi milennial. Salah satu tipe rumah minimalis yang menjadi incaran adalah rumah type 45. Ukuran rumah tipe ini tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil, sehingga cocok bagi kamu yang ingin punya rumah sendiri atau bagi keluarga muda.

Berikut inspirasi gambar desain dan denah rumah type 45 yang minimalis modern untuk rumah impianmu.

1. Rumah tipe 45 sederhana

99.co

Denah sederhana ini sesuai untuk kamu yang memiliki budget terbatas. Bagian depan terdapat halaman kecil dan garasi. Masuk ke bagian dalam area tengah, terdapat ruang tamu dan ruang makan. Sebelah kiri terletak dua kamar berdampingan sedangkan di sebelah kanan terdapat satu kamar mandi dan dapur. Di bagian belakang bahkan masih terdapat sisa lahan untuk dijadikan halaman belakang.

2. Rumah dengan built-in storage untuk kamu yang tinggal sendiri

Home-designing.com

Untuk kalian yang ingin tinggal sendiri, denah rumah type 45 dengan satu kamar tidur seperti ini akan sangat memadai untuk kebutuhan pribadimu.

Elemen utama dalam desain ini adalah adanya sistem built-in untuk storage atau penyimpanan. Denah ini menyisakan ruang ekstra untuk ruang bersantai, dapur dan ruang makan, serta wardrobe closet pribadi. Jika kamu adalah seorang kolektor, kamu bisa menyimpan berbagai koleksimu di built-in storage tersebut.

3. Rumah tipe 45 dengan dua lantai

99.co

Rumah type 45 juga bisa hadir dalam bentuk dua tingkat atau lebih. Gambar di atas adalah inspirasi denah rumah type 45 dengan dua level lantai. Tingkat pertama, dapat difokuskan untuk kegiatan bersantai atau berkumpul. Di tingkat kedua, area rumah lebih difokuskan untuk ruang istirahat. Dilengkapi dengan tiga kamar tidur yang luas, satu ruang kamar mandi, satu ruang laundry di bagian belakang, serta balkon di bagian depan untuk bersantai.

4. Ruang terbuka hijau yang luas

lamudi.co.id

Keberadaan taman di halaman rumah saat dianggap cukup penting bagi sebagian orang. Terlebih bagi kalian yang suka berkebun. Taman tak hanya indah bagi pandangan mata namun juga memberikan suasana segar bagi penghuninya. Jika kamu memiliki  bidang tanah yang luas, namun ingin hunian yang mungil, denah ini dapat menjadi inspirasinya. Kalian bisa membuat taman pribadi di sekeliling rumah.

5. Ruang tamu melingkar

insinyurbangunan.com

Ingin denah rumah dengan bagian ruang tamu yang unik? Desain ini bisa kamu coba aplikasikan. Area ruang tamu akan menjadi focal point (elemen paling menarik) yang bagus untuk hunianmu. Namun, desain ini hanya cocok digunakan jika kamu tinggal seorang diri atau masih berdua bersama pasangan, sebab hanya ada satu kamar tidur di dalamnya.

6. Garasi yang luas

99.co

Jika kalian dan anggota keluarga memiliki kendaraan masing-masing, pastinya kalian memerlukan garasi yang luas. Untuk memudahkan mobilitas tanpa harus merepotkan satu sama lain, denah berikut ini bisa kalian terapkan. Kalian bisa membangunnya dengan menghilangkan area halaman agar penggunaan lahan lebih maksimal.

7. Teras luas memanjang

99.co

Kamu yang suka bersantai dengan keluarga, denah rumah type 45 ini pas dengan memaksimalkan lahan yang luas. Denah ini terbagi dari tiga bagian utama, yaitu bagian depan yang terdiri dari teras rumah, bagian tengah untuk ruang tamu dan dapur, serta belakang untuk kamar tidur. Penghuni rumah bisa bersantai bersama keluarga dengan ruang terbuka yang luas, meski hunian terbatas.

8. Ruang serba fungsional

pinterest.com

Kamu juga bisa memaksimalkan ruang di desain rumah type 45. Dalam denah rumah 3 kamar ini, dapur dan ruang makan terdapat di bagian tengah rumah. Sementara kamar tidur terpisah pada tiga sudut denah dan salah satu sudut menjadi ruang tamu atau ruang keluarga utama. Dilengkapi dengan dua kamar mandi yang terapit oleh kamar tidur dan ruang tamu. Bahkan masih tersisa ruang teras minimalis untuk denah rumah type 45 dengan tiga kamar tidur ini.

Dari delapan inspirasi gambar desain dan denah rumah type 45 di atas, mana yang paling menarik minatmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration