Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cukup Berbeda, Ini Nama Asli 11 Artis Indonesia Keturunan Tionghoa

Dari Sandra Dewi hingga Rich Brian

Natasha Cecilia Anandita

Nama keturunan Tionghoa di Indonesia biasanya memiliki ciri khas tersendiri. Mungkin ada yang menyempilkan marga mereka, seperti Lim, Tan, Lauw atau nama khas Indonesia yang banyak digunakan, seperti Kurniawan, Wijaya, dan lainnya.

Begitu juga dengan 12 artis keturunan Tionghoa berikut ini. Mereka memiliki nama asli dan nama panggung yang cukup berbeda. Bahkan beberapa cukup panjang dan amat berbeda, serta memiliki sejarah sendiri. Berikut sederetan artis Indonesia keturunan Tionghoa dengan nama panggung dan asli yang unik.

1. Chelsea Olivia

instagram.com/chelseaoliviaa

Aktris cantik sekaligus istri dan ibu dari dua anak ini juga merupakan seorang keturunan Tionghoa. Darah Tionghoa Chelsia berasal dari sang ayah, sementara sang ibu merupakan keturunan Amerika. Nama asli dari Chelsea Olivia sendiri adalah Chelsea Olivia Wijaya. Nama Wijaya sendiri kerap kali digunakan para keturunan Tionghoa di Indonesia sebagai salah satu nama belakang.

2. Sarwendah

instagram.com/sarwendah29

Sebelum mengganti nama menjadi Sarwendah, putri dari pasangan Tionghoa Hendri Klow dan Rospita Tyoa itu memiliki nama Wenda Tan. Istri Ruben Onsu ini mengganti namanya setelah menikah, lantaran ia pernah sakit-sakitan dan mengalami keguguran.

3. Joshua

instagram.com/jojosuherman

Joshua atau dikenal dengan Jojo dengan pengucapan medok, mendapat warisan darah Tionghoa dari sang ibunda, Lisa Suherman. Penyanyi cilik yang kini juga merambah ke dunia layar lebar dan konten kreator, memiliki nama asli Joshua Suherman.

4. Agnez Mo

instagram.com/agnezmo

Sempat gegerkan publik karena mengaku tidak berdarah Indonesia, Agnez Mo buka-bukaan bahwa dirinya hanya lahir di Indonesia. Pemilik nama asli Agnes Monica Muljoto tersebut, dalam wawancara dengan media luar negeri, mengaku berdarah Jerman, Jepang dan Tionghoa. Mengawali karier sebagai penyanyi cilik dan bintang cilik dengan nama Agnes Monica, nama panggungnya pun berubah menjadi Agnez Mo ketika mulai go International.

5. Baim Wong

instagram.com/baimwong

Nama Baim Wong memang melekat sekali pada Baim. Wong menjadi nama panggung yang membuat publik benar-benar meyakini bahwa dirinya adalah keturunan Tionghoa. Dan faktanya memang demikian, ia mewarisi darah Tionghoa dari sang ayah, yang bernama Johnny Wong. Namun sebenarnya nama asli aktor yang kini Youtuber itu adalah Muhammad Ibrahim. Beda banget, ya, Bela?

6. Boy William

instagram.com/boywilliam17

Wajah oriental Boy William memang tak bisa dipungkiri bahwa dirinya memiliki keturunan Tionghoa. Presenter dan aktor yang pernah tinggal dan bersekolah di New Zealand ini, merupakan putra dari pasangan keturunan Tionghoa, Hartono Hartanto dan Yulianty Lazuardi. Aktor yang sering disebut Choi Siwonnya Indonesia ini ternyata memiliki nama asli William Hartanto.

Nama 'Boy' yang kini menjadi nama panggungnya itu merupakan julukan lantaran ia paling muda dari teman-teman di SMA yang namanya sama-sama William. Awalnya ia hanya memakai nama Boy William pertama kali untuk akun Twitter.

7. Sandra Dewi

instagram.com/sandradewi88

Lahir di Pangkal Pinang, Sandra Dewi mewarisi darah dari tiga daerah sekaligus. Ia merupakan keturunan Tionghoa, Palembang dan Belanda. Nama aslinya cukup panjang, yaitu Monica Nicholle Sandra Dewi Gunawan Basri. Kini istri dari Harvey Moeis itu fokus mengurus dua putranya sambil berbisnis dari rumah serta melakukan pemotretan endorsement.

8. Joe Taslim

instagram.com/joe_taslim

Aktor yang telah merambah hingga Hollywood, Joe Taslim, memiliki wajah oriental tapi kerap kali dikira orang Jepang, lho! Aktor yang dulunya atlet nasional judo ini adalah keturunan Tionghoa dengan nama asli Johannes Taslim.

9. Deddy Corbuzier

instagram.com/mastercorbuzier

Kerap tampil garang, Deddy Corbuzier merupakan keturunan Tionghoa juga, Bela. Berbeda dari nama panggungnya, nama asli Youtuber podcast dan mentalis itu cukup panjang. Ia terlahir dengan nama asli Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo.

10. VJ Daniel

instagram.com/vjdaniel

VJ dan host kenamaan yang sering muncul di TV ini, kini juga sibuk menjadi content creator yang menginspirasi. Mengawali karier sebagai VJ dengan nama panggung VJ Daniel, entertainer keturunan Tionghoa yang lahir di Singkawang ini memiliki nama asli Daniel Mananta yang kini juga menjadi nama panggungnya.

11. Rich Brian

instagram.com/brianimanuel

Rapper yang berkarier di luar negeri ini dikenal dengan nama panggung Rich Brian. Melejit dan sukses di usianya yang masih 22 tahun, musisi Indonesia ini merupakan keturunan Tionghoa yang bernama asli Brian Imanuel Soewarno. Bungsu dari empat bersaudara itu kini bahkan masuk dalam line up dari musisi yang akan tampil di festival musik musim panas Amerika Serikat, Coachella, dan sedang merilis album dan lagu barunya.

Itulah sederet nama asli artis Indonesia keturunan Tionghoa. Ada favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration