Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Coldplay, Band Asal Inggris yang Melegenda

Wajib kamu tahu sebelum datang ke konsernya

Nafi' Khoiriyah

Konser coldplay pada  23, 24, 26, 27, dan 30 Januari 2024 di Singapura membuat para penggemar antusias. Bagaimana tidak, mereka akan tampil perdana dan menyapa penggemar di Indonesia.

Banyak orang yang tahu grup musik ini lewat lagu-lagunya yang menemani sejak dulu kala. Namun, banyak orang yang belum mengetahui profil Coldplay secara lebih lengkap dan jelas. 

Oleh karena itu, Popbela.com akan mengajakmu untuk mengenal grup musik rock asal Inggris berikut ini. 

Fakta tentang Coldplay

instagram.com/coldplay

Coldplay dibentuk pada tahun 1996 di London oleh sang vokalis chris martin dan gitaris Jonny Buckland. Kemudian, formasi band ini makin lengkap dengan kedatangan Guy Berryman sebagai bass dan Will Champion sebagai gitaris yang kemudian beralih ke drum. 

Debut Coldplay dengan "Parachutes" pada tahun 2000 berhasil terjual jutaan copy hingga berhasil mendapatkan penghargaan Grammy pertamanya. Penghargaan yang dimiliki oleh grup musik ini makin banyak di antaranya adalah Penghargaan untuk Album Musik Alternatif Terbaik (2000) dan Best Rock Album (2008).

Tak heran jika mereka menjadi salah satu band terlaris sepanjang masa. Mereka disebut menjadi grup dengan penghargaan terbanyak keenam dalam sejarah. 

Adapun nama fansclub mereka adalah xylobrytes. Sementara anggotanya terdiri dari Christ Martin, Johny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion. Untuk mengenal mereka lebih jauh, simak profil para personel berikut ini. 

Profil personel Coldplay

1. Profil Chris Martin

instagram.com/coldplay

Profil Coldplay yang pertama dimulai dari sang vokalis, yaitu Chris Martin. Lebih dikenal dengan nama Chris Martin, ia memiliki nama lengkap Christopher Anthony John Martin. 

Ia lahir di Inggris pada 2 Maret 1977 dari pasangan Anthony Martin dan Alison Martin. Sementara saudaranya terdiri dari empat adik laki-laki. 

Martin merupakan salah satu pendiri Coldplay yang sangat berbakat. Selain menyanyi, Martin juga memainkan gitar, harmonika, keyboard, dan piano. Tak heran, sebab ia merupakan putra dari seorang guru musik dan tumbuh menjadi pencinta musik. 

Bersama dengan Jonny Buckland, mulanya Martin membentuk sebuah band rock bernama Starfish yang kemudian berubah namanya menjadi Coldplay setelah Will Champion dan Guy Berryman masuk. 

Martin menikah dengan aktris Gwyneth Paltrow pada tahun 2003 dan memiliki dua anak. Namun, Paltrow mengajukan gugatan cerai pada tahun 2016. Sementara pada tahun 2017, Martin mulai berkencan dengan aktris Dakota Johnson. 

2. Profil Jonny Buckland

instagram.com/coldplay

Jonny Buckland juga menjadi pendiri Coldplay bersama dengan Chris Martin. Posisinya adalah sebagai gitaris utama di grup musik rock ini. Jonny merupakan musisi yang lahir di London, Inggris pada 11 September 1977. 

Ayah Jonny bernama John V. Buckland dan ibunya Carolyn Joy. Pada tahun 2009, Jonny menikah dengan seorang desainer perhiasan Chloe Lee Evans dan memiliki dua anak. 

Dikenal sebagai gitaris Coldplay, Jonny telah mulai bermain gitar sejak usia 11 tahun terinspirasi dari The Stone Roses. Tak banyak yang tahu, ia ternyata memiliki gelar di bidang astronomi dan matematika dari University College, London. 

3. Profil Guy Berryman

instagram.com/ coldplay

Lahir pada 12 April 1978 di Skotlandia, Guy Berryman merupakan bassis dari Coldplay yang juga merupakan penulis lagu dan produser. Ia menjadi anggota ketiga yang bergabung dengan Coldplay pada tahun 1997. 

Ayahnya adalah seorang insinyur yang bekerja di Channel Tunnel, tak heran jika kemudian Guy Berryman mengambil jurusan teknik saat kuliah. Namun karena merasa kesulitan, ia kemudian keluar dan fokus dengan Coldplay. 

Pada tahun 2004, Guy Berryman menikah dengan seorang desainer interior bernama Joanna Briston dan memiliki seorang anak. Namun, mereka mengajukan cerai tiga tahun kemudian. Pada tahun 2014, ia kemudian bertunangan dengan model Belanda Keshia Gerrits dan memiliki dua orang anak. 

4. Profil Will Champion

instagram.com/coldplay

Profil Coldplay yang terakhir datang dari sang drummer Will Champion. Will lahir pada 31 Juli 1978 di Southampton, Inggris. Ayahnya, Timothy Champion, adalah seorang profesor arkeologi di University of Southampton. 

Tumbuh dengan kegemaran bermain gitar, tetapi Will Champion juga bisa bermain piano dan bass. Ia menempuh studi antropologi di University College London, tempat ia bertemu dengan rekan Coldplay lainnya. 

Meskipun tidak memiliki pengalaman bermain drum, tetapi Will sebagai multi-instrumentalis mengambil posisi ini dengan cepat sampai saat ini. 

Di antara anggota Coldplay lainnya, Will merupakan orang pertama yang menikah. Ia menikah dengan Marianne Dark yang merupakan seorang guru pada tahun 2003. Ia memiliki seorang anak perempuan bernama Ava dan anak kembar bernama Juno dan Rex.

Itulah profil Coldplay dan para personelnya yang perlu kamu tahu sebelum mendatangi konsernya pada November mendatang. Di antara keempat personel Coldplay, mana favoritmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration