Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Menjaga Baterai HP agar Awet dan Nggak Boros

Aman dibawa ke mana-mana

Nafi' Khoiriyah

HP merupakan satu barang yang akan selalu dibutuhkan kapan saja dan di mana saja. Namun saking seringnya dipakai, baterai HP jadi mudah habis meski sebelumnya sudah terisi penuh. 

Kalau kamu sering mengalaminya, mungkin saja selama ini ada beberapa hal yang membuat baterai HP-mu menjadi cepat habis.

Berikut ini adalah tujuh tips menjaga baterai HP yang bisa kamu terapkan untuk pengguna Android maupun iPhone. 

1. Jangan membuat baterai HP sampai 0% atau 100%

freepik.com/rawpixel.com

Banyak orang yang mengisi daya HP sampai penuh 100% dan banyak pula yang memakai HP hingga baterainya 0%. Ternyata, kedua hal itu sama-sama tidak disarankan, lho. 

Untuk perangkat iPhone, disarankan untuk menjaga baterai antara 20% dan 80% saja. Hindari membiarkannya sampai di bawah 20% atau mengisinya sampai 100% karena bisa menyebabkan panas berlebih. 

Hal itu juga berlaku untuk perangkat Android. Kamu perlu menjaga baterai di kisaran 20% sampai 80% untuk memperpanjang masa pakai baterai. 

2. Matikan Wifi dan Bluetooth kalau tidak digunakan

freepik.com/freepik

Tips menjaga baterai HP selanjutnya adalah dengan mematikan Wifi dan Bluetooth saat tidak digunakan. Biasanya, masa pakai baterai cepat habis karena membiarkan keduanya menyala saat tidak digunakan. 

Padahal, saat Wifi dan Bluetooth menyala, keduanya akan memindai jaringan atau perangkat lainnya yang bisa terhubung. Apalagi jika kamu berpindah-pindah tempat. Hal ini berlaku untuk perangkat Android maupun iPhone. 

3. Sesuaikan kecerahan layar HP

freepik.com/diana.grytsku

Kecerahan layar juga sangat berpengaruh dalam penggunaan baterai. Kalau kamu ingin menghemat baterai, maka sesuaikan kecerahan layar ke pengaturan yang terendah. Sebab jika kecerahan layar terlalu tinggi, maka akan menyedot daya baterai dengan cepat.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur auto brightness yang bisa secara otomatis mengatur kecerahan sesuai dengan lingkungannya. Jadi, baterai HP-mu akan lebih hemat dan tahan lama. 

4. Optimalkan penggunaan mode hemat daya

freepik.com/lookstudio

Baik perangkat Android maupun iPhone kini sudah dilengkapi dengan mode hemat daya. Hal itu bisa menjadi tips menjaga baterai HP lainnya.

Mode hemat tersebut bisa mengurangi fungsi yang menguras penggunaan baterai secara otomatis. Misalnya, penggunaan CPU, notifikasi, email, maupun kecerahan layar.

Banyak yang tak menyadari meski mereka tidak menggunakan HP terus menerus, tetapi baterai tetap cepat habis. Mode hemat baterai juga akan mengurangi tekanan pada baterai ponselmu, lho.

5. Matikan push notification

freepik.com/rawpixel.com

Banyak orang yang mengaktifkan push notification dengan suara atau pop up jika ada pesan masuk, email baru, atau berita terkini. Hal itu mengharuskan perangkat untuk terhubung ke internet secara terus menerus sehingga akan menghabiskan baterai. 

Meski begitu, notification pada HP bagi beberapa orang sangatlah penting. Solusinya adalah dengan menonaktifkan push notification untuk aplikai aplikasi yang dirasa kurang penting. Kamu bisa membuka pengaturan notifikasi itu di ponsel iPhone maupun Android. 

6. Periksa aktivitas latar belakang HP

freepik.com/freepik

Aktivitas latar belakang aplikasi tanpa disadari juga akan menguras daya dengan cepat. Apalagi, banyak aplikasi yang masih terbuka di latar belakang HP-mu.

Nah, tips menjaga baterai HP adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang aktif di latar belakang tersebit. Jika tidak bisa, kamu bisa melakukan disable bloatware yang bisa dilakkan di menu Settings, Apps, dan Disable. 

7. Jangan biarkan layar menyala terlalu lama

freepik.com/freepik

Android dan iPhone sekarang sudah secara otomatis akan meredupkan layar atau mengunci layar saat tidak ada aktivitas. Hal itu akan efektif untuk mengurangi penggunaan baterai. 

Biasanya, ada pengaturan berapa lama layar akan meredup atau mengunci secara otomatis. Setelah terkunci, maka pemilik harus memasukkan pin atau sidik jari untuk mnegaktifkan HP kembali. 

Kalau kamu diminta untuk memilih 30 detik, 1 menit, atau 2 menit, sebaiknya pilih yang 30 detik. Sebab, waktu tersebut ideal untuk mengurangi penggunaan HP dan untuk meningkatkan keamanan HP. 

Ternyata, ada berbagai faktor yang tanpa disadari membuat baterai HP menjadi cepat habis. Semoga tips menjaga baterai HP di atas bisa membantumu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration