Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Dia 7 Cara Ampuh Basmi Kutu Kasur

Bahan-bahannya ada di sekitar kita, lho!

Natasha Cecilia Anandita

Kutu kasur adalah hama yang tidak boleh dibiarkan. Keberadaannya tidak hanya mengurangi kenyamanan saat tidur, tapi juga membuat kasur terlihat kotor dan berbau apek. Sama seperti jenis kutu lainnya kutu kasur termasuk hewan yang mudah berkembang biak dan dapat menyebar ke sudut rumah lainnya dengan cepat. 

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membasmi kutu kasur, salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Di bawah ini ada 7 cara membasmi kutu kasur dan telurnya dengan bahan-bahan yang mudah.

1. Campuran air garam

pexels.com/artembeliaikin

Cara pertama kamu hanya perlu membuat larutan air garam dan dimasukkan ke botol. Setelah itu semprotkan ke area yang menjadi sarang kutu kasur secara menyeluruh. Sederhana, bukan?

2. Campuran minyak tanah dan kapur barus

gettyimages/istockphoto

Selanjutnya kamu dapat mencampurkan minyak tanah dan kapur barus, masukan ke dalam botol pemyemprot, lalu semprotkan ke semua sudut yang menjadi sarang kutu kasur. Campuran ini sangat ampuh untuk membasmi si kutu kasur yang mengganggu.

3. Menyemprotkan cuka

pexels.com/cottonbro

Cara satu ini juga tak kalah mudah. Selain untuk penyedap masakan, cuka juga bisa diandalkan untuk membasmi kutu kasur, lho. Cukup pindahkan cuka ke botol semprot dan semprotkan ke sarang-sarang kutu. Tidak perlu dicampur dengan air, ya!

4. Menaburkan gel silika

ehow.com

Selain cara di atas kamu juga dapat menggunakan gel silika. Butiran berpori yang dibuat secara sintetis ini terbuat dari natrium silikat. Butiran ini biasa didapatkan ketika membeli barang-barang tertentu, seperti sepatu, tas, ataupun makanan kering. Jika kamu memilikinya di rumah atau mendapatkannya, jangan langsung dibuang, ya. Gel silika dapat dimanfaatkan untuk membasmi kutu kasur.

Caranya adalah taburkan di seluruh ruangan dan kasur, kutu kasur pun akan menempel pada gel ini dan mati dengan sendirinya. Tapi, hati-hati ya, jika ada anak yang masih kecil atau jika ada hewan peliharaan di rumah, sebaiknya jangan gunakan cara ini. Pasalnya, apabila gel silika yang tersebar tertelan oleh mereka akan mengakibatkan dehidrasi.

5. Meneteskan cairan lilin

pexels.com/matejnovosad

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan lilin. Teteskan cairan yang keluar dari lilin yang dibakar ke sarang-sarang kutu kasur. Takarannya sesuaikan dengan kebutuhanmu. Cara alami ini cukup efektif untuk membasmi kutu kasur.

6. Kulit durian

pexels.com/maddog

Selain buahnya yang enak dimakan, kulitnya juga berguna, nih, untuk mengusir kutu kasur atau tungau ini. Caranya adalah letakkan kulit durian di sarang tungau. Bau menyengat yang keluar dari kulit durian akan membasmi hama tersebut. Tapi kamarmu juga akan dipenuhi  bau durian, bagi kamu yang tidak suka dengan durian, disarankan tidak memakai cara ini.

7. Menyemprotkan insektisida

static-01.daraz

Insektisida memang obat ampuh untuk membasmi hama, tak terkecuali si kutu kasur. Karena akan disemprotkan ke tempat tidur, sebaiknya pilih obat pembasmi nyamuk atau insektisida yang tidak terlalu keras.

Nah, itu dia 7 cara ampuh membasmi kutu kasur dan telurnya dengan bahan-bahan di sekitar kita.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration