Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Ide Jualan Modal Kecil untuk bulan Ramadan yang Menjanjikan

Bisa dapat untung besar

Nafi' Khoiriyah

Bulan Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk membuka usaha. Sebab, di bulan ini, tingkat konsumsi masyarakat sangat tinggi, baik itu berkaitan dengan makanan maupun keperluan hari raya. 

Nah, ide jualan modal kecil bisa menjadi solusi untuk menambah pemasukan sekaligus membuka peluang bisnis ke depan. Mulai dari jualan makanan sampai dengan jualan pakaian, kamu bisa menyesuaikannya dengan banyaknya modal yang kamu miliki. 

Berikut adalah 10 ide bisnis modal kecil yang bisa kamu mulai saat bulan Ramadan tahun ini. 

1. Aneka gorengan

instagram.com/christinawati1979

Pertama, ide jualan modal kecil bisa dimulai dengan berjualan aneka gorengan. Makanan satu ini pasti akan laris saat menjelang waktu buka puasa. Sebab, orang-orang mencari camilan pendamping takjil yang ringan dan juga gurih.

Dengan modal berupa sayur-sayuran, tepung, bumbu, dan minyak goreng, kamu bisa mendapatkan untung yang tidak sedikit. Kamu bisa menjualnya di pinggir jalan atau di depan rumah saja supaya lebih terjangkau. 

2. Frozen food

washingtonpost.com

Saat sahur, orang-orang menginginkan lauk yang simpel dan juga enak untuk dikonsumsi. Alih-alih memasak makanan yang ribet dan memakan banyak waktu, banyak dari mereka akan cenderung untuk membeli frozen food.

Hanya tinggal menggoreng saja, makanan sahur sudah jadi dan siap disantap. Tak heran jika bisnis frozen food pasti laris di bulan puasa. 

3. Pakaian muslim

flickr.com

Selain makanan, ide jualan modal kecil berupa pakaian muslim tentu akan menguntungkan di bulan puasa. Sebab, menjelang hari raya, orang-orang banyak yang mencari baju muslim. Mulai dari hijab, baju koko, sampai dengan gamis, semuanya pasti akan menjadi buruan banyak orang. 

4. Kurma

pexels.com/Quintin Gellar

Salah satu buah-buahan yang identik dengan bulan puasa adalah kurma. Buah satu ini biasanya dihidangkan saat buka puasa sebagai makanan pembuka sesuai dengan sunahnya.

Maka dari itu, permintaan kurma pun akan meningkat dan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Kamu bisa menjual aneka jenis kurma yang disenangi saat bulan puasa ini. 

5. Perlengkapan ibadah

pexels.com/Azurite Has

Selain pakaian muslim, alat ibadah juga menjadi ide jualan modal kecil yang banyak peminatnya di bulan puasa. Sebab, orang-orang mencari mukena, sajadah, dan juga sarung untuk dipakai saat salat Idulfitri. Maka dari itu, kamu bisa menyediakan aneka jenis alat ibadah tersebut saat bulan puasa menjelang hari raya. 

6. Oleh-oleh khas

wikimedia.org

Jika kamu berada di kota yang banyak disinggahi pemudik, maka berjualan oleh-oleh khas cukup menjanjikan. Sebab, mereka pasti akan kembali ke perantauan dan membawa oleh-oleh untuk orang terdekat.

Nah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Pilihlah oleh-oleh yang awet dan tahan lama supaya aman berhari-hari. 

7. Kue lebaran

wikimedia.org

Ide jualan modal kecil berupa kue lebaran tentu sangat menarik. Sebab, permintaan kue lebaran menjelang idulfitri tentu akan sangat tinggi.

Sebab, setiap orang menyajikan kue lebaran saat menyambut tamu di rumah pada waktu Idulfitri. Sediakan aneka macam kue lebaran, kemudian jangan lupa promosikan secara online supaya banyak orang yang tertarik membelinya. 

8. Ketupat

flickr.com

Usaha ketupat juga menjadi ide yang unik dan menarik. Meski terlihat simpel, tetapi makanan ini banyak dicari menjelang hari raya.

Mulai dari ketupat tanpa isi, ketupat matang, sampai ketupat dengan opor atau gulai. Kamu bisa menyediakan semuanya atau menjualnya secara online dengan sistem pemesanan terlebih dahulu. 

9. Parsel lebaran

wikimedia.org

Masih pada bulan Ramadan, setiap orang biasanya saling mengirimkan parsel kepada saudara atau rekan kerjanya. Bahkan, hampir setiap institusi memberikan parsel untuk karyawannya.

Maka dari itu, permintaan pembuatan parsel ini tentu akan meningkat di saat menjelang lebaran. Kamu bisa membuka usaha ini dengan diisi aneka kue, sirup, dan lain sebagainya. 

10. Penukaran uang

pxfuel.com

Ide jualan modal kecil yang terakhir adalah jasa tukar uang. Sebab, setiap lebaran tiba, orang-orang berbondong-bondong akan menukarkan uang baru yang berbentuk pecahan Rp5ribu sampai Rp20 ribuan.

Mereka nantinya akan memberikan uang pecahan tersebut untuk THR keluarga. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang sambil menjual amplop THR yang lucu-lucu sebagai pelengkapnya. 

Demikian 10 ide jualan modal kecil yang begitu menarik dan bervariasi. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan minatmu dan disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Semoga berhasil, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration