Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Pidato Perpisahan Kelas 6 Pendek yang Berkesan

Buat guru dan orang tua terharu

Nafi' Khoiriyah

Pidato perpisahan kelas 6 pendek biasanya disampaikan oleh salah satu perwakilan siswa. Pidato tersebut dibaca di hadapan para guru, orang tua murid, dan teman-teman seangkatan maupun adik kelas. 

Isi dari pidato tersebut biasanya adalah ungkapan terima kasih atas bimbingan dari bapak dan ibu guru serta permintaan maaf atas segala kesalahan yang diperbuat selama sekolah. 

Selain itu, pidato perpisahan juga ditujukan kepada teman-teman seangkatan yang akan berpisah dan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Supaya kamu tidak salah dalam memberikan pidato, berikut 12 contoh yang bisa kamu jadikan inspirasi. 

1. Pidato perpisahan kelas 6 singkat

pexels.com/olia danilevich

Pidato perpisahan kelas 6 pendek yang pertama diawali dari membaca salam kemudian dilanjutkan dengan sapaan kepada bapak ibu guru serta tamu undangan. 

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semuanya. 

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah SD Muara Kapuas,
yang saya hormati Bapak dan Ibu guru SD Muara Kapuas,
yang saya hormati orang tua dan wali siswa,
dan teman-teman semua yang saya banggakan. 

Puji syukur marilah kita haturkan ke hadirat Allah Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di tempat ini. 

Mewakili semua teman-teman kelas 6 SD Muara Kapuas, izinkan saya menyampaikan sepatah dua patah kata pada kesempatan ini. 

Saya dan teman-teman kelas 6 ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru.
Kami juga memohon maaf apabila selama ini banyak berbuat salah kepada Bapak dan Ibu guru. 
Terima kasih karena telah membimbing dan mengajari kami ilmu serta pelajaran yang sangat berharga. Kami berharap supaya semua ilmu yang Bapak Ibu berikan bisa bermanfaat untuk kami.

Tak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua kami yang senantiasa menyayangi dan mendukung kami sampai saat ini. 
Akhir kata, semoga kita bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan meraih cita-cita kami. 

Demikian pidato perpisahan yang saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah kata. Sampai jumpa di lain waktu. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

2. Pidato perpisahan kelas 6 yang menyentuh

unsplash.com/Vasily Koloda

Setelah mengucapkan sapaan hormat, kemudian dilanjutkan dengan memohon izin menyampaikan pesan singkat mewakili teman-teman kelas enam. 

Yang saya hormati, 
Bapak Kepala Sekolah SD Harapan Kita,
Bapak/Ibu guru, wali murid, teman-teman seperjuangan, dan adik-adik kelas. 

Mariah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. 

Pada kesempatan perpisahan kelas 6 ini, izinkan saya menyampaikan pesan singkat untuk kita semua. 

Saya mewakili teman-teman kelas 6 SD Harapan Kita ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru karena tak pernah lelah mengajar dan membimbing kami selama ini. Terima kasih juga karena telah mengajarkan kami banyak hal. 

Kami juga memohon maaf apabila ada salah kata atau perbuatan yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu guru. 

Untuk teman-teman seperjuangan, terima kasih atas kebersamaan kita selama kurang lebih enam tahun ini.
Mari kita lebih semangat lagi dan lebih tekun untuk belajar demi menggapai cita-cita.

Untuk adik-adik kelas, teruslah belajar dan dengarkan nasihat Bapak/Ibu guru. 

Demikian pesan perpisahan singkat yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah kata atau perbuatan. Sampai berjumpa di kesempatan lainnya. 

3. Pidato perpisahan kelas 6 dan doa

Pexels.com/Rebecca Zaal

Isi dari pidato perpisahan kelas 6 pendek yang utama adalah mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang telah membimbing selama kurang lebih enam tahun. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala sekolah dan para dewan guru. 
Yang saya cintai, teman-teman seangkatan dan adik-adik kelas. 

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji dan syukur karena atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka perpisahan sekolah. 

Khusus kepada semua guru-guru kami, mungkin selama bersekolah kami telah banyak melakukan kesalahan yang membuat Bapak/Ibu guru marah terhadap tingkah laku kami. 

Saya mewakili teman-teman siswa kelas enam mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para guru yang sudah mengajar dan mendidik kami dengan baik selama 6 tahun ini. Tanpa guru-guru semua, kita tak akan bisa di tempat ini sekarang. 

Semoga semua jerih payah yang dilakukan Bapak/Ibu guru bisa menjadi ladang pahala. 

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman semua atas solidaritasnya dengan angkatan ini. Semoga kita semua bisa mencapai kesuksesan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Sekian pesan singkat dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. 
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

4. Pidato perpisahan kelas 6 yang pendek

pixabay.com/ptksgc

Selain mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru, pidato juga berisi ucapan terima kasih kepada teman-teman seperjuangan. 

Selamat pagi saya haturkan kepada Kepala Sekolah SD Baru Linggau, 
Bapak ibu guru, teman-teman seperjuangan, dan adik kelas. 

Mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang maha Esa, karena berkat-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat dalam rangka melaksanakan acara perpisahan. 

Kepala Sekolah SD Baru Linggau yang saya hormati, Bapak dan Ibu guru SD Baru Linggau yang saya hormati pula, saya mewakili teman-teman kelas 6 ingin mengucapkan terima kasih atas pengajarannya selama ini. 

Terima kasih sudah mengajarkan kami begitu banyak hal baru. Dan apabila ada salah kata atau perbuatan yang kurang berkenan, kami mohon maaf. 

Untuk teman-teman seperjuangan, terima kasih atas kebersamaan kita selama kurang lebih enam tahun ini. Ayo kita lebih bersemangat dan tekun belajar demi menggapai cita-cita. 

Untuk adik-adik kelas, teruslah tekun belajar, dengarkan nasihat Bapak/Ibu guru, dan pantang menyerah untuk menggapai cita-cita kalian. 

Demikian pesan perpisahan yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika ada salah kata dan perbuatan. 

Terima kasih dan sampai jumpa di kesempatan yang lainnya. 

5. Pidato perpisahan kelas 6 lengkap

pixabay.com/imamir

Tidak boleh lupa, pesan kepada adik angkatan juga perlu dimasukkan dalam pidato perpisahan kelas 6 pendek. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala SD Muara Kapuas, 
yang saya hormati, Bapak dan Ibu guru SD Muara Kapuas,
yang saya sayangi teman-teman kelas 6, 
dan yang saya banggakan adik-adik kelas sekalian. 

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa
karena di kesempatan yang berbahagia ini kita bisa berkumpul dalam acara perpisahan kelas 6 dalam kondisi sehat tanpa kurang suatu apa pun. 

Perkenankan saya di sini mewakili teman-teman kelas 6 menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai kenangan sebelum kami akan melangkah pada jenjang yang lebih tinggi, yaitu Sekolah Menengah Pertama. 

Pertama-tama, saya ucapkan terima kasih atas bimbingan Bapak dan Ibu guru selama ini. Saya juga mengucap terima kasih kepada teman-teman seperjuangan di kelas enam. 

Kebersamaan selama enam tahun bukanlah waktu yang singkat. Ada berbagai kenangan di sekolah ini yang menempa kami menjadi siswa yang tangguh dan berprestasi. 

Tak hanya itu, kami juga banyak mendapat pengalaman berharga dari Bapak dan Ibu guru. Semoga kami bisa menginspirasi adik-adik sekalian dan menularkan kesuksesan mendatang. 

Untuk adik-adik kami, semangat belajar meski ujian masih jauh ke depan. Untuk teman-teman semua, marilah kita berjuang agar sukses pada jenjang SMP nanti. 

Akhir kata, mohon maaf apabila ada kesalahan salam penyampaian pidato ini, 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

6. Pidato perpisahan kelas 6 yang mengharukan

pexels.com/Pavel Danilyuk

Supaya lebih mengharukan, kamu bisa memberikan kata-kata yang menyentuh sebelum mengucap terima kasih kepada bapak ibu guru. 

Assalamualaikum wawahmatullahi wabarakatuh. 

Yang terhormat Bapak Kepala SD Bantul Timur 
Yang saya hormati, Bapak dan Ibu Guru SD Bantul Timur
Yang saya sayangi, teman-teman kelas 6
Dan yang saya banggakan adik-adik kelas sekalian

Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkat limpahan rahmat-Nya kita diizinkan untuk berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat. 

Perjalanan untuk menempuh jenjang sekolah dasar ternyata bukan perjalanan yang mudah. Lika-liku perjalanan berhasil kami tempuh dengan bantuan Bapak/Ibu guru yang senantiasa mendampingi. 

Untuk itu, kami berterima kasih kepada Bapak dan Ibu guru atas segala ilmu dan pengetahuan yang diberikan kepada kami. Masih teringat jelas saat Bapak dan Ibu guru rela meluangkan waktu hingga petang hari untuk memberikan tambahan pelajaran untuk kami. Tanpa Bapak dan Ibu guru, kami tak akan pernah bisa di titik ini. 

Untuk adik-adik kelas, khususnya kelas 5, kakak berpesan untuk selalu semangat belajar agar bisa mempertahankan prestasi sekolah ini. Jangan lengah dan teruslah berjuang untuk mengharumkan nama sekolah ini. 

Demikain pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan saya mohon maaf sebesar-besarnya. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

7. Pidato perpisahan kelas 6 yang puitis

unsplash.com/seyi ariyo

Selain ucapan terima kasih, kamu juga bisa menyisipkan doa kepada teman teman lainnya supaya bisa menggapai cita-cita ke depan. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu guru, serta teman-teman yang saya cintai. 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah. 

Para hadirin yang saya hormati, izinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini. 

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih kepada semua guru yang telah mengajar di sekolah ini dengan sangat baik.

Tidak pernah pilih kasih, sangat sabar, dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua Bapak dan Ibu guru, kami dapat lulus dari sekolah dasar. Semoga semua Bapak dan Ibu Guru diberikan kesehatan dan kebahagiaan selamanya.

Untuk teman-teman kelas 6, sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua. Tapi, saya mendoakan agar semua bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi untuk bisa menggapai cita cita yang selama ini diinginkan. 

Akhir kata, semoga teman teman sekalian sukses selalu.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

8. Pidato perpisahan kelas 6 yang berkesan

pixabay.com/vloveland

Tidak boleh lupa, ucapan terima kasih juga harus dihaturkan kepada orang tua yang telah mendukungmu selama bersekolah sampai lulus di kelas enam. 

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua. 

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah SD Sukamaju II 
Bapak/Ibu guru, wali murid, dan teman-teman yang saya cintai. 

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahma-Nya bagi kita semua. Atas izin-Nya kita berkumpul bersama pada acara perpisahan ini. 

Pertama-tama, kami ucapkan terima kasih uuntuk Bapak dan Ibu guru karena selama enam tahun ini telah membimbing, mendidik, dan mengajari kami ilmu pengetahuan. 

Pada kesempatan kali ini, kami juga memohon maaf atas semua kesalahan yang telah kami lakukan selama belajar di sekolah ini. 

Mohon maaf atas tingkah laku yang mungkin membuat Bapak/Ibu guru kesal, marah, dan kecewa. Semua itu akan menjadi pelajaran bagi kami dan semoga Bapak/Ibu guru memaafkan kesalahan kami. 

Untuk adik-adik kelas kami, jangan patah semangat dan teruslah belajar. Hormati guru dan patuhilah nasihat baik dari mereka. 

Terakhir, kami ucapkan terima kasih juga untuk orang tua kami yang telah mendukung dan menyekolahkan kami di SD Sukamaju II yang kami cintai. 

Untuk teman-teman seangkatan, semoga kita sukses di manapun kita berada. 

Demikian pidato perpisahan ini, saya ucapkan terima kasih. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

9. Pidato perpisahan kelas 6 yang bermakna

pexels.com/Katerina Holmes

Setiap pidato perpisahan kelas 6 pendek memang selalu bermakna, tetap supaya lebih mengena kamu bisa memberikan kalimat puitis di akhir sebelum menutup pidato. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah Budi Luhur 
Yang saya hormati, Bapak/Ibu guru, wali murid
Dan teman-teman semua yang saya kasihi. 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT dan selawat kepada Nabi Muhammad SAW. 

Mewakili teman-teman semua, izinkan saya menyampaikan sepatah dua patah kata pada acara perpisahan hari ini. 

Tak terasa, hari perpisahan pun tiba. Seusai enam tahun belajar di sekolah ini, sudah saatnya kami berpisah untuk menimba ilmu ke jenjang selanjutnya. 

Kepada Bapak dan Ibu guru, terima kasih banyak atas semua pelajaran dan bimbingan yang telah diberikan selama ini. 

Dari hati yang paling dalam, maafkan kami jika ada salah kata atau tindakan selama kami belajar di sekolah ini. 

Begitu banyak kenangan yang tak mudah kami lupakan, tetapi semoga perpisahan ini bukan akhir dari segalanya. 

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga kita semua senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT. Amin. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

10. Pidato perpisahan kelas 6 yang mengena

pexels.com/Agung Pandit Wiguna

Pidato perpisahan kelas 6 berikutnya juga cukup singkat. Namun yang terpenting adalah semua maksud dan tujuan untuk pidato harus tersampaikan. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Yang saya hormati, Bapak/Ibu kepala sekolah, para guru dan wali murid. 
Serta teman-teman dan adik kelas yang saya cintai. 

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberi kita semua rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka perpisahan. 

Melalui pidato ini, saya mewakili teman-teman kelas 6 mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ibu guru yang telah mengajar, membimbing, dan mengajarkan ilmunya selama 6 tahun terakhir. Semoga Allah SWT memberi berkah dan kebahagiaan bagi Bapak dan Ibu guru. 

Saya juga ingin memohon maaf atas semua kesalahan yang kami lakukan di masa lalu. Saya harap Bapak dan ibu guru bisa memaafkan semua kesalahan kami. 

Untuk adik kelas, teruslah belajar dengan tekun dan selalu hormati guru kita di sekolah ini. 

Terakhir, kepada orang tua kami tercinta, terima kasih atas doa dan cintanya pada kami. 

Sekian pidato dari saya, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

11. Pidato perpisahan kelas 6 yang bagus

freepik.com/pressfoto

Meski baru lulus SD, tetapi anak kelas 6 sudah bisa membacakan pidato yang bagus seperti di bawah ini kalau dilatih dengan baik. Coba baca pelan-pelan dan cermati maksudnya. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi semuanya

Bapak kepala sekolah yang saya hormati, bapak ibu guru yang saya hormati, orang tua siswa yang saya hormati, dan teman-teman yang saya cintai. 

Pertama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena atas rahmat dan hidayah-Nya kita diberi kesehatan untk berkumpul pada hari ini. 

Pagi ini kita berkumpul dalam rangka perpisahan sekaligus perayaan kelulusan siswa kelas VI. 

Bapak dan ibu guru dan teman-teman, tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Ada begitu banyak pelajaran, pengetahuan, dan pengalaman yang kami dapatkan yang berguna bagi kami. 

Akhirnya, kini hari kelulusan itu tiba setelah enam tahun lamanya. Tentu kami ingin mengucapkan terima kasih untuk guru-guru kami dan orang tua kami tercinta yang hadir pada hari ini. 

Untuk teman-teman, segala peristiwa baik suka maupun duka sudah kita alami di sekolah ini. Semoga semua itu akan terus terkenang selamanya. 

Akhir kata, saya mewakili teman-teman kelas VI mengucapkan selamat tinggal pada sekolah kami tercinta. 

Sekian dari kami, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

12. Pidato perpisahan kelas 6 yang membahagiakan

freepik.com/freepik

Pidato perpisahan kelas 6 pendek memang pasti mengharukan. Namun, momen ini juga sekaligus membahagiakan untuk orang tua dan guru yang selama ini membimbing mereka. 

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SD Sunan Muria, 

Yang terhormat para guru dan staf SD Sunan Muria, 

Yang Terhormat orang tua wali murid kelas 6 SD Sunan Muria,

Serta teman-teman sekalian yang telah hadir pada acara perpisahan siswa-siswi kelas 6 ini. 

Pertama, saya mengucapkan terima kasih telah diberi kesempatan untuk mewakili teman-teman kelas enam dalam acara perpisahan hari ini. 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mewakili teman-teman kelas VI mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu guru yang telah membimbing dan mengajar kami selama 6 tahun lamaya. 

Dengan restu bapak/ibu guru, kami akan bisa melanjutkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi yakni SMP. Semoga jasa bapak dan ibu dibalas oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Saya mewakili teman-teman juga meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila saat mendidik kami, bapak dan ibu merasa sakit hati atas tingkah laku kami. Semoga apa yang bapak/ibu ajarkan bermanfaat bagi kami di kemudian hari. 

Untuk teman-teman semua, akhirnya kita telah menyelesaikan pendidikan di SD Sunan Muria dengan bangga. Semoga suka duka yang kita alami di sini akan menjadi bekal di masa SMP mendatang. 

Tak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih yang tak terkira untuk orang tua kami yang telah menyekolahkan kami di SD Sunan Muria. 

Demikian kata perpisahan yang bisa saya sampaikan mewakili teman-teman kelas VI. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. 

Demikian 12 contoh pidato perpisahan kelas 6 pendek yang bisa kamu jadikan inspirasi. Semoga contoh di atas membantu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration