Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa Setelah Salat Istikharah Arab, Latin, dan Artinya

Meminta petunjuk pada Allah SWT

Nafi' Khoiriyah

Dalam hidup, ada kalanya kita dihadapkan pada beberapa pilihan yang harus diambil. Sebagai seorang muslim, salat istikharah menjadi salah satu cara untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT agar diberikan pilihan yang terbaik. 

Salat istikharah adalah salat sunah yang dilakukan oleh umat muslim untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT karena bingung dengan pilihan dan merasa ragu saat memutuskan sesuatu. 

Salat ini biasanya dilakukan di sepertiga malam dengan jumlah 2 rakaat. Perbedaan salat ini dengan salat sunah lainnya adalah adanya bacaan doa setelah salat.

Untuk mengetahui lebih jelas, berikut doa setelah salat istikharah Arab, latin, dan artinya lengkap.

1. Apa itu salat istikharah?

unsplash.com/afiq fatah

Sebelum masuk mengenai pembahasan doa setelah salat istikharah Arab, latin, dan artinya, kamu perlu mengetahui lebih lanjut mengenai salat sunah ini. 

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, manusia memerlukan pertolongan-Nya dalam setiap urusan. Sebab, kita tidak mengetahui perkara yang baik dan buruk di masa yang akan datang. 

Namun, Allah Ta'ala yang menentukan segala sesuatu di dunia ini. Oleh karena itu, Allah SWT memerintahkan kepada umatnya untuk selalu memohon pertolongan-Nya. 

Salah satu cara untuk memohon pertolongan-Nya adalah melalui salat, seperti firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 153 berikut ini. 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ – البقرة

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” [QS. al-Baqarah: 153].

Sebelum datangnya Islam, masyarakat jahiliyah melakukan 'istikharah' atau 'menentukan pilihan' dengan 'azlam' atau 'undian'. Namun setelah Islam datang, cara semacam itu tidak dibenarkan dan menggantikannya dengan salat istikharah. 

Salat istikharah adalah salat sunah yang dikerjakan ketika seseorang hendak memohon petunjuk kepada Allah SWT untuk menentukan keputusan yang terbaik saat dihadapkan pada beberapa pilihan. 

2. Hukum salat istikharah

freepik.com/rawpixel.com

Adapun tuntunan salat istikharah didasarkan pada hadis sahih yang bersumber dari sahabat Jabir bin ‘Abdillah r.a. Dia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah SAW mengajari kami salat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana Beliau mengajarkan kami suatu surat dari Al-Quran. Beliau berkata: “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah salat dua rakaat yang bukan salat wajib, kemudian berdoalah…”. [HR. al-Bukhari].

Namun, para ulama sepakat bahwa salat ini bukan merupakan amalan wajib, melainkan sunah. Hal itu didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW di atas yang berbunyi “maka lakukanlah salat dua rakaat yang bukan salat wajib”.

3. Waktu pelaksanaan dan niat salat istikharah

pexels.com/Thirdman

Adapun waktu pelaksanaan salat istikharah bisa dilakukan baik pada siang maupun malam hari, asalkan tidak pada 3 waktu terlarang untuk salat. Waktu terlarang tersebut adalah saat matahari terbit, di tengah, atau sedang terbenam.

Meskipun tidak terikat waktu, tetapi salat ini dilakukan ketika seseorang telah berniat melakukan sesuatu. Biasanya, seseorang memilih mengerjakannya di sepertiga malam seperti waktu salat tahajud.

Sebab, waktu tersebut adalah waktu-waktu mustajab dan keheningan malam membuat orang lebih khusyu' menjalankannya. 

Sebelum melaksanakan salat istikharah, kamu bisa mengucapkan niat terlebih dahulu. 

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Aku berniat shalat istikharah dua rakaat karena Allah ta’ala.

4. Doa setelah salat istikharah

Pexels.com/Monstera

Perbedaan salat istikharah dan salat lainnya terdapat dalam doa setelah salat. Berikut adalah doa setelah salat istikharah Arab, latin, dan artinya. 

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ

اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِيْ بِهِ

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kuasa-Mu (atas masalahku) dengan kuasa-Mu. Aku mohon sebagian dari karunia-Mu yang agung karena sungguh Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya. Engkau maha mengetahui hal yang gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkan masalah yang kamu hadapi) lebih baik dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya terhadap diriku, takdirkan ia untukku, mudahkan jalannya, dan berilah berkah. Sebaliknya, jika Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, dunia, kehidupan, dan akibatnya terhadap diriku baik seketika maupun suatu ketika nanti, maka singkirkan persoalan itu, dan jauhkan aku darinya. Takdirkanlah bagiku kebaikan di mana saja berada, dan berilah ridha-Mu untukku."

5. Tata cara salat istikharah

pexels.com/Thirdman

Tak hanya doa setelah salat istikharah Arab, latin, dan artinya, kamu juga perlu mengetahui tata cara lengkap salat istikharah. 

Salat ini dilakukan sebanyak 2 rakaat. Tata cara salat istikharah pun sama dengan salat lainnya. Hanya saja, sebagian ulama menganjurkan untuk rakaat pertama membaca Surat Al-Fatihah dilanjutkan Surat Al-Kafirun. Kemudian, rakaat kedua membaca Surat Al-Ikhlas. 

Namun, pendapat lainnya juga memperbolehkan seseorang untuk memilih surat apa saja dalam Al-Quran pada 2 rakaat salat istikharah tersebut. Setelah selesai salat, barulah kamu membaca doa usai salat istikharah seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. 

Itulah doa setelah salat istikharah Arab, latin, dan artinya lengkap beserta tata cara dan hukumnya. Semoga dengan mengamalkan salat istikharah ini, kamu bisa menemukan pilihan yang terbaik ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration