Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Film Korea Budget Rendah tapi Sukses, Cetak Sejarah!

Dapat keuntungan berkali lipat

Nafi' Khoiriyah

Tidak selalu film dengan budget yang fantastis sukses di pasaran. Namun, apa jadinya kalau film yang hanya memakai budget rendah justru berhasil membuat penonton takjub dan sukses di box office? 

Itulah yang terjadi dengan beberapa film Korea berikut ini. Mereka membuktikan kalau kesuksesan sebuah film tidak tergantung dengan biaya yang dikeluarkan.

Mulai dari The Hainmaiden sampai Train To Busan, inilah film Korea budget rendah tapi sukses yang perlu kamu tonton!

1. The Hainmaiden (2016)

Film Korea budget rendah tapi sukses pertama yakni The Hainmaiden. Film ini merupakan sebuah film karya sutradara Park Chan Wook. Bergenre thriller psikologis, The Hainmaiden dibintangi oleh Kim Min Hee, Kim Tae Ri, Ha Jung Woo, dan Cho Jin Woong. 

Dengan budget 8,8 juta dollar untuk keseluruhan pembuatan film, mereka bisa mendapatkan lebih dari 38 juta dollar keuntungan di seluruh dunia. Hal itu karena setiap sudut kamera, adegan, dialog, hingga sinematografinya mampu membuat penonton merinding. 

Kisah The Hainmaiden sendiri adalah tentang seorang perempuan Jepang yang menyewa pelayan perempuan untuk membantunya. Namun, ia tidak tahu kalau perempuan itu bekerja untuk seorang penipu dan akan mencuri kekayaannya. 

2. Confidential Assignment (2017)

Setahun setelahnya, ada lagi film dengan budget rendah yang sukses di box office. Judul filmnya adalah Confidential Assignment yang dibintangi oleh Hyun Bin, Yoo Hae Jin, dan Kim Joo Hyuk.

Memakai anggaran sekitar 8,52 juta dollar, film yang disutradarai oleh Kim Sung Hoon ini justru meraup keuntungan hingga lebih dari 57 juta dollar. 

Confidential Assignment merupakan film yang menceritakan tentang seorang perwira dari Korea Utara dan seorang detektif Korea Selatan. Mereka menjalankan misi untuk menangkap penjahat berbahaya. 

3. Midnight Runners (2017)

Dibintangi oleh Park Seo Joon dan Kang Ha Neul, Midnight Runners termasuk dalam film Korea budget rendah tapi sukses selanjutnya. Midnight Runners merupakan film aksi dan komedi yang sudah di-remake menjadi film India berjudul Saakini Dhaakini.

Pembuatan film Midnight Runners dikabarkan hanya menghabiskan 7 juta dollar saja. Namun, kesuksesannya mampu menghasilkan keuntungan hingga 39,7 juta dollar. 

Kisah Midnight Runners adalah tentang persahabatan antara Ki Jun (Park Seo Joon) dan Kang Hee Yeol (Kang Ha Neul) yang bergabung dengan Korean National Police University. Suatu malam, mereka memutuskan untuk pergi keluar dan justru melihat seorang perempuan muda yang diculik. 

4. Dongju: The Potrait of A Poet (2016)

Masih dibintangi oleh Kang Ha Neul, tetapi dalam Dongju: The Potrait of A Poet ia beradu peran dengan Park Jeong Min. Tak seperti kebanyakan film lainnya, Dongju: The Potrait of A Poet disajikan dalam layar hitam putih. 

Meski hanya memakai anggaran 2,5 juta dollar, tetapi film ini mampu menghasilkan keuntungan sampai 7,7 juta dollar. Padahal, Dongju: The Potrait of A Poet merupakan sebuah film biografi tentang kehidupan penyair Korea bernama Yoon Dong Ju. 

Ia ditahan dan dianiaya oleh Jepang karena ingin bergabung dalam Gerakan Kemerdekaan Korea. Berkat kesuksesannya, para aktor film ini pun sangat diapresiasi atas keberhasilan aktingnya. 

5. Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Film horor Korea ternyata bisa dibuat dengan budget yang sangat terbatas, yakni 2,2 juta dollar saja. Namun, Gonjiam: Haunted Asylum mampu membuktikan kalau budget tersebut tidak menentukan kualitasnya. 

Gonjiam: Haunted Asylum justru banyak dipuji karena mulai dari efek, suara, hingga sudut kameranya berhasil membuat para penonton ketakutan. Aktor dan aktris yang berperan di sini ada Wi Ha Joon, Park Ji Hyun, dan Oh Ah Yeon. Sementara sutradaranya adalah Jang Bum Shik. 

Berlatar di rumah sakit jiwa di Gwangju, sekelompok pemuda menjelajah kawasan menakutkan tersebut. Kamu akan dibuat seolah-olah mengikuti petualangan mereka. 

6. Extreme Job (2019)

Extreme Job ternyata juga masuk dalam jajaran film Korea budget rendah tapi sukses. Sebab, film ini hanya memakai anggaran 5,8 juta dollar saja dan berhasil mendapat keuntungan hingga 81,6 juta dollar hanya dalam waktu 15 hari. 

Cerita film ini sendiri adalah tentang detektif narkoba yang diam-diam bekerja di toko ayam untuk menangkap sekelompok penjahat. Namun, semuanya berubah saat resep dan restoran mereka justru menjadi terkenal. 

7. A Taxi Driver (2017)

Merupakan film aksi yang diangkat dari kisah nyata, A Taxi Driver ternyata hanya membutuhkan biaya 13,8 juta dollar untuk pembuatannya. Namun, film yang disutradarai oleh Jang Hoon ini ternyata berhasil sukses di box office dan meraup keuntungan lebih dari 88 juta dollar.

Para aktor yang membintangi A Taxi Driver adalah Song Kang-ho, Thomas Kretschmann, Yoo Hae-jin, and Ryu Jun-yeol. Ceritanya tentang seorang ayah yang menjadi sopir taksi. Suatu waktu, ia disewa oleh jurnalis asing untuk pergi ke Gwangju yang tanpa diduga di sana sedang terjadi pemberontakan.

8. Train To Busan (2016)

Siapa yang tak familiar dengan Train To Busan? Film yang satu ini memang sempat ramai diperbincangan pada perilisannnya. Tak banyak yang menyangka ternyata Train To Busan hanya menghabiskan 8,5 juta dollar untuk pembuatannya. 

Meski dengan budget pembuatan yang terbatas, Train To Busan berhasil sukses luar biasa di box office dan mendapatkan keuntungan sampai 98,5 juta dollar.

Kisah Train To Busan adalah tentang seorang ayah yang membawa putrinya untuk bertemu sang ibu. Namun saat menaiki kereta dari Seoul ke Busan, tiba-tiba zombie menyerang para penumpangnya. 

Film Korea budget rendah tapi sukses di atas membuktikan kalau kualitas sebuah film tidak bergantung pada biaya produksinya. Meski begitu, bukan berarti film dengan budget yang fantastis tidak sukses, ya.

Melihat kesuksesan film di atas, bagaimana pendapatmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration