Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Rekomendasi Film Bertema Sejarah Islam yang Inspiratif

Banyak pelajaran yang bisa diambil

Nafi' Khoiriyah

Dalam momentum Ramadan, tontonan yang Islami menjadi hiburan yang tepat untuk menunggu waktu berbuka puasa. Selain bisa menambah wawasan, ada berbagai film bertema sejarah Islam yang juga dapat memperdalam keislaman dan keimanan kita. 

Namun, tidak banyak yang tahu apa saja judul film tersebut karena tak banyak yang berasal dari Indonesia. Maka dari itu, Popbela.com akan memberi rekomendasi film bertema sejarah Islam untuk kamu tonton saat bulan Ramadan. 

Yuk, lihat deretan film dan sinopsisnya di bawah ini, Bela!

1. The Message

imdb.com

Rekomendasi film bertema sejarah Islam pertama berjudul The Message. Film yang dirilis pada tahun 1976 ini mengisahkan kehidupan Nabi Muhammad SAW dalam menyiarkan agama Islam. 

Dirilis dalam bahasa Arab dan Inggris, The Message dimulai sejak Rasulullah SAW menerima wahyu di Gua Hira sampai peristiwa menentang para pemimpin kaum Quraisy.

Film ini merupakan karya dari sutradara Moustapha Akkad dan diperankan oleh Anthony Quinn, Irene Papas, Michael Ansara, Johnny Sekka, hingga Michael Forest. Tidak perlu khawatir, Nabi Muhammad SAW dalam film ini tidak digambarkan secara visual. 

2. Fetih 1453

wikimedia.org

Fetih 1453 merupakan film Turki tentang sejarah Islam mengenai penaklukan Konstantinopel. Disutradarai oleh Faruk Aksoy, film ini bermula dari rencana penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Mehmed II (Devrin Evin). 

Menginjak usianya ke-12 tahun, ia diangkat menjadi sultan. Sultan Mehmed II dikenal sebagai raja yang ambisius. Ia percaya bahwa ia ditakdirkan untuk menaklukkan Konstantinopel. 

Akhirnya pada suatu malam, Sultan Mehmed II memimpin ribuan tentara ke gerbang kota untuk menaklukkan Konstantinopel sampai menang. Film Fetih 1453 ini tayang sejak 2012 lalu dan masih bisa ditonton hingga saat ini. 

3. Omar ibn Al Khattab

imdb.com

Kisah sahabat Nabi Umar bin Khattab juga dituangkan dalam seri film berjudul Omar ibn Al Khattab. Dirilis pada 2012 lalu, alur film ini berpusat tentang kepemimpinan Umar bin Khattab usai menggantikan posisi Abu Bakar sebagai khalifah. 

Rekomendasi film bertema sejarah Islam di atas juga menceritakan kilas balik saat Umar yang dulunya menentang Islam kemudian justru memeluk Islam karena mendapat hidayah dari Allah SWT. 

Bukan hanya itu, film Omar ibn Al Khattab pun memberikan gambaran mengenai seberapa besar pengaruh Umar dalam menyebarkan agama Islam. Bahkan, terdapat cerita mengenai pembebasan Bilal dan kejahatan Abu Jahal dan Abu Lahab dalam film ini. 

4. Lion of the Desert

wikimedia.org

Julukan Singa Padang Pasir mungkin sudah tak asing lagi di telingamu. Sesuai dengan judul film ini, Lion of the Desert menceritakan tentang seorang pahlawan Islam asal Libya bernama Omar Mukhtar. Ia adalah sosok yang dijuluki sebagai Singa Padang Pasir. 

Pada tahun 1911 di bawah pimpinan Benito Mussolini, Italia meluaskan jajahannya sampai ke Libya. Namun pada tahun 1929, terjadi perlawanan sengit yang dipimpin Omar Mukhtar. 

Dengan kegigihannya, Omat melawan tank senjata Italia bersama pasukan Badui di atas kuda. Mereka akhirnya bisa menahan orang Italia tersebut selama bertahun-tahun sampai akhirnya Omar ditangkap dan dieksekusi. Namun, keberaniannya memperjuangkan kemerdekaan terus dikenang sebagai Lion of Desert. 

5. The Kingdom of Solomon

imdb.com

The Kingdom of Solomon menjadi film sejarah Islam selanjutnya tentang kisah Nabi Sulaiman AS. Film ini disutradarai oleh Shahriar Bahrani yang dirilis pada 2010 lalu di Iran. Seperti judulnya, The Kingdom of Solomon menceritakan tentang kisah hidup Nabi Sulaiman AS. 

Menceritakan tentang awal mula pengangkatannya menjadi raja, sosok Nabi Sulaiman AS yang cerdas tergambarkan dalam film ini. Kamu juga akan dibuat geram dengan orang-orang di sekitar Nabi Sulaiman AS yang tidak mengindahkan nasihat Nabi tentang pasukan jin dan setan. 

Adapun cerita dalam film The Kingdom of Solomon banyak diambil dari catatan tentang kehidupan Nabi dalam Al-Qur'an. 

6. Bilal: A New Breed of Hero

wikimedia.org

Rekomendasi film bertema sejarah Islam yang terakhir adalah film animasi Bilal: A New Breed of Hero. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata kehidupan Bilal bin Rabah yang dikenal dengan suaranya yang indah. 

Tayang sejak 2015 lalu di Dubai, Bilal: A New Breed of Hero berkisah tentang seorang anak laki-laki berusia 7 tahun yang bercita-cita menjadi seorang kesatria. Ia mengalami kekejaman dan ketidakadilan usai diculik bersama saudaranya. 

Walau begitu, Bilal akhirnya mendapatkan kekuatan dan menjadi muazin hingga menjadi sahabat Nabi Muhammad SAW. 

Demikian 6 rekomendasi film bertema sejarah Islam yang bisa kamu tonton bersama dengan keluarga sambil menunggu waktu berbuka. Semoga kamu bisa mendapatkan inspirasi tentang keislaman dari para tokoh muslim dalam film tersebut, ya.

Selamat menonton!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration