Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Sherina Munaf: Umur, Agama, Pendidikan, dan Fakta Terbaru

Mantan penyanyi cilik

Nafi' Khoiriyah

Nama Sherina Munaf tentu sudah tak asing lagi di telinga anak generasi 90-an. Selain muncul dalam film Petualangan Sherina bersama Derby Romero, ia juga sukses sebagai penyanyi cilik pada masanya. 

Kini, profil Sherina Munaf kembali banyak ditanyakan karena sequel film pertamanya dikabarkan segera muncul. Sherina kini juga sudah menikah bersama Baskara Mahendra yang merupakan aktor tanah air. 

Selengkapnya tentang profil Sherina Munaf, simak di bawah ini ya!

1. Biodata Sherina Munaf

instagram.com/sherinamunaf

Membahas profil Sherina Munaf, tak lengkap rasanya tanpa mengetahui biodata lengkapnya. Berikut adalah biodata lengkap Sherina Munaf. 

  • Nama asli: Sinna Sherina Munaf
  • Tempat lahir: Bandung, Jawa Barat
  • Tanggal lahir: 11 Juni 1990
  • Umur: 33 tahun
  • Agama: Islam 
  • Profesi: Penyanyi, penulis lagu, aktris
  • Pendidikan: British International School, University of Sydney 
  • Suami: Baskara Mahendra
  • Orang tua: Triawan Munaf (Ayah), Luki Ariani (Ibu)
  • Tahun aktif: 1999 sampai sekarang 

2. Keluarga Sherina Munaf

instagram.com/sherinamunaf

Meski sudah merintis karier sejak kecil, Sherina tetap mengutamakan pendidikannya. Tak mengherankan, sebab ia adalah putri kedua dari pasangan Triawan Munaf dan Luki Ariani. 

Triawan Munaf merupakan seorang mantan musisi dan politisi hingga saat ini. Sementara itu, pamannya adalah Faris Rustam yang merupakan penyanyi senior Indonesia. 

Darah seni dari keluarganya pun melekat pada diri Sherina. Sejak usia 9 tahun, ia bahkan sudah mencapai popularitasnya.

Adapun mengenai agama Sherina Munaf, ia mengikuti orang tuanya yang memeluk Islam. 

3. Perjalanan karier Sherina Munaf

instagram.com/sherinamunaf

Sherina pertama kali muncul dengan album Andai Aku Besar Nanti pada tahun 1999. Di dalamnya, ia mengeluarkan 7 judul lagu, di antaranya adalah Andai Aku Besar Nanti dan Kembali Ke Sekolah. 

Setelah itu, Sherina muncul di film layar lebar tahun 2000 berjudul Petualangan Sherina bersama Derby Romero. Film itu menjadi film anak-anak paling sukses sepanjang sejarah. 

Pada tahun 2002, ia bahkan sempat menyanyikan lagu I Have a Dream bersama dengan Westlife. Namun setelah itu, Sherina memutuskan vakum dari dunia hiburan untuk melanjutkan pendidikan di British School Jakarta. 

Setelah vakum 4 tahun, di tahun 2007 mantan penyanyi cilik itu muncul dengan album dewasa pertamanya yang berjudul Primadona. Sherina juga sempat membuat soundtrack film Laskar Pelangi dan Ayat Ayat Cinta. 

Di tahun 2010, istri Baskara Mahendra itu kembali merilis album berjudul Gemini. Lewat lagu dalam album tersebut yang berjudul Cinta Pertama dan Terakhir dan Geregetan, namanya kian melambung sebagai musisi. 

Tiga tahun kemudian, album Sherina muncul kembali dan berisi 8 buah lagu. Salah satu lagunya berjudul Sebelum Selamanya.

Selain sukses sebagai musisi tanah air, Sherina diam-diam melebarkan sayapnya dengan menjadi pengisi suara film animasi karya Studio Ghibli tahun 2020. 

4. Karya dan prestasi Sherina Munaf

instagram.com/sherinamunaf

Selanjutnya mengenai profil Sherina Munaf, tak lengkap rasanya jika tanpa karya dan prestasinya. Tak hanya film dan album yang ia keluarkan saja, putri kedua Triawan Munaf ini juga berhasil masuk dalam berbagai nominasi dan menjadi pemenang. 

  • Pemenang Album Anak Anak Terbaik Anugerah Musik Indonesia (tahun 1999)
  • Pemenang Pendatang Baru Terbaik Anugerah Musik Indonesia (tahun 1999)
  • Pemenang Most Talented Child Actress Asia Pacific Film Festival (tahun 2000) 
  • Pemenang Artis Solo Pria/Wanita Anak Anak Terbaik Anugerah Musik Indonesia (tahun 2000)
  • Pemenang Best Video of The Year MTV Indonesia Awards (tahun 2009)
  • Nominasi Penyanyi Pop Wanita Terbaik Anugerah Musik Indonesia (tahun 2010)
  • Nominasi Karua Produksi Kolaborasi Terbaik Anugerah Musik Indonesia (tahun 2014) 

5. Kehidupan asmara Sherina Munaf

instagram.com/baskaramahendra

Lama tak muncul di panggung dan layar kaca, kemunculan Sherina mengejutkan publik pada 3 November 2020 lalu. Pasalnya, Sherina muncul sambil mengabarkan pernikahannya bersama aktor Baskara Mahendra. 

Dikarenakan situasi yang masih pandemi, Sherina dan Baskara menikah tanpa dihadiri tamu undangan. Momen bahagia itu pun dibagikan mereka dalam unggahan video pendek di media sosialnya. Kini, usia pernikahan mereka sudah hampir 3 tahun lamanya. 

Bukan hanya sukses di dunia entertainment, mantan aktris cilik ini juga mengedepankan pendidikan dan juga kehidupan pribadinya.

Semoga profil Sherina Munaf di atas bisa menjawab pertanyaanmu ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration